Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Kita

Manfaat Bunga Telang – Bunga telang ( clitoria ternatea) merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. selain bentuknya yang unik bunga telang juga mempunyai warna yang sangat cantik.

Bunga telang juga terkenal sebagai pewarna alami dari berbagai makanan dan minuman, selain itu bunga telang juga banyak mengandung zat gizi bagi tubuh kita.

Manfaat bunga telang juga sangat banyak selain untuk pewarna makanan dan minuman bunga telang juga bisa digunakan sebagai kosmetik dan juga bermanfaat bagi kesehatan

Manfaat Bunga Telang

Manfaat Bunga Telang – Adalah sebagai berikut :

  1. Menyehatkan jantung
    • Dalam sebuah studi, bunga telang dapat menurunkan kadar triglerisida yang cukup signifikan. Bahkan jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang. Manfaat bunga telang ini, dipercaya dapat mengatasi kolesterol tinggi. Itulah sebabnya bunga telang dipercaya dapat menyehatkan jantung.
  2. Menurunkan gula darah
    • Dibuktikan bahwa bunga telang dapat mengontrol penyerapan gula darah. Selain itu, bunga telang juga mengandung banyak antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu terjadinya diabetes. Meski demikian kita harus tetap menjada tubuh kita dengan pola makan dan olahraga rutin.
  3. Meningkatkan daya ingat
    • Ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar Asetilkolin, dalam otak tikus. Asetilkolin adalah Neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu. Untuk mendapatkan manfaat bunga telang anda dapat mengkonsumsi sebagai teh herbal atau suplemen.
  4. Menyembuhkan luka
    • Manfaat bunga telang lainya adalah menyembuhkan luka. Sebab, ekstrak biji bunga telang, mengandung flavonal glikosida. Sementara itu ekstra tumbuhanya mengandung senyawa fenolik.
  5. Mengobati diare
    • Tak hanya bunganya saja tetapi daun bunga telang juga dapat digunakan untuk mengobati diare. Sebuah studi laboratorium berskala kecil ektrak daun bunga talang dapat meredakan diare berkat kandungan antiradang dan antibakteri didalamnya.
  6. Mengandung antioksidan
    • Antioksidan adalah zat penting yang bisa memproteksi sel sehat dalam tubuh. Selama ini, para peneliti berusaha mencari zat antioksidan, dalam bentuk bunga atau tumbuhan, seperti dari bunga telang. Dalam sebuah studi berjudul International Juornal Of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstra metanol yg dikandung bunga telang, sangat berpotensi untuk menjadi sumber antioksidan. Walau begitu masih diperlukan penelitian lebih lanjut, untuk membuktikan manfaat bunga telang yg satu ini.

Demikian manfaat bunga telang yang telah kami ketahui jika anda merasakan gejala yang lain anda bisa langsung berkunjung ke dokter agar diberi tindakan secara lanjut. Semoga bermanfaat dan trimakasih.

Baca Juga : Tips Mengecilkan Badan Secara Alami

Tinggalkan komentar