Kenali Aneka Jenis Penyakit Yang Menyerang Tulang

0
33

Tulang adalah organ tubuh manusia yang bermanfaat dalam membentuk tubuh manusia. Selain itu tulang juga berfungsi sebagai alat gerak yang menopang kerja seluruh organ manusia. Dan apabila tulang telah terserang penyakit maka bisa dipastikan tulang tersebut akan tidak mampu berjalan sebagaimana mestinya. Artinya tulang tersebut akan mengalami disfungsi yang dapat berakibat fatal terhadap kinerja organ tubuh yang lainnya. Misalnya, orang yang tulangnya telah terkena suatu penyakit tertentu maka bisa jadi jalannya tidak lagi tegap atau tidak dapat berjalan sama sekali. Di samping itu, apabila tulang sudah terserang penyakit, khususnya tulang pada kepala, maka otak tidak akan lagi terlindungi dengan aman. Begitu juga semua organ yang terdapat di balik tulang-tulang manusia sebenarnya sangat bergantung pada kesehatan tulang.

Penyakit yang menyerang tulang memang sangat membahayakan. Dan penyakit tersebut pada umumnya tidak akan dapat diketahui sebelum pada tingkatan parah. Artinya, penyakit pada tulang biasanya tidak menimbulkan gejala-gejala tertentu sebagaimana penyakit yang menyerang organ lainnya. Oleh sebab itu agar semua organ tubuh anda dapat terlindungi dengan baik maka kenalilah apa saja penyakit yang dapat menyerang tulang sehingga anda bisa lebih waspada lagi dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Dan berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang seringkali menyerang tulang manusia.

Penyakit Osteoporosis.

Osteoporosis atau lebih akrab dikenal dengan sebutan tulang keropos merupakan kondisi tulang manusia yang mengalami pengeroposan dini. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, namun yang lebih umumnya diakibatkan oleh kekurangan kalsium. Padahal kalsium merupakan asupan terpenting yang dibutuhkan oleh tulang sehingga ketika tulang kekurangan kalsium maka yang terjadi adalah pengeroposan. Dan apabila seseorang terserang osteoporosis maka tulang atau sendi-sendi pada tubuh akan sering terasa sakit ketika digerakkan. Akan tetapi anda tidak perlu hawatir untuk masalah pengobatannya. Sebab sebenarnya anda tidak perlu merasakan osteoporosis apabila anda mencegahnya dengan cara berolahraga dengan rutin. Di samping itu anda juga sebaiknya banyak mengonsumsi aneka makanan sehat yang banyak mengandung kalsium.

Penyakit Rickets

Penyakit yang kedua yang seringkali menyerang tulang manusia adalah penyakit Rickets. Mungkin sebagian besar dari anda masih aneh mendengar penyakit yang satu ini. Akan tetapi jenis penyakit yang satu ini tidak kalah bahayanya dibandingkan dengan penyakti osteoporosis. Penyakit rickets bisa dibilang kebalikan dari osteoporosis yaitu penyakit dimana tulang terlalu banyak mengonsumsi kalsium. Biasanya jenis penyakit ini menyerang anak-anak yang pada masa pertumbuhan. Penyakit yang ditimbulkan yaitu terjadinya pembengkakan pada tulang akibat kelebihan kalsium. Selain diakibatkan oleh penimbunan kalsium berlebih, penyakit rickets juga bisa diakibatkan adanya radiasi sinar matahari yang sangat menyengat.

Penyakit Layu Semu

Penyakit yang sering menyerang tulang selanjutnya ialah penyakit layu semu. Penyakit layu semu menyerang tulang sehingga dapat mengakibatkan organ tangan serta kaki akan terasa lemas sehingga tidak mampu bekerja secara maksimal. Penyakit ini ditimbulkan karena adanya infeksi sifilis yang menyerang cakra epifis. Penyakit yang satu ini dapat menular kepada orang lain melalui infeksi penyakit kelamin. Oleh karena itu sebelum anda menikah sebaiknya periksalah terlebih dahulu agar kesehatan anda selalu terjaga. Khususnya pada kesehatan tulang dan ala kelamin.

Penyakit Kanker Tulang

Penyakit yang tidak kalah berbahanya bagi tulang adalah penyakit kanker tulang. Penyakit ini memiliki tingkat keganasan sama seperti penyakit kanker serviks, kanker darah, kanker payudara, dan berbagai jenis kanker lainya. Timbulnya penyakit kanker tulang dikarenakan adanya sel tulang yang tumbuh secara tidak normal sehingga mampu menyebabkan timbulnya kanker. Munculnya penyakit ini seringkali ditandai dengan nyeri yang selalu datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here