Ketahui Sejak Dini Penyebab Bisnis Anda Bangkrut
Wednesday , July 26 2017
Home / Bisnis / Ketahui Sejak Dini Penyebab Bisnis Anda Bangkrut

Ketahui Sejak Dini Penyebab Bisnis Anda Bangkrut

Rugi adalah tantangan yang paling mengerikan bagi para pebisnis. Suatu usaha baik yang telah berjalan lama atau pun masih baru hampir tidak tahu kapan ia akan merugi. Kerugian dalam bisnis itu ibarat musibah yang bisa menerpa siapa saja dan kapan saja. Solusinya hanyalah satu yaitu bagaimana cara menyikapi kerugian tersebut atau bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mengantisipasi agar kerugian tidak datang dan tidak berdampak begitu besar bagi bisnis.

Apabila kerugian yang dialami seorang pengusaha itu hanya sedikit mungkin hal ini tidak akan begitu berdampak bagi keberlangsungan usaha. Yang berbahaya adalah ketika kerugian tersebut datang dengan cara yang tiba-tiba dengan skala yang sangat besar. Kondisi seperti inilah yang identik dengan yang biasa disebut bangkrut atau gulung tikar. Usaha yang bangkrut tentu bisa dipastikan akan mengalami kerugian yang sangat besar bahkan biasanya keadaan ini membuat seorang pengusaha trauma untuk melanjutkan bisnisnya.

Nah, agar anda tidak mengalami kerugian dalam berbisnis alangkah baiknya jika anda mengetahui beberapa penyebab kerugian sebagaimana berikut:

  • Terlalu banyak hutang yang tidak terencana dengan baik

Dalam menjalankan suatu usaha berhutang merupakan hal yang biasa dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melancarkan jalannya suatu bisnis. Bahkan, bisa dipastikan bisnis-bisnis yang skala besar pun tidak akan pernah lepas dari yang namanya hutang. Namun, banyak hutang ternyata bisa membuat suatu bisnis merugi apabila hutang tersebut tidak diatur secara rapi.

Hutang yang mengakibatkan kerugian adalah hutang yang bersifat konsumtif. Padahal, berhutang dalam bisnis itu seharusnya digunakan untuk mengembangkan bisnis dan bukan untuk dihabiskan yang bersifat konsumtif. Dengan berhutang usaha anda akan terbantu, khususnya dalam hal permodalan. Sebab tidak semua pengusaha memiliki modal yang cukup dalam proses pengembangan bisnisnya.

Hutang bisa menjadi solusi tepat bagi pebisnis karena dengan berhutang anda bisa mendapatkan modal segar dalam waktu yang singkat. Dengan catatan anda harus tahu orang atau sumber yang tepat untuk dipinjami modal. Biasanya, sumber pinjaman yang relatif aman adalah berhutang ke saudara, teman, dan bank. Akan tetapi anda harus benar-benar memperhitungkan semua poin beban dan resiko yang akan anda hadapi nantinya.

  • Terlalu Nekat dalam berbisnis

Nekat dalam berbisnis juga sebenarnya bagus juga. Bahkan banyak motivator bisnis yang menganjurkan untuk nekat dalam membangun bisnis. Akan tetapi mental terlalu nekat dalam berbisnis ini justru akan menjadi bomerang bagi anda ketika anda tidak mampu mengontrol mental tersebut.

Ketika seorang pengusaha tidak mampu mengarahkan emosi nekatnya ke arah yang lebih baik hal itu justru akan berdampak pada kebangkrutan. Sikap nekat akan dapat mengantarkan pebisnis ke arah kesuksesan ketika hal itu dikemas dalam strategi bisnis yang rapi dan terarah. Semua langkah dalam bisnis harus benar-benar terpikirkan dan terencana secara matang sekaligus dengan resikonya.  Yang harus diingat bahwa sikap nekat bukanlah satu-satunya kesuksesan tapi strategi.

  • Kurang Bijak dalam menyikapi kondisi bisnis

Suatu bisnis tidak selamanya akan untung dan tidak selamanya juga akan merugi. Kadang kedua kondisi tersebut selalu datang bergantian. Akan tetapi sangat mungkin kondisi merugi tersebut justru menjadi hal yang positif dan segera berbalik kepada kesuksesan. Yang terpenting adalah seorang pengusaha harus cerdas dalam menyikapi kondisi apapun. Pengusaha harus siap dalam untung maupun rugi.

Ketika ada konsumen yang memberi masukan terhadap usaha anda maka sebaiknya anda membuka pikiran dengan lapang dada. Artinya, jika adan kritik atau saran meskipun itu pedas sebisa mungkin anda menahan emosi yang menerimanya sebagai masukan. Sikap inilah yang akan mengantarkan anda pada pengembangan bisnis.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *