jenis penyakit phobia
jenis penyakit phobia

4 Jenis-Jenis Penyakit Phobia dan Penjelasannya

Posted on

Manusia secara umum memang memiliki rasa takut. Baik itu takut akan kemiskinan, kecelakaan, kesehatan, kepayahan dan lain sebagainya. apabila rasa takut kepada sesuatu yang memang layak ditakuti memang wajar-wajar saja. Yang tidak wajar adalah ketika ada seseorang yang takut akan sesuatu yang seharusnya tidak ia takuti. Misalnya takut akan ketinggian, takut terhadap pisau, dan hal-hal yang wajar lainnya.

Kondisi seseorang yang takut terhadap sesuatu dalam dunia medis seringkali dikenal dengan istilah Phobia atau Fobia. Artinya adalah timbulnya rasa takut yang sangat berlebihan pada diri seseorang. Ketakutan tersebut bisa terhadap suatu fenomena atau hal-hal yang remeh. Penyakit phobia ini termasuk dalam kategori penyakit psikologis.

Mayoritas masyarakat di dunia pasti memiliki riwayat penyakit yang satu ini. Hanya saja masih banyak orang yang tidak sadar bahwa ia sedang mengidap penyakit phobia tersebut. Jenis penyakit yang satu ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab phobia bisa datang secara tiba-tiba dan dalam keadaan yang tidak menentu. Untuk itu, sebaiknya anda mengenal jenis penyakit phobia agar anda bisa mengambil tindakan pengobatan sedini mungkin.

Penyakit phobia dapat timbul dikarenakan bebeapa sebab dan sangat tergantung dengan objek phobia tersebut. Akan tetapi, secara umum penyakit phobia ini timbul diakibatkan terjadinya suatu kejadian yang mampu menimbulkan rasa trauma yang mendalam pada diri seseorang tersebut. Sehingga rasa trauma tersebut membekas pada psikologinya dan memberikan tekanan yang begitu dalam.

jenis phobia

Berikut ini adalah 4 jenis phobia

Phobia terbagi dalam beberapa jenis yang secara umum dapat dialami oleh manusia, di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Phobia Zoophobia

Jenis penyakit phobia yang pertama adalah biasa disebut dengan Zoophobia. Penyakit zoophobia adalah dimana seseorang merasa tertekan karena adanya rasa takut yang berlebihan terhadap suatu jenis hewan. Phobia terhadap hewan tertentu ini sangat umum dirasakan oleh masyarakat. Misalnya, phobia terhadap hewan cacing, cicak, dan lain sebagainya. Jenis penyakit ini biasa dialami oleh sebagian besar para laki-laki, sedangkan phobia terhadap kecoa seringkali didapati terhadap wanita.

  • Acrophobia

Jenis penyakit phobia yang kedua ialah acrophobia. Acrophobia adalah dimana seseorang merasakan takut yang berlebihan terhadap ketinggian. Penyakit phobia ini juga sangat umum dialami oleh masyarakat luas. Baik pria maupun wanita dapat dipastikan banyak sekali yang takut terhadap ketinggian. Untuk mengetahui apakah kita juga mengalami penyakit ini maka kita bisa menguji diri kita untuk pergi ke puncak gedung tinggi atau naik ke puncak gunung. Dan ketika sudah tiba di atas maka anda bisa melihat ke bawah. Jika anda merasa pusing atau mual maka dapat disimpulkan jika anda juga mengidap penyakit phobia ketinggian.

jenis-jenis phobia

  • Achluophobia

Penyakit phobia lainnya adalah achluophobia, penyakit phobia jenis ini dapat menimbulkan rasa takut terhadap kegelapan. Biasanya orang yang mengalami penyakit ini akan merasa sangat ketakutan ketika ia sedang berada di tempat yang gelap. Reaksi yang ditimbulkan pun berbeda-beda. Bagi yang merasa phobia berlebihan maka ia akan menangis, berteriak, dan lain sebagainya.

  • Brontophobia

Jenis penyakit phobia yang selanjutnya ialah brontophobia. Penyakit jenis ini dapat menimbulkan rasa takut yang sangat berlebihan terhadap kilatan petir. Memang kondisi seseorang pada keadaan normal akan tidak terlihat gejala phobia ini tapi ketika musim hujan dan terdapat petir maka ia akan merasa sangat ketakutan, keluar keringat dingin, jantung berdebar dengan kencang, dan jenis ketakutan lainnya.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.