Kenali Bahaya Serangan Jantung

0
45

Serangan jantung biasa disebut juga dengan istilah Myocardial infarction dan juga acute myocardial infarction merupakan suatu kondisi dimana aliran darah berhenti mengalir dari pembuluh darah. Meskipun berhenti hanya sesaat saja akan tetapi terhentinya darah yang mengalir akan dapat mengakibatkan matinya sel jantung. Serangan jantung seringkali terjadi dikarenakan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Sebagian besar serangan jantung dikarenakan seseorang telah terserang penyakit jantung koroner. Ketika seseorang terkena penyakit jantung koroner maka di dalam arteri jantungnya akan terbentuk plak atau sejenis lilin. Kondisi sepserti ini disebut dengan atherosclerosis. Plak yang timbul tersebut terbentuk dari kolesterol serta sel-sel pendukungnya. Plak yang terkumpul sedikit demi sedikit pada darah yang mengalir pada akhirnya akan mempersempir jalannya darah. Pada akhirnya akan terjadi penggumpalan pada saluran darah. Penggumpalan plak inilah yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung pada seseorang.

Plak yang menggumpal bisa terjadi bukan karena sebab. Hal tersebut diakibatkan oleh pola gaya hidup yang tidak sehat. Seseorang yang jarang bergerak, sering minum alkohol, kurang cairan yang didapatkan dari air putih, serta sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Semua penyebab inilah yang akan memicu terjadinya serangan jantung pada diri seseorang.

Karena jantung adalah pusat dari kehidupan seseorang maka ketika jantung sudah terserang penyakit maka seseorang akan terancam kematian. Kondisi serangan jantung adalah kondisi gawat darurat sehingga tidak bisa dianggap penyakit yang sepele. Serangan jantung membutuhkan perawatan dari ahli dalam waktu yang cepat. Apabila terlambat beberapa menit saja dalam penanganan maka bisa dipastikan penderita tidak akan bisa hidup lebih lama.

Gejala yang bisa dirasakan seseorang yang terserang penyakit jantung seringkali menyerang di area sekitar dada. Sakit dada yang begitu sangat terasa dapat menjadi gejala awal seseorang terserang penyakit jantung. Namun gejala serangan jantung juga seringkali dirasakan pada perut, rahang, bahu, hingga badan sekitar dada. Untuk itu alangkah baiknya apabila kita menjaga kesehatan jantung sejak dini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here