Kenali Penyebab Sakit Ginjal Yang Mengintai Kesehatan Tubuh Anda
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Kenali Penyebab Sakit Ginjal Yang Mengintai Kesehatan Tubuh Anda

Kenali Penyebab Sakit Ginjal Yang Mengintai Kesehatan Tubuh Anda

Penyakit ginjal menjadi salah satu jenis penyakit yang menakutkan. Untuk itu sangat wajar apabila banyak sekali orang yang ingin mengetahui apa saja penyebab sakit ginjal yang seringkali menyerang tubuh manusia. Sebenarnya penyebab kehadiran sakit ginjal bukan hanya satu perkara saja melainkan banyak sekali penyebab yang mengakibatkan seseorang terkena sakit ginjal. Meskipun demikian penyakit ginjal tetap saja bisa diatasi selama pengidap penyakit tersebut tidak meremehkan jenis penyakit yang satu ini kemudian segera melakukan pengobatan sejak dini. Sebab, penyakit yang menyerang ginjal dan tidak segera diobati maka yang terjadi ialah penyakit gagal ginjal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab seseorang terserang penyakit ginjal:

Secara garis besar penyebab penyakit ginjal dapat dibedakan ke dalam dua jenis. Pertama adalah penyakit gagal ginjal akut dan kedua adalah penyakit gagal ginjal kronis. Penyakit gagal ginjal akut dapat menyerang manusia dalam waktu yang sangat singkat dan sangat cepat. Penyakit yang satu ini hanya membutuhkan waktu 3 bulan untuk melakukan pengembangan penyakit di dalam ginjal. Adapun penyakit gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi gagal ginjal yang mana organ ginjal mengalami kerusakan secara pelan-pelan. Penyakit gagal ginjal kronis ini terkenal lebih lambat dibandingkan penyakit gagal ginjal kronis. Namun demikian apapun jenis penyakitnya selama penyakit itu menyerang ginjal tentu tetap saja akan berbahaya.

Untuk mengetahui perbedaan penyakit gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis anda bisa membaca penjelasan berikut ini:

Penyebab penyakit gagal ginjal akut

Penyakit gagal ginjal akut adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Jika dibandingkan dengan gagal ginjal kronis maka penyakit gagal ginjal akut dapat dikatakan lebih berbahaya dan lebih menghawatirkan karena lebih mampu membuat tubuh seseorang tidak berdaya. Bahkan dalam banyak kasus penyakit gagal ginjal akut seringkali menjadi penyebab kematian seseorang. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya penyakit ginjal akut, di antaranya:

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh

Penyebab yang utama menyerangnya penyakit gagal ginjal akut adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kekurangan cairan yang cukup untuk bermetabolisme. Sedangkan penyebab dari dehidrasi biasanya adalah pendarahan, muntah-muntah, demam, diare, dan lain sebagainya. Kondisi seperti ini harus segera ditangani dengan cara memperbanyak konsumsi air minum agar dehidrasi tidak semakin parah.

  • Penyakit infeksi

Penyebab penyakit gagal ginjal akut yang lainnya adalah penyakit infeksi yang menyerang tubuh. Misalnya penyakit infeksi yang menyebabkan sakit malaria, demam berdarah, leptospirosis, dan lain sebagainya. infeksi ini dapat mengakibatkan tubuh dehidrasi sehingga ginjal akan pelan-pelan rusak. Jika anda mendapati seseorang mengidap penyakit ini maka segera lakukan pertolongan dan membawanya ke dokter.

Selain kedua penyebab di atas tentu masih banyak lagi penyebab penyakit gagal ginjal akut seperti luka bakar, kecelakaan, sumbatan saluran kencing, dan lain sebagainya. Dan agar anda mengetahui perbedaannya maka perhatikan beberapa penyebab gagal ginjal kronis berikut ini:

  • Penyakit kencing manis (diabetes melitus)

Berbeda dengan penyebab penyakit gagal ginjal akut, penyebab yang pertama timbulnya penyakit gagal ginjal kronis adalah penyakit kencing manis. Seseorang yang menderita kencing manis dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan terjadinya gagal ginjal kronis. Lebih dari itu, penyakit itu akan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang ujungnya adalah kematian. Untuk itu usahakan sebaik mungkin agar anda tidak terserang kencing manis.

  • Penyakit radang ginjal

Penyebab seseorang dapat terserang penyakit gagal ginjal kronis adalah terjadinya radang ginjal. Radang yang menyerang ginjal ini pun diakibatkan beberapa sebab yaitu terjadinya infeksi serta penyakit imunitas. Penyakit infeksi yang seringkali menyebabkan gagal ginjal kronis ialah terjadinya infeksi pada organ ginjal yang terus menerus. Sehingga jika ini tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan pada kematian pula.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *