Ketahui Ciri-Ciri Modus dari Penipuan di Internet dan Media Sosial - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Tuesday , July 25 2017
Home / Teknologi / Ketahui Ciri-Ciri Modus dari Penipuan di Internet dan Media Sosial

Ketahui Ciri-Ciri Modus dari Penipuan di Internet dan Media Sosial

Dunia online merupakan dunia yang tanpa batas. Semua orang mulai dari kecil hingga tua bebas mengakses internet. Apapun kebutuhannya selama ia mampu mengoperasikan internet maka ia pun bisa memanfaatkan banyak hal. Internet adalah tempat sekaligus sarana dari berbagai jenis transaksi. Mulai dari transaksi jenis kecil-kecilan hingga transaksi yang super besar. Semua kalangan kini diuntungkan dengan adanya internet.

Seiring dengan terbukanya fasilitas internet tentu banyak hal yang akan anda dapatkan. Baik itu berbentuk kemudahan dalam bertransaksi bisnis atau bahkan kejahatan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Kejahatan seringkali terjadi di dunia maya karena beberapa sebab.

penipuan di internet

Di antaranya adalah karena internet merupakan lalu lintas transaksi keuangan dunia. Karena alasan inilah maka tidak jarang pencuri online juga berkeliaran terus pada saat anda bertransaksi. Contoh kasusnya, penipuan via internet seringkali terjadi pada pemilik dan pengguna toko online. Mayoritas masyarakat yang sering belanja online pernah mengalami modus-modus penipuan. Meskipun tidak semua orang tersebut berhasil tertipu. Dan berikut ini adalah ciri-ciri modus penipuan di internet.

  • Sering mengirimkan promosi melalui SMS

SMS atau Short Massage Service adalah fasilitas pengiriman pesan yang telah digunakan secara maksimal oleh pengguna handphone. Bahkan bisa dipastikan bahwa siapa saja yang memiliki handphone maka ia pun dapat mengoperasikan SMS. Namun, siapa sangka ternyata SMS ini pun dimanfaatkan oleh kalangan penipu online. Biasanya mereka (penipu) mengirimkan SMS berkali-kali dengan menawarkan produk-produk super murah seperti handphone, laptop, dan elektronik lainnya.

Barangkali anda bertanya-tanya ketika mendapatkan SMS tersebut. Darimana mereka mendapatkan nomor anda?. Jawabannya adalah tidak begitu sulit untuk mengacak nomor handphone. Dan ketika anda mendapatkan SMS tersebut berarti kebetulan nomor yang diacak tersebut adalah nomor anda. Penipu yang berpengalaman tidak mengirimkan 100 SMS saja akan tetapi lebih dari 1000 SMS. Harapannya adalah dari 1000 SMS yang tersebar ada kurang lebih 10% orang yang terkena tipu. Tentu hal ini pun sudah membuat penipu untung.

  • Penipu memanfaatkan website gratisan

Meskipun saat ini adalah era digital yang mana semua hal bisa dilakukan secara online. Akan tetapi kemudahan tersebut telah menjadi lumbung padi bagi para penipu. Para penipu memiliki perkiraan yang cerdas yaitu tidak semua masyarakat di Indonesia khususnya paham dengan website. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para penipu. Maka mereka pun membuat website atau domain gratisan bahkan berbayar.

Bagi masyarakat yang tidak mengerti domain atau website tentu hal tersebut bisa menipunya. Namun, sebenarnya untuk memahami apakah suatu website teridentifikasi penipuan atau tidak itu bisa anda lihat dari konten website tersebut. Ciri-ciri website penipuan adalah seperti www.kameramurah.blogspot.com, www.undiantelkomsel.wordpress.com dan lain sebagainya. Intinya adalah suatu website terindikasi penipuan jika anda merasa diminta untuk membayar biaya-biaya tertentu di awal transaksi. Jika sudah demikian maka anda harus berhati-hati. Atau jika toko di website tersebut tidak memiliki alamat yang jelas pun anda harus berhati-hati.

waspada kejahatan di media sosial

  • Penipu mengandalkan pembayaran di awal transaksi

Untuk ciri-ciri yang satu ini memang bukan ciri-ciri penipuan yang mutlak. Sebab, saat ini banyak toko online yang justru menggunakan metode pembayaran di awal transaksi. Artinya, bayar dulu baru akan dikirimkan barangnya. Akan tetapi syarat ini juga seringkali digunakan oleh penipu di website. Jika anda menemukan website yang meragukan maka segera tinggalkan website tersebut. Namun, jika anda mendapati website yang terlihat seperti profesional namun memaksa anda untuk membayar di awal transaksi maka anda harus segera curiga. Sebab, pada toko online tidak ada pemaksaan dalam pembayaran. Atau jika anda ingin benar-benar mentransfer uang maka catat terlebih dahulu data pemilik bank tersebut. Jika mereka tidak menggunakan rekening bersama maka anda pun harus lebih hati-hati. Sebab, rekening bersama seringkali dimanfaatkan untuk penipuan karena sulit untuk dilacak pemiliknya.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *