Atmenlose Frau sitzt erschöpft auf dem Bürgersteig

Kenali Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Posted on

Kenali Gejala Serangan Jantung pada wanita – Ukuran jantung pada wanita memiliki ukuran yang lebih kecil kurang lebih 25% dari dari ukuran jantung lelaki. Sehingga wanita lebih rentan terserang penyakit jantung akut dibandingkan dari pria. Penyakit jantung seringkali diidentikkan sebagai pembunuh nomor 1 di dunia.

Pada tahun 2013 WHO mencatat telah terjadi 17,3 juta jiwa telah meninggal dikarenakan terserang penyakit jantung. Penyebab paling utama terjadinya penyakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat. Hal ini berdampak pada pola hidup, pola makan, dan pola olah raga. Akibatnya adalah kadar kolesterol dalam darah menjadi naik dan penyakit pun menyerang pembuluh darah jantung.

Agar anda tidak terserang penyakit jantung, ada beberapa gejala yang bisa anda ketahui sehingga anda bisa mengantisipasinya sejak dini. Berikut adalah gejala munculnya penyakit jantung pada wanita:

  1. Terasa nyeri di dada

Gejala penyakit jantung pada wanita yang paling umum ialah merasa nyeri di dada. Biasanya kasus nyeri di dada ini terjadi baik di dada bagian kiri atau dada bagian kanan. Kebanyakan orang menganggap nyeri di dada ini sebagai gejala kelelahan semata. Padahal nyeri di dada sebenarnya tidak bisa dianggap sepele mengingat serangan jantung yang bisa membunuh sewaktu-waktu. maka jika anda mengalami gejala nyeri dada sebaiknya segera menghubungi dokter.

  1. Merasa cepat lelah

Wanita secara umum memang lebih cepat merasa lelah dibandingkan dari laki-laki. Sebenarnya kondisi cepat lelah seperti ini diakibatkan tubuh yang kekurangan pasokan darah. Lelah yang mengindikasikan penyakit jantung adalah ketika wanita mengerjakan tugas yang ringan tapi cepat merasa lelah maka itu adalah gejala penyakit jantung. Kelelahan tersebut seringkali disertai dengan rasa haus yang sangat dan tubuh merasa lemas. Jika anda mengalami gejala penyakit jantung ini segera konsultasikan ke dokter.

  1. Keluar keringat dingin

Penyakit jantung memang tidak dapat diprediksi secara langsung tapi bisa diketahui dari gejala yang dialami oleh tubuh. Salah satunya adalah keluar keringat dingin. Orang yang sering mengalami keluar keringat dingin dapat dipastikan ia sedang mengalami gejala penyakit jantung. Hal itu disertai dengan telapak tangan yang berkeringat. Meskipun tidak sedang bekerja berat namun keringat dingin tetap saja keluar. Jika sudah demikian maka anda tidak perlu khawatir tapi harus segera mengantisipasinya dengan cara berobat ke dokter.

Penyakit jantung memang sangat berbahaya. Untuk itu sebaiknya anda mulai mengetahui semua gejala serangan jantung agar anda bisa waspada sedini mungkin.

 

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.