Kandungan Madu Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh

0
72

Artikel KesehatanMadu memiliki khasiat yang sangat banyak. Sudah banyak orang yang mengetahui keistimewaan dari madu. Madu mampu mempengaruhi kualitas kesehatan manusia. Sebab di dalam madu terkandung begitu banyak zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa zat yang terkandung di dalam madu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Madu mengandung mineral

Di dalam madu juga terkandung mineral yang sangat bermanfaat dalam metabolisme tubuh manusia. Namun kandungan mineral dalam madu sangat bergantung pada sari bunga yang dikonsumsi oleh lebah. Apabila bunga yang dihisap mengandung banyak mineral seperti tembaga, mangan, zat besi maka madu yang akan dihasilkan akan berwarna lebih gelap. Adapun zat besi sangat erat hubungannya dengan warna hemoglobin. Di antara mineral yang terkandung di dalam madu ialah kalsium, tembaga, zat besi, fosfor, klor, kalium, magnesium, dan lain sebagainya.

Madu mengandung gula

Madu pada hakekatnya merupakan campuran dari gula dan senyawa lainnya seperti mineral dan vitamin. Untuk itu madu selalu berkaitan dengan kandungan gula tinggi yaitu fruktosa  sebanyak 41 persen, glukosa sebanyak 35 persen, sukrosa sebanyak 1,9 persen serta kandungan lain seperti halnya tepung sari dan beberapa enzim pencernaan lainnya.

Kandungan gula pada madu juga sangat dipengaruhi oleh komposisi pada bunga yang dihisap oleh lebah penghasil madu. Secara umum kekentalan gula pada madu yaitu 1,36 kg/liter atau sama halnya dengan 36 persen lebih kental daripada air.

Nilai kalori yang terkandung pada madu

Masyarakat dunia, khususnya masyarakat Indonesia memahami bahwa madu merupakan cairan alami yang sangat baik bagi tubuh dan sangat nikmat saat dikonsumsi. Bahkan banyak pula yang beranggapan bahwa madu merupakan makanan yang sangat istimewa bagi kesehatan tubuh serta kualitas seksual.

Pada 1.000 gr madu terdapat kurang lebih 3.280 kalori. Dan nilai kalori yang terkandung dalam 1 kg madu sama seperti 50 butir telur atau 5,575 liter susu atau 1,680 kg daging. Kandungan gizi yang paling utama yang terkandung pada madu ialah aneka senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa, glukosa, sukrosa, dan dekstrin karbohidrat. Senyawa-senyawa tersebut sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh manusia sehingga ketika kita mengonsumsi madu maka kita telah memenuhi kebutuhan zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Madu mengandung nutrisi

Madu memiliki kandungan asam, vitamin, mineral, serta enzim yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Semua zat yang terkandung di dalam madu dapat digunakan sebagai pengobatan secara tradisional, antibodi, serta penghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor. Oleh sebab itu madu seringkali dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif.

Selain itu, madu juga mengandung asam organik yang terdiri dari asam format, glikolat, asam sitrat, asam laktat, asam asetat, asam malat, asam oksalat, serta asam tartarat yang sangat berguna bagi perkembangan metabolisme tubuh manusia. Asam laktat yang terkandung pada madu adalah zat laktobasilin atau zat yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker serta tumor.

Madu juga mengandung asam amino bebas yang mampu membantu dalam proses penyembuhan penyakit. Selain itu madu juga mengandung neurotransmitter yang berguna untuk memaksimalkan fungsi otak. Di dalam madu juga terdapat senyawa yang berperan sebagai zat antioksidan seperti vitamin C, chrysin, pinobanksin, katalase, serta pinocembrin.

Salah satu sifat yang dimiliki madu ialah perservatif atau bersifat mengawetkan. Artinya madu memiliki sifat osmolalitas yang sangat tinggi sehingga bakteri sangat sulit untuk hidup. Sifat seperti ini dimiliki oleh  madu murni, adapun madu campuran ada kemungkinan bakteri yang dapat hidup. Karena sifat inilah sehingga madu seringkali digunakan sebagai bahan pengawet yang dapat disimpan hingga ratusan tahun.

Madu juga memiliki sifat higroskopis atau memiliki kemampuan menarik air dari lingkungan di sekitarnya. Dengan sifat higroskopis tersebut madu dapat digunakan untuk mengompres luka luar seperti infeksi atau borok. Luka yang bersifat basah akan lebih mudah kering karena air yang terkandung pada luka akan cepat diserap oleh madu.

Selian hal di atas tentu masih banyak sekali kandungan madu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Maka tidak ada salahnya apabila menjadikan madu sebagai menu wajib dalam makanan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here