Kenali Bahaya dan Solusi Penyakit Tekanan Darah Bagi Orang Dewasa

Posted on

Ukuran lemah atau kuatnya jantung seseorang sebenarnya dapat diukur melalui seberapa tekanan darah yang dipompa ke seluruh tubuhnya. Sebab orang yang normal seharusnya memiliki tekanan darah yang normal pula. Pertanyaannya, apakah anda tahu berapa tekanan darah anda sekarang?. Jika anda belum tahu sebaiknya anda melakukan cek kesehatan agar tahu berapa tekanan darah anda saat ini. Sebab tekanan darah yang tidak normal akan menyebabkan resiko munculnya berbagai penyakit.

Pada umumnya, orang dewasa yang memiliki tubuh yang sehat mempunyai tekanan darah yang normal yaitu tekanan darah di bawah 120/80 mm Hg. Angka 120 ini berarti tekanan jantung pada saat memompa aliran darah ke semua bagian tubuh. Proses ini biasa dikenal dengan tekanan sistolik. Adapun angka 80 artinya tekanan pada saat jantung istirahat dari aktifitas memompa sebelum jantung melakukan aktifitas memompa kembali. Proses ini disebut dengan diastolik. Jika tekanan darah anda berada pada posisi tersebut maka anda dapat dibilang normal. Yaitu kondisi di bawah tekanan darah 140/90 mm Hg.

Meskipun demikian, kondisi tekanan darah yang normal bukan berarti ia akan selalu dalam kondisi seperti itu. Sebab tekanan darah dapat naik dan turun dalam kondisi-kondisi tertentu misalnya kegiatan-kegiatan fisik atau kegiatan yang memicu kerja emosional. Jadi anda perlu selalu mengecek tekanan darah agar tidak terjadi tekanan yang tinggi atau rendah dalam waktu yang relatif lama.

Apabila tekanan darah anda selalu tinggi dalam waktu yang lama maka anda dapat mengidap penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dan jika tekanan darah anda selalu rendah di bawah standar maka anda dapat terkena penyakit hipotensi atau tekanan darah rendah. Kedua kondisi tersebut sama-sama berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu anda perlu memperhatikan selalu tekanan darah anda.

Bahaya Hipertensi

Apabila tekanan darah anda berada pada posisi yang melebihi tekanan 120/80 mm Hg maka anda akan diidentifikasi terserang penyakit pra-hipertensi. Dan apabila tekanan tersebut terus bertambah hingga 140/90 mm Hg atau bahkan lebih tinggi maka kondisi tersebut sudah sangat berbahaya bagi tubuh anda. Seseorang yang mengalami hipertensi seringkali tidak merasakan gejala apapun. Oleh karena itu anda perlu mengetahui sendiri dengan cara mengecek ke dokter.

Bahaya Hipotensi

Hipotensi adalah lawan dari hipertensi. Hipotensi adalah kondisi seseorang yang hanya memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mm Hg atau tekanan darah rendah. Pada umumnya kondisi tekanan darah rendah ini tidak begitu berbahaya apabila penderita tidak merasakan gejala misalnya pusing, mual, sering haus, cepat lelah, nafas tersengal-sengal, kurangnya konsentrasi, depresi, dan sering pingsan. Kondisi tekanan darah rendah tergolong lebih aman dibandingkan penderita tekanan darah tinggi. Namun, meskipun dapat dikatakan lebih jikan, tekanan darah rendah ternyata mampu memicu terjadinya kerusakan sistem kerja jantung dan otak.

Agar darah pada tubuh anda selalu normal, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Olah raga

Olah raga sangat penting bagi stabilitas tekanan darah. Kegiatan fisik ini dapat merangsang tubuh agar memproduksi zat asam nitrat. Asam nitrat sangat penting untuk membuka pembuluh darah agar tekanan darah dalam tubuh dapat berkurang. Olah raga juga bermanfaat untuk kekuatan otot jantung sehingga jantung mampu memompa darah secara maksimal. Di samping itu olah raga juga bermanfaat mengurangi stres, dan menjauhkan diri dari penyakit obesitas.

  • Kurangi penggunaan garam berlebih

Secara normal tubuh manusia hanya membutuhkan kurang lebih 500 mg garam setiap harinya. Konsumsi garam yang berlebih ternyata mampu mengakibatkan penyakit tekanan darah. Untuk itu paling tidak anda harus membatasi maksimal 1400 mg garam setiap harinya.

  • Hindari stres

Stres juga merupakan penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk itu anda harus selalu dalam keadaan rileks dan tidak memforsir kekuatan sehingga anda kelelahan. Apabila ada perasaan yang mengganjal maka sebaiknya anda mengeluarkannya segera dan tidak memikirkan terlalu dalam.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.