Ketahui Etika Menggunakan Media Sosial Supaya Lebih Dihormati - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Teknologi / Ketahui Etika Menggunakan Media Sosial Supaya Lebih Dihormati

Ketahui Etika Menggunakan Media Sosial Supaya Lebih Dihormati

Kehidupan dalam media sosial sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kehidupan bersosial pada umumnya. Di dalamnya terdapat peraturan dan tata cara berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya. Berbagai jenis karakter manusia terdapat di dalamnya. Mulai dari orang yang baik, pura-pura baik, kurang baik hingga jahat pun ada dalam media sosial. Untuk itu, ketika kita aktif di media sosial seharusnya tetap menaati rambu-rambu sosial yang ada. Bahkan jika anda seorang yang beragama tentu peraturan agama itu pun harus selalu dijaga dalam bersikap dalam media sosial.

etika bersosial media

Adab atau akhlak dan sopan santun itulah yang harus dikedepankan dalam bersosial di media sosial internet. Seseorang dapat dinilai dari tindakannya. Termasuk tindakan dalam media sosial sekalipun. Mulai dari penampilan foto yang diupload, artikel atau status yang diposting hingga komentar-komentar yang anda tuliskan pun mencerminkan pribadi anda.

Dan berikut ini adalah tips atau tata krama dalam menggunakan media sosial. Tujuannya adalah agar diri anda dinilai positif oleh orang lain.

  • Memahami Peraturan Pemerintah

Hal yang paling mendasar sekali sebenarnya adalah syariat agama. Namun, jika anda sudah mengetahui syariat agama selanjutnya adalah memahami peraturan pemerintah. Sebab, dalam dunia informasi atau dunia online, terdapat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yaitu BAB BII pasa 27 ayat 1 sampai 4 dan pasal 28.

Dalam undang-undang tersebut dijelaskan tentang peraturan tindak kesusilaan, perjudian, penghinaan, dan/atau pencemaran nama baik, pemerasan dan/atau pengancaman, Hoax atau berita bohong, dan juga masalah suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Semua yang tercantum di atas adalah dilarang dan barangsiapa melakukannya akan dikenakan sanksi.

Bagi pengguna media sosial, terutama yang pemula tentu wajib mengetahui dan memahami hal tersebut. Agar dalam berinteraksi di media sosial tidak menimbulkan dampak yang negatif terhadap orang lain.

  • Menggunakan Foto Profil Asli

Jangan sembunyi di balik tempurung. Peribahasa sederhana tersebut mencerminkan bahwa seluruh tindakan anda harus dipertanggungjawabkan. Termasuk di media sosial. Apabila anda sudah berniat aktif di media sosial dan ingin orang lain mengenal anda dengan baik maka yang harus dilakukan ialah menggunakan foto profil asli. Memang, saat ini banyak yang menggunakan foto profil tidak asli. Namun, tindakan yang demikian justru akan merugikan diri sendiri.

Adapun adab dalam memasang foto profil adalah menggunakan foto yang resmi atau semi resmi. Yang penting tidak mengundang tindak kejahatan. Anda bisa memasang foto anda yang sedang berjilbab (bagi perempuan), atau anda bisa juga memasang pas foto resmi. Intinya adalah sebisa mungkin foto yang anda pajang tersebut tidak menimbulkan tanda tanya bagi orang lain.

  • Menjaga Kesopanan dalam Berbicara

Dalam media sosial memang tidak merekam suara anda. Namun, pikiran dan bahasa anda akan terangkum dalam sebuah tulisan atau yang lebih dikenal denga status. Status yang anda buat di media sosial sebenarnya sudah mewakili pikiran anda. Untuk itu, agar diri anda tidak menjadi negatif di mata orang hal yang harus anda lakukan adalah memikirkan terlebih dahulu apa yang akan anda tulis di stasus.

Bahkan, sebisa mungkin status yang anda buat seharusnya bermanfaat bagi orang lain. Baik itu status tentang hasil bacaan buku, atau hasil pemikiran. Dan sebisa mungkin selalu hindari status yang menimbulkan polemik atau status yang tidak disukai oleh orang lain.

Begitu pula dalam berkomentar. Komentar yang mencerminkan pribadi yang beradab adalah komentar yang selalu membawa solusi untuk kebaikan. Bukan komentar yang justru dapat memperkeruh suasana.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *