Jenis Tumor Hati Ini Mampu Mengakibatkan Kematian Dengan Cepat

0
30

Jenis-Jenis Tumor Hati

Hati adalah organ tubuh yang mempunyai banyak fungsi dan selalu bekerja tanpa henti. Beberapa diantara fungsi hati seperti menyimpan nutrisi makanan, menyingkirkan racun dari aliran darah, menguraikan lemak, memproduksi cairan empedu, dan masih banyak lainnya.

Di saat organ hati mengalami gangguan, biasanya hati akan berusaha memperbaiki dirinya sendiri hingga organ ini benar-benar tidak dapat berfungsi lagi. Salah satu kerusakan pada hati yang berbahaya adalah tumor hati. Tumor pada hati dapat bersifat jinak dan ganas. Apabila penyakit tumor hati tidak segera diobati, maka tumor dapat berkembang menjadi kanker hati.

Macam-macam tumor hati

Berdasarkan tingkat keparahannya, tumor hati dibedakan menjadi 2 macam, yaitu tumor hati jinak dan tumor hati ganas.

  1. Tumor hati jinak (benigna)

Tumor hati jinak (benigna) merupakan kondisi dimana sel-sel hati berkembang secara abnormal, namun hati masih dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tumor hati jinak lebih sering ditemukan daripada tumor hati ganas. Biasanya penderita tumor hati jinak tidak menunjukkan gejala yang spesifik pada awalnya. Bahkan dari hasil pemeriksaan darah, fungsi hati akan terlihat normal, hanya saja terjadi peningkatan kadar enzim di hati.

Penyakit tumor hati jinak akan terdiagnosis setelah melakukan pemeriksaan scanning, seperti USG, MRI, dan CT scan.

Terdapat 2 jenis tumor hati jinak, yaitu:

  • Adenoma hepattoseluler

Adenoma hepattoseluler merupakan jenis tumor hati jinak yang sering ditemukan dan jarang berkembang menjadi tumor ganas. Penyebab umum dari tumor Adenoma Hepatoseluler adalah pengonsumsian pil KB pada wanita berusia produktif. Biasanya tumor ini akan menghilang setelah konsumsi pil KB dihentikan.

Biasanya penderita tumor Adenoma Hepatoseluler tidak mengalami keluhan-keluhan yang jelas, sehingga penyakit ini seringkali tidak terdeteksi.

Apabila tumor menjadi pecah di dalam hati, maka akan terjadi pendarahan di rongga perut sehingga diperlukan tindakan pembedahan darurat. 

  • Hemangioma

Hemangioma merupakan tumor hati jinak yang terbentuk akibat volume pembuluh hati yang abnormal. Berdasarkan penelitian, sekitar 1-5% orang berusia dewasa mempunyai hemangioma kecil di hati mereka. Hemangioma juga dapat diderita oleh seorang bayi.

Biasanya, hemangioma yang masih kecil tidak akan menunjukkan gejala serta tidak memerlukan pengobatan. Cukup menjaga pola makan yang sehat.

Apabila hemangioma berkembang menjadi besar, maka menyebabkan kegagalan hati dan pembekuan darah yang meluas. Sehingga diperlukan tindakan pembedahan. Untuk mendeteksi penyakit ini, biasanya dilakukan pemeriksaan CT scan dan USG.

  1. Tumor hati ganas (Maligna)

Tumor hati ganas (maligna) merupakan kondisi sel-sel hati berkembang secara abnormal akibat penyebaran dari bagian tubuh lain atau disebut kanker Metastatik.

Terdapat 3 jenis tumor hati ganas, yaitu:

  • Kolangiokarsinoma

Kolangiokarsinoma merupakan jenis tumor ganas yang berasal dari saluran empedu di dalam hati. Tumor i Kolangiokarsinoma biasanya diderita oleh penderita kolangitis sklerotik dan colitis ulserativa.

Di negara bagian timur, sebagian besar tumor kolangiokarsinoma disebabkan oleh parasit, seperti cacing pita.

  • Angiosarkoma

Angiosarkoma adalah jenis tumor ganas yang berasal dari pembuluh darah di hati. Tumor Angiosarkoma ini jarang ditemukan. Biasanya disebabkan oleh pemaparan bahan kimia di tempat kerja, seperti vinil klorida.

  • Hepatoblastoma

Hepatoblastoma merupakan jenis tumor ganas yang banyak ditemukan pada bayi dan anak-anak. Anak-anak yang menderita hepatoblastoma akan cenderung mengalami pubertas dini akibat produksi hormon gonadotropin. Biasanya tumor hepatoblastoma ditandai dengan menurunnya kondisi kesehatan dan membesarnya perut kanan bagian atas.

Pengobatan

Pada umumnya, pendeteksian penyakit tumor ganas, seperti hepatoblastoma, angiosarkoma, dan kolangiosarkoma melalui biopsi hati. Biopsi hati merupakan diagnosis penyakit tumor dengan cara mengambil jaringan hati dengan sebuah jarum, kemudian diperiksa menggunakan mikroskop.

Biasanya, penyakit tumor hati terdiagnosis pada tahap yang sudah parah. Sehingga tidak banyak pengobatan yang dapat membantu. Apabila penyakit ini terdeteksi secara dini, maka pembedahan adalah satu-satunya tindakan yang paling tepat untuk menyelamatkan nyawa pasien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here