Thursday , June 22 2017
Home / Bisnis / Kata Kunci Ini Terbukti Ampuh untuk Meramaikan Website Anda
Blogging Concept. Modern Line Style Illustration. Multicolor Blogging Drawn on White Brick Wall. Doodle Icons. Doodle Design Style of Blogging Concept.

Kata Kunci Ini Terbukti Ampuh untuk Meramaikan Website Anda

Kata kunci adalah kunci utama yang menentukan sukses tidaknya Anda dalam berbisnis online. Semakin bagus kata kunci yang Anda pilih, semakin besar kemungkinan website Anda akan didatangi pengunjung dan inilah yang akan menjadi peluang mendapat keuntungan pun mengembangkan bisnis. Pertanyaannnya adalah bagaimana membuat dan menentukan kata kunci yang bagus, tepat dan menjual. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan;

Melihat kembali produk atau layanan yang Anda tawarkan secara online.

Jika Anda menawarkan satu macam produk atau layanan, Anda tak perlu kebingungan karena Anda sudah menemukannya. Jika Anda menjual power bank, misalnya, maka power bank sudah pasti akan menjadi bagian dalam dan atau kata kunci Anda. Namun demikian jika Anda menjual berbagai produk atau jasa, Anda harus menemukan nama dan kategori yang tempat untuk menggambarkannya dalam kata kunci yang nantinya akan Anda pilih.

Membayangkan Anda sebagai konsumen

Setelah memiliki gagasna awal mengenai kata kunci yang akan digunakan, Anda harus memosisikan diri sebagai seorang konsumen yang berada di depan search box sebuah search engine tertentu. Jika Anda ingin membeli power bank secara online, misalnya, kira-kira kata kunci apa yang akan Anda masukkan ke dalam search box. Jika sudah muncul beberapa ide, catat dan simpan terlebih dahulu.  

‘Berkonsultasi’ Online

Sebagai orang yang akan ‘berdagang’ di internet, Anda bisa berkonsultasi online pada beberapa situs mengenai kata kunci yang akan digunakan. Ini penting dilakukan sebab seperti halnya ketika Anda akan membuka lapak di sebuah wilayah tertentu, Anda harus mengenal lapak tersebut terlebih dahulu. Prinsip yang sama berlaku dalam berbisnis online. Sedikitnya, ada beberapa situs yang bisa Anda jadikan tempat konsultasi dalam rangka memilih kata kunci yang tepat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut;

  • Yahoo Keyword Suggestion Tool

Anda bisa mengakses layanan ini dengan mengetik nama situs di search engine ataupun langsung mengunjungi situs dengan mengetik inventory.overture.com. Di halaman muka situs tersebut, Anda akan menemukan sebuah box dan Anda bisa menuliskan kata kunci umum yang berkait dengan barang dagangan atau layanan yang Anda pasarkan online. Isilah kotak tersebut dengan kata kunci, semisal power bank, klik tanda panah di sampingnya kemudian tunggulah 25-30 detik.

Situs akan menampillkan jumlah hasil pencarian dalam search engine Yahoo untuk bebrapa kata kunci yang lebih spesifik (dengan menambah kata lain) dari kata kunci pertama berdasarkan bulan dan tahun pencarian dilakukan. Perhatikan hasil yang ditampilkan, utamanya mengenai variasi kata kunci yang umum digunakan pengguna internet dalam search engine. Dari hasil tersebut, Anda bisa menyimpulkan bahwa jika sebuah kata kunci terlalu umum, maka hasil pencarian yang ditampilkan search engine bisa sangat beragam dan tidak sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

Ini berarti bahwa jika kata kunci yang Anda gunakan terlalu umum, seperti power bank saja, maka Anda tidak hanya akan berkompetisi dengan sesama penjual power bank online. Anda juga harus bersaing dengan para pemilik situs yang menulis konten—atau memiliki website—tentang power bank namun tidak berjualan online, semisal mereka yang menelitinya untuk kepentingan akademik atau sekadar berbagi tips-tips.

Dari hasil ‘konsultasi’ pertama, Anda bisa kembali menggunakan kotak yang sama untuk mengetahui hasil pencarian menggunakan kata kunci baru—dengan variasi beberapa kata—yang lebih spesifik. Perhatikan secara seksama dan fokuskan perhatian Anda pada beberapa kata kunci dengan hasil pencarian terbanyak—dan urutan teratas sebab daftar tersebut adalah rekomendasi kata kunci yang bisa akan Anda gunakan untuk bisnis online Anda.

Google Keyword Sandbox

Untuk menggunakan layanan di situs ini, Anda harus memiliki akun di Goofle AdWords yang sifatnya berbayar. Bedanya dengan situs yang pertama, jika dalam situs pertama Anda lebih diarahkan mengenai variasi kata kunci, maka dalam situs ini, Anda akan mendapat informasi mengenai kata kunci yang relevan. Selain itu, tentu saja, situs ini menampilkan hasil pencarian yang dilakukan dengan search engine Google dan bukan Yahoo. Untuk mengunjunginya, Anda bisa mengetik nama situs di search box atau mengetik adwords.google.com/select/KeywordTool di adress bar.

Di halaman awal, Anda akan bertemu dengan dua menu bar. Yang pertama adalah keyword variations sedang yang kedua adalah site-related keywords. Pilihlah bar pertama dan seperti pada situs konsultasi sebelumnya, ketik power bank di kotak yang disediakan lalu Anda akan disuguhi beberapa kata kunci mulai dari yang persis sama dengan kata kunci yang Anda ketik dalam box, kata kunci dengan variasi kata lain yang masih relevan (umum disebut kata kunci LSI), hingga yang paling berbeda dan terkesan tidak nyambung. Kata kunci-kata kunci yang terkesan tidak nyambung tersebut akan tampil jika Anda mengklik link ‘Additional Keywords to Consider.’ Nama-nama merk power bank akan bermunculan tanpa mencantumkan kata ‘powerbank’. Setelah itu, Anda bisa menyimpan daftar kata kunci tersebut—sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kata kunci Anda—dengan mengklik ‘Add All’.

Hampir bisa dipastikan, akan ada kata kunci baru yang ditampilkan situs konsultasi kedua ini dan tidak Anda temukan di situs konsultasi pertama. Ini tentu berkait dengan popularitas masing-masing search engine dan preferensi masing-masing pengguna dalam menentukan search engine mana yang mereka percayai, Karena itu, dua-duanya sebenarnya saling melengkapi karena situs pertama menunjukkan angka pencarian secara detail sedang situs kedua membukakan mata Anda tentang kebiasaan pengguna internet dalam memilih kata kunci serta kata kunci-kata kunci yang relevan dengan kata kunci umum yang Anda miliki.

Memanfaatkan Kebiasaan Typo

Tidak banyak yang tahu bahwa kebiasaan typo (salah ketik) termasuk dalam mengetik kata kunci yang dimasukkan dalam search box tidak hanya dilakukan oleh segelintir pengguna internet. Ada banyak sekali pengguna internet yang melakukan typo dan Anda bisa memanfaatkan ini dalam menentukan kata kunci untuk bisnis online Anda. Untuk kata power bank, misalnya, banyak yang mengetiknya powerbank (disambung), power-bank (dengan strip) power bang, power band, pawer benk, pawer bank dan lain sebagainya. Gejala yang demikian, selain karena kebiasaan, juga disebabkn kebiasaan mendengar nama suatu barang atau produk tanpa mengetahui bagaimana menuliskan nama tersebut dengan benar. Buatlah list typo dari kata kunci yang Anda miliki lalu konsultasikan kembali kepada dua situs tadi.

Anda juga bisa mengira-ngira kesalahan lain yang mungkin dilakukan oleh pengguna internet ketika mengetikkan kata kunci dalam search box berdasarkan kebiasaan mereka menyebut barang atau jasa yang Anda jual. Untuk kata kunci power bank, misalnya, banyak orang yang menyebutnya dengan singkatan PB, menyebutnya charger portable dan lain sebagainya. Perhatikan kecenderungan-kecenderungan tersebut dan pertimbangkan untuk memasukkan satu atau beberapa kata di antaranya sebagai salah satu kata kunci Anda.

Empat langkah di atas adalah langkah praktis yang bisa Anda gunakan dalam menentukan kata kunci demi menambah traffic pada website Anda. Setelah mendapatkan kata kunci di antara pilihan-pilihan yang anda, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah kualitas konten yang didukung oleh penyebaran kata kunci dan yang berhubungan dengannya secara merata di berbagai bagiannya.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Cara Menggali Ide Bisnis Kreatif Dari Diri Sendiri

Pebisnis mana yang tidak menargetkan income dari internet. Hampir bisa dipastikan bahwa mayoritas blogger pun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *