Kenali Tipe Kulit Anda Sebelum Memakai Komestik

Posted on

Seiring berkembangnya jaman, produk kecantikan pun semakin bertambah banyak dan tersedia dalam berbagai merk atau brand. Pertokoan di mall dan di jalan sudah banyak yang berjualan kosmetik dari luar negeri. Selain itu, berbagai brand make up Indonesia pun sudah turut ambil bagian dalam pasar kosmetik di Indonesia sendiri.

Akan tetapi, banyak sekali konsumen yang masih tidak tahu apa alat kecantikan yang cocok bagi kulit mereka. Ketidaktahuan akan jenis kulit sendiri ini dapat berakibat buruk dan membuat kulit menjadi rusak dan tampak tak terawat. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan kosmetik, lebih baik mulailah mengenali tipe kulit anda sendiri.

  1. Kulit berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan banyaknya jumlah minyak pada wajah. Kulit anda bisa terlihat sangat mengkilat apalagi dibawah sinar lampu. Umumnya, produksi minyak terbanyak terpusat di bagian hidung serta dahi, atau lebih dikenal sebagai area T pada wajah.

Apabila kulit anda berminyak, tidak perlu menggunakan moisturizer atau pelembab lagi, karena kulit tersebut sudah cukup dilembabkan oleh minyak. Cukup aplikasikan sunscreen agar kulit anda terlindung dari paparan sinar matahari. Pilih produk sunscreen yang bebas minyak atau oil free yang tersedia di berbagai tempat.

  1. Kulit kering

Kebalikan dari kulit berminyak, kulit kering ini bisa terlihat kasar pada permukaan karena kekurangan pelembab. Selain itu, kulit anda akan lebih mudah mengalami iritasi karena lapisannya yang tipis. Untuk menormalkan kulit kering anda, gunakan sabun muka lembut dan aplikasikan moisturizer secara rutin, bila perlu aplikasikan setiap kali kulit terasa kering.

  1. Kulit kombinasi

Ini gabungan dari kulit berminyak dan kulit kering. Umumnya, kulit kombinasi ini dipengaruhi oleh keturunan atau gen dan juga pada remaja yang sedang menalami pubertas. Jadi, daerah T pada wajah yaitu hidung dan dahi akan memproduksi minyak berlebih, sedangkan area lainnya sangat kering. Atasi hal ini dengan aplikasikan moisturizer didaerah kering, kemudian gunakan produk pencegah jerawat yang mengandung senyawa benzoyl peroxide untuk daerah T pada wajah anda.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.