Thursday , June 22 2017
Home / Tips Kesehatan / Kesehatan Paru-Paru / Kenali Jenis Gangguan Paru-Paru yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Kenali Jenis Gangguan Paru-Paru yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Paru-paru menjadi salah satu organ vital yang berperan besar bagi mekanisme pernapasan di dalam tubuh anda. Tak pernah sedetikpun manusia menghentikan proses pernapasan sehingga paru-paru anda tak pernah berhenti bekerja. Coba bayangkan saja, apabila paru-paru yang seharusnya bekerja seharian penuh itu mengalami gangguan, pasti pernapasan anda mengalami hambatan bukan? Gangguan pada pernapasan bisa menghambat aktivitas anda karena cara bernapas akan berbeda dibanding pada kondisi normal. Gangguan pada paru-paru pun bervariasi, bisa jadi hanya gangguan ringan yang hanya menghambat pernapasan anda sejenak namun ada pula gangguan berat yang berpotensi mampu merusak paru-paru.

Dengan demikian, anda tak bisa mengabaikan kondisi paru-paru anda sebab organ paru-paru berjumlah dua dan tak bisa menggantikan fungsi satu sama lain. Bagaimanapun, paru-paru harus tetap utuh dan berada dalam kondisi sehat agar aktivitas anda berjalan dengan lancar seperti yang anda harapkan. Anda bisa menjaga kondisi paru-paru dengan melakukan olahraga secara teratur, menghindari rokok dan minuman beralkohol, menyantap makanan sehat, berada pada lingkungan sehat, menghindari polusi udara dan lain-lain. Namun anda pun perlu mengetahui berbagai potensi gangguan dan penyakit yang bisa menyerang paru-paru. Apa sajakah ancaman bagi paru-paru? Simak ulasan di bawah ini:

Pneumonia

Pneumonia juga sering disebut dengan radang paru-paru. Penyakit ini muncul karena adanya peradangan pada alveolus (gelembung tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida) dan peradangan pada bronkiolus (cabang dari saluran bronkus). Penyakit pneumonia telah banyak terjadi di Indonesia dan berpotensi menimbulkan kematian bagi para penderitanya. Gejala penyakit pneumonia adalah batuk dengan dahak yang mengandung darah, sesak napas, demam tinggi, nyeri dada, dan kesadaran yang menurun. Pneumonia disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae. Pengobatan harus dilakukan secara intensif dengan menggunakan antibiotik.

Tuberkulosis (TBC)

Penyakit TBC ini menjadi penyakit yang sering pula menyerang paru-paru. TBC berpotensi menyebabkan kematian apabila tak segera ditangani secara tepat. Gejala penyakit TBC yaitu demam tinggi, batuk terus-menerus dalam jangka waktu lebih dari 3 minggu, berkeringat di malam hari, nafsu makan turun, dan berat badan yang selalu turun. Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis. Untuk menghindari penyakit TBC, anda harus menjaga agar tubuh tetap sehat karena sejatinya setiap tubuh manusia mengandung bakteri penyebab TBC namun yang terinfeksi adalah seorang yang memiliki tingkat imunitas yang rendah.

Sesak Napas (Asma)

Penyakit asma ini juga sering dialami oleh banyak orang. Biasanya asma telah terjangkit dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Gejala yang dirasakan adalah kesulitan dalam bernapas atau sesak napas yang disebabkan karena kejangnya otot penggerak di dalam paru-paru sehingga ruang untuk bernapas menjadi sempit. Penyebab penyakit asma bisa karena faktor keturunan, alergi terhadap benda asing seperti debu dan bulu hewan, alergi terhadap obat, dan lain-lain. Untuk mencegah penyakit asma langkah yang paling penting adalah tetap jaga kondisi tubuh dan rajin berolahraga.

Influenza (Flu)

Hampir semua orang pernah mengalami gangguan pernapasan yang biasa disebut dengan flu. Bahkan flu ini bisa pula menyerang hewan seperti anjing dan kucing. Gangguan berupa flu bisa dikatakan sebagai gangguan ringan namun memberi dampak ketidaknyamanan pada tubuh anda. Gejala penyakit flu adalah demam, kepala akan sedikit pusing, dan pernapasan akan sedikit terganggu. Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit supaya virus flu tidak menyerang anda.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *