Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner

0
18

Gejala penyakit jantung koroner Penyakit jantung koroner atau yang seringkali disebut dengan arteri koroner seringkali dianggap penyakit yang paling berbahaya dalam deretan penyakit jantung. Memang menurut para dokter kesehatan jantung penyakit jantung koroner adalah penyakit yang dapat mengakibatkan kematian secara mendadak. Untuk itulah penyakit jantung koroner disebut sebagai penyakit jantung yang mematikan.

Serangan jantung dapat terjadi karena terjadinya aliran darah yang menuju ke jantung terhambat. Sehingga proses suplai oksigen serta nutrisi pada otot jantung serta jaringan pada sekeliling jantung terus berkurang seiring terhambatnya aliran darah ke jantung.

Otot jantung tidak seperti otot tubuh lainnya. Otot jantung tidak mampu melakukan regenerasi layaknya otot tubuh secara umum. Jika terjadi sedikit saja kerusakan pada otot jantung maka hal tersebut akan berakibat fatal dan sangat berbahaya bagi tubuh. Semakin lama seseorang terkena serangan jantung maka semakin besar pula kerusakan pada jantung.

Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit jantung koroner yang wajib anda ketahui sebelum penyakit jantung tersebut semakin parah.

  • Rasa nyeri pada dada

Gejala penyakit jantung koroner yang pertama ialah timbulnya rasa nyeri pada dada. Gejala ini biasa disebut dengan istilah Angina Pectoris. Rasa nyeri yang timbul pada dada ini dikarenakan otot jantung yang tidak mendapatkan suplai darah yang cukup sehingga jantung kekurangan oksigen dan merasa nyeri. Rasa nyeri pada dada tersebut akan semakin meluas ke daerah bahu, leher, dada, dan bagian tubuh lainnya apabila tidak segera diobati.

Rasa nyeri pada dada sangat bervariasi. Rasa nyeri tersebut bisa saja terjadi tidak stabil atau stabil kurang lebih selama 30 detik hingga 1 menit bahkan lebih. Rasa nyeri tersebut dapat hilang secara perlahan apabila penderita melakukan istirahat, mengonsumsi obat sesuai resep dokter, dan menenangkan diri.

  • Sesak nafas

Gejala terjadinya penyakit jantung koroner yang kedua adalah sesak nafas atau Dyspnea. Rasa nyeri pada dada yang dirasakan seseorang seringkali diiringi dengan sesak nafas. Sesak nafas dapat terjadi dikarenakan tubuh yang kekurangan oksigen dan tidak mampu mengeluarkan karbondioksida.

Biasanya masyarakat umum yang tidak mengetahui akan bahayanya penyakit jantung koroner akan menganggap bahwa sesak nafas disertai dengan nyeri pada dada disamakan dengan gangguan pada paru-paru. Namun sebenarnya hal itu tidaklah benar. Sebab 75% penyebab sesak nafas berasal dari organ jantung. Artinya hanya terdapa 25% sesak nafas dikarenakan terjadinya gangguan pada paru-paru.

  • Pusing

Gejala penyakit jantung koroner selanjutnya ialah pusing. Rasa pusing dapat muncul sewaktu-waktu sebagai akibat dari terganggunya fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila anda merasakan hal ini dalam waktu yang relatif lama maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Selain gejala di atas sebenarnya masih banyak lagi gejala yang menunjukkan bahwa seseorang terserang penyakit jantung koroner. Seperti irama denyut jantung yang tidak normal, sering merasa lelah dalam waktu yang lama, sering mengalami sakit perut, mual hingga muntah, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here