Bahaya Kolesterol Tinggi Bagi Kesehatan Tubuh
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / Kenali Bahaya Kolesterol Tinggi Bagi Kesehatan Tubuh

Kenali Bahaya Kolesterol Tinggi Bagi Kesehatan Tubuh

Artikel KesehatanKolesterol adalah salah satu elemen lemak yang terdapat pada tubuh manusia. Pada kondisi tubuh yang normal elemen tersebut tidaklah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi apabila senyawa tersebut berlebihan maka akan mampu menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, jantung koroner, hingga kematian. Kelebihan kolesterol dalam dunia medis seringkali disebut dengan istilah hiperkolesterol atau hiperlipidemia.

Kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh akan dinyatakan normal apabila kolesterol tersebut kurang dari 200 mg/dl. Sementara, kolesterol HDL 35-65 mg/dl dan kolesterol LDL kurang dari 150 mg/dl. Ketika kolesterol berada pada kadar yang normal maka senyawa tersebut merupakan komponen yang utama yang berfungsi untuk membentuk dinding sel, empedu, dan hormon. Misalnya hormon seks. Fungsi lain dari kolesterol ialah sebagai pembentuk asam dan garam empedu yang sangat berguna sebagai emulsi lemak dan pembentuk vitamin D yang sangat penting bagi tulang.

Senyawa kolesterol juga dapat berperan sebagai pemecah lemak pada penyaluran impuls saraf. Di samping itu juga dapat berfungsi sebagai pembungkus jaringan saraf serta membantu perkembangan sel-sel otak pada anak.

Jenis-Jenis Kolesterol

Terdapat dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). LDL memiliki sifat aterogenik yang seringkali disebut dengan istilah kolesterol jahat. Disebut dengan kolesterol jahat karena dapat melekat pada pembuluh darah yang mampu menyebabkan penumpukan lemak yang dalam waktu yang lama akan mengeras sehingga membentuk plak. Apabila dalam darah sudah terbentuk plak maka yang akan terjadi adalah penyumbatan dan kekakuan sehingga akhirnya menimbulkan arterosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri.

Arterosklerosis yang terjadi pada pembuluh darah jantung mampu memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Sementara arterosklerosis yang terjadi pada pembuluh darah otak akan mampu menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Akan tetapi sebaliknya, HDL yang seringkali disebut dengan kolesterol baik karena memiliki sifat anti-aterogenik memiliki manfaat sebagai pengangkut kolesterol bebas atau LDL dari pembuluh darah dan jaringan lain menuju hati. Kemudian akan mengeluarkannya melalui cairan empedu.

Kolesterol bebas merupakan kolesterol yang terdapat pada tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai penyusun hormon steroid, hormon seks, serta kortikosteroid. Kolesterol bebas terdapat pada jaringan tubuh, terutama dalam darah yang dibentuk oleh hati serta terangkum dalam bentuk lippoprotein yang terdiri atas HDL (High Density Lippoprotein) atau biasa disebut dengan kolesterol baik.

Penyebab Terjadinya Kolesterol Tinggi

  • Faktor genetik

Kadar kolesterol yang ada di dalam darah 80% diproduksi oleh tubuh. Faktor genetik menjadi salah satu penyebab terproduksinya kolesterol. Akan tetapi kadar kolesterol pada setiap orang tentu berbeda. Oleh karena itu sebagian orang mengalami hiperkolesterol meskipun hanya mengonsumsi makanan yang mengandung sedikit kolesterol tinggi. Pada kasus orang yang memiliki kecenderungan seperti ini sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Harapannya ialah makanan yang berserat mampu melarutkan kolesterol yang terdapat dalam tubuh.

  • Faktor makanan

Pola makan dan gaya hidup merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi akan menjadi salah satu penyebab utama timbulnya hiperkolesterol.

Di samping itu kelebihan asupan karbohidrat juga mampu meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi misalnya kue, snack, mie, roti, nasi, harus dibatasi dalam jumlah yang wajar.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kolesterol tinggi memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dan untuk menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh dibutuhkan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang sehat pula agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *