Kenali Tipe Kejahatan Yang Sering Terjadi di Media Sosial - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Teknologi / Kenali Tipe Kejahatan Yang Sering Terjadi di Media Sosial

Kenali Tipe Kejahatan Yang Sering Terjadi di Media Sosial

Selama manusia ada di bumi maka selama itu pula kejahatan akan berlangsung. Peribahasa sederhana tersebut mungkin sangat tepat untuk menggambarkan kondisi kemanusiaan saat ini. Pasalnya, kejahatan seringkali terjadi meskipun telah banyak informasi dan ilmu yang dimiliki seseorang tersebut. Kejahatan sering terjadi diakibatkan oleh moral dan kesadaran seseorang tersebut dalam memahami suatu perilaku. Bahkan banyak juga pelaku kejahatan itu dijadikan sebagai profesi seseorang.

Motif kejahatan pun berbeda-beda. Ada yang disebabkan ingin cepat kaya, ada pula yang dilakukan sebagai bentuk pelampiasan rasa kekecewaan atas kemiskinan. Berbagai cara yang haram pun dilakukan demi mendapatkan suatu keuntungan sesaat tersebut. Terlebih lagi, seiring dengan berkembangnya dunia teknologi maka model kejahatan pun ikut berkembang. Dan yang paling populer adalah kejahatan melalui media sosial. Untuk itu anda pun harus mengetahui jenis-jenis kejahatan yang dilakukan dengan mengandalkan media sosial sebagaimana berikut ini.

kejahatan media sosial

  • Penipuan menggunakan Email Berantai

Email berantai atau seringkali disebut juga dengan hoax letter atau chain merupakan tindak kejahatan yang memanfaatkan media internet. Ciri-ciri dari jenis penipuan email berantai adalah seperti email undian berhadiah. Penipu model ini tergolong lumayan profesional. Sebab penipu model email berantai akan menyebarluaskan email penipuannya dengan iming-iming hadiah baik itu berupa alat komunikasi, atau alat-alat elektronik lainnya.

Penipu model ini telah mengantongi banyak sekali alamat email yang aktif yang mereka dapatkan melalui Google atau search engine lainnya. Penipunya pun bisa beragam. Ada yang mengaku dari perusahaan besar atau pemilik toko-toko online tertentu. Intinya adalah jika anda mendapatkan email yang anda rasa tidak jelas maka jangan terlalu direspon apalagi membalasnya. Biasanya email seperti ini dikirim secara bersamaan ke alamat email orang lain juga. Maka anda harus mulai hati-hati dengan model penipuan seperti ini. Sebab, bisa saja anda tidak tertipu tapi orang lain yang akan merasakannya.

  • Model penipuan undian berhadiah

Siapa yang tidak senang ketika mendapatkan hadiah?. Setiap orang tentu sangat senang apabila mendapatkan suatu hadiah gratis. Akan tetapi janji mendapatkan hadiah seperti ini telah dimanfaatkan oleh penipu. Biasanya penipu akan mengirimkan email, SMS bahkan akan menelpon anda langsung dan mengatakan bahwa anda adalah pemenang suatu undian.

Modusnya adalah anda yang mulai senang dan tertipu akan diminta agar melakukan transfer sejumlah uang untuk pembayaran pajak hadiah. Jika hal ini yang terjadi pada anda maka segera abaikan saja. Sebab, pada kenyataannya, tidak ada suatu perusahaan mana pun yang akan meminta anda mentransfer sejumlah uang untuk membayar pajak di depan. Maka jangan pernah melakukan transfer terlebih dahulu.

  • Penipuan model piramida uang

Jenis kejahatan lainnya adalah penipuan dengan model piramida uang. Maksud dari piramida uang adalah anda akan diminta mentransfer uang ke rekening seseorang kemudian anda diwajibkan menyebarkan email atau SMS tersebut ke banyak orang. Dan selanjutnya anda akan mendapatkan transfer dari salah satu korban SMS yang anda sebarkan. Begitu pula seterusnya. Artinya, tidak ada suatu tindakan bisnis apapu dalam modus ini. Pihak penyebar atau penipu pertama akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat setelah anda menyebarkan virus penipuan tersebut.

  • Penipuan hacking dan cracking

Model penipuan ini sangat profesional. Dalam hal ini penipu akan masuk ke email anda dengan cara membobol password anda. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang paham haching dan cracking. Jika email anda saja yang terkena hack tentu tidak begitu beresiko. Masalahnya ketika email anda tersebut terhubung dengan akun E-Gold atau Papypal anda kemudian uang di rekening anda akan dicuri maka anda akan kesulitan mengatasinya.

Solusinya adalah jika anda tidak memahami sistem pembayaran online maka sebaiknya anda tidak membuka akun online. Sedikit lebih konvensional tidak masalah yang penting uang anda aman. Solusi lainnya adalah usahakan menggukanan komputer pribadi ketika bertransaksi online. Kemudian memasang antivirus yang profesional juga.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *