Kenali Ciri-Ciri Website Toko Online Yang Terpercaya

0
37

Kebiasaan orang pada era digital ini adalah berbelanja online. Dengan alasan kemudahan den efektifitas masyarakat berbondong-bondong membiasakan diri dengan berbelanja online. Di antara alasannya ialah dengan berbelanja di toko online maka mereka sudah menghemat beberapa jam. Dengan berbelanja di internet masyarakat tidak perlu merasakan lelah atau pun kehabisan waktu yang lama untuk berjalan-jalan dari toko satu ke toko lainnya.

Sebenarnya, budaya belanja online belum lama dikenal oleh masyarakat luas. Dulu, di Indonesia masih terbiasa dengan pola belanja secara tradisional. Bahkan sejarah jual-beli pun bisa dilakukan dengan cara barter atau tukar menukar barang. Dengan adanya arus globalisasi ternyata pola ini pun semakin berupa menjadi lebih mengandalkan sistem digitalisasi cara berbelanja.

Dengan berbelanja online maka anda mau tidak mau anda pun harus mengerti peraturan yang berlaku. Baik itu anda sebagai penjual atau sebagai pembeli. Kedua belah pihak diikat oleh suatu aturan main secara online. Tujuannya adalah agar tidak terjadi penipuan online yang memanfaatkan sistem toko online.

Namun, meskipun demikian, karena kecanggihan teknologi dan menurunnya moral masyarakat maka kejahatan yang terjadi di internet pun masih sering terjadi. Untuk itu, sikap waspada harus selalu dijaga. Dan cara untuk mewaspadai kejahatan online adalah dengan mengetahui ciri-ciri toko online. Dan berikut ini adalah ciri-ciri toko online dan website yang bisa dipercaya.

  • Teliti dulu usia website toko online

Ciri-ciri toko online yang dapat dipercaya pertama adalah teliti usia webiste. Cara mengetahui kualitas suatu website toko online ini adalah salah satu upaya agar anda terhindar dari tindak penipuan. Akan lebih baik apabila anda pun telah mengantongi data pemilik situs sebelum berbelanja. Untuk mengetahui usia dan data pemilik situs ini anda bisa mengeceknya di . Situs tersebut mampu melacak identitas pemilik situs.

Umur website sangat menentukan kualitas website toko online tersebut. Semakin tua umur website menunjukkan bahwa pemilik telah memiliki segudang pengalaman dalam dunia online. Atau dengan umur yang lama tersebut berarti masyarakat telah mempercayai pelayanan toko online tersebut.

  • Domain berbayar

Saat ini domain gratisan seringkali dijadikan sebagai alat penipuan. Baik itu blogspot/wordpress dan layanan domain-domain gratis lainnya sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Hal inilah yang membedakan oleh penjual profesional di toko online. Penjual yang serius berbisnis melalui internet akan terlihat dari ekstensi domainnya.

Penjual yang serius akan lebih mengutamakan domain berbayar seperti .com, atau .co.id. dengan domain berbayar ini penjual akan mengelola website tersebut dengan serius. Untuk mendapatkan domain berbayar pun harus menunjukkan KTP sehingga jika ada penipuan anda pun bisa melacak pemiliknya dan melaporkannya sebagai tindak penipuan.

  • Ketahui alamat lengkapnya

Di dunia online apapun bisa dilakukan. Termasuk juga dengan pemalsuan alamat rumah. Namun, bisnis online pun seringkali menjadi sarana untuk berjualan online saja. Dan tidak sedikit juga penjual online yang sengaja tidak membangun bisnisnya secara offline. Untuk itu, sebisa mungkin anda lebih memilih toko online yang mencantumkan alamat lengkap rumah atau alamat lengkap tokonya. Anda bisa datangi langsung ke tempat tersebut sebelum anda berbelanja dalam partai besar. atau anda pun bisa meminta tolong saudara anda yang dekat dengan lokasi toko untuk melihatkan apakah toko tersebut benar-benar ada.

  • Harga yang masuk akal

Ciri-ciri toko online terpercaya lainnya adalah harga. Jika anda menemukan harga barang yang di bawah rata-rata maka anda harus segera waspada. Sebab, sebenarnya barang yang sama tentu perbandingannya tidak akan jauh dengan harga standar rata-rata. Oleh karena itu jangan pernah terpancing dengan harga yang tidak masuk akal meskipun barangnya benar-benar dikirim. Sebab, bisa jadi itu adalah barang yang tidak lolos standar pasar atau barang pasar gelap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here