89 / 100 SEO Score

Khasiat bawang putih untuk kesehatan tidak dapat diragukan lagi. Bawang putih memiliki nama latin Allium Sativum. Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Masyarakat Babylonia 3000 tahun sebelum Masehi memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Di Mesir Kuno, budak yang dipekerjakan membangun piramida diberi ransum bawang putih sebagai suplemen penambah tenaga dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Di Cina, bawang putih dikenal sebagai obat rematik atau asam urat. Saat itu, bawang putih dikonsumsi dengan cara dikunyah, terutama bawang putih tunggal atau bawang putih laki.

Ribuan tahun yang lalu manusia telah mengenal bawang putih sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan penyedap masakan dan juga sebagai obat tradisional.

Di Indonesia, bawang putih dikenal sejak kedatangan para pedagang dari India, Cina serta Asia Tengah. Awalnya, mereka memperkenalkan makanan mie bakso dan cap cay. Sejak itu masyarakat Indonesia gemar menggunakan bawang putih sebagai bahan memperkaya cita rasa makanan. Mayoritas makanan khas Indonesia pasti menggunakan bawang putih sebagai bahan dasar masakan.

Selain dijadikan bahan makanan, bawang putih di Cina juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Diantara jenis penyakit yang bisa diobati menggunakan bawang putih yaitu penyakit lambung seperti maag, usus yang luka, luka gigitan serangga berbisa, infeksi atau gatal-gatal pada kulit, infeksi pernafasan (asma), mengurangi tanda penuaan dini, serta menguatkan otot-otot tubuh.

Khasiat bawang putih menurut pakar kesehatan

Khasiat Bawang Putih Goreng Untuk Wanita

Bawang putih merupakan tanaman obat tradisional yang memiliki banyak khasiat. Bagian utama bawang putih yang memiliki manfaat sebagai obat ialah bagian umbi. Banyak penelitian telah dilakukan oleh ilmuwan untuk mengetahui potensi manfaat dari bawang putih.

Menurut penelitian John Gunn MD bawang putih merupakan obat yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit batuk dan penyakit saluran pernafasan. Disamping itu, umbi bawang putih juga dapat menyembuhkan penyakit cacingan pada anak.

Bahkan, Pouillard seorang ilmuwan Perancis menemukan hasil penelitian bahwa bawang putih berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan typhus.

Para ilmuwan di bidang farmasi menemukan bahwa bawang putih memiliki khasiat sebagai antidiabetes, antihipertensi, antiagregasi trombosit, antikolesterol, antivirus, antikanker, mikrobia, pemacu fibrinolysis, dan anti-oksidan.

Zat antioksidatif yang didapatkan dari ekstrak umbi bawang putih berkhasiat untuk meningkatkan enzim protektif yaitu superoksida dismutase, glutation peroksidase pada sel pembuluh darah, dan katalase.

Kandungan zat kimiawi pada umbi bawang putih

Khasiat Bawang Putih Dan Madu Untuk Wanita,

Bawang putih mampu tumbuh pada ketinggian 700 – 1000 meter di permukaan air laut. Sedangkan lingkungan yang paling cocok yaitu 15-25 derajat celcius. Tapi, bawang putih tetap mampu tumbuh pada suhu 27 hingga 30 derajat celcius.

Bawang putih adalah jenis tanaman semusim yang berbentuk rumput dan memiliki tunas-tunas batang dapat berubah menjadi umbi kecil atau umbi lapis. Umbi bawang putih adalah batang semu yang dapat berfungsi menjadi tempat penyimpanan makanan cadangan.

Kandungan gizi bawang putih sangat bervariasi sesuai dengan jenis serta bagian bawang yang dimakan. Kandungan gizinya juga sangat ditentukan oleh kondisi pertumbuhan, waktu panen, serta cara mengolah tanaman tersebut.

Berikut ini adalah kandungan gizi pada 100 gram bawang putih.

Khasiat Bawang Putih Dan Madu Untuk Kesehatan

Adapun menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan Republik Indonesia, bawang putih memiliki kandungan zat sebagai berikut:

Khasiat Bawang Putih Tunggal, Khasiat Bawang Putih Bakar

Sedangkan menurut United States Departement of Agriculture, tanaman bawang putih mengandung berbagai zat sebagaimana berikut:

Khasiat Bawang Putih Dan Madu Untuk Pria
Khasiat Bawang Putih Mentah

Bawang putih dikenal sebagai tanaman yang memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat bagi tubuh manusia dan untuk tanaman lainnya. Diantara kandungan kimiawi bawang putih yaitu zat hara belerang, kalsium, zat organik lemak, fosfat, besi, protein, Vitamin A, B1, C, insektisida serta zat fungisida.

Bawang putih juga memiliki komponen aktif yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Diantara komponen aktif tersebut adalah sebagai berikut:

Alllicin

Allicin mampu membunuh bakteri dalam tubuh dan juga sebagai obat antiradang.

Garwitch rays

Zat ini mampu merangsang pertumbuhan pada sel tubuh serta mampu meremajakan semua sel dan fungsi tubuh.

Sugar Regulating factor

Zat ini berguna sebagai pengobatan dan menyembuhkan penyakit diabetes.

Germanium

Germanium merupakan zat mineral anti kanker yang mampu menghambat serta memusnahkan sel-sel kanker.

Scordidin

Scordidin mampu meningkatkan pertumbuhan tubuh, menyembuhkan penyakit kardoivaskuler serta meningkatkan energi.

Antioksidan

Antioksidan mampu berfungsi sebagai anti racun dan membersihkan darah serta berfungsi sebagai antialergi pada kulit dan juga memperkuat daya tahan terhadap penyakit asma.

Antihaemolitytic factor

Zat ini mampu mencegah terjadinya kerusakan pada sel darah merah.

Selenium

Selenium mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga mampu menghindari terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Zat ini juga mampu menjadi antioksidan untuk mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh serta mampu memperlambat proses penuaan dini.

Khasiat bawang putih untuk mencegah berbagai macam penyakit

Bawang putih memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa daftar khasiat bawang putih untuk kesehatan dan untuk mencegah penyakit:

1. Khasiat bawang putih untuk jantung

Khasiat Bawang Putih Dan Madu Untuk Ibu Hamil

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting bagi metabolisme tubuh. Otot jantung tidak pernah berhenti istirahat, berbeda dengan otot tubuh yang lainnya. Otot pada jantung bekerja siang dan malam memompa darah ke organ paru-paru. Pada paru-paru, darah akan mengambil zat oksigen untuk kemudian dibawa ke organ lainnya.

Apabila organ jantung berhenti maka manusia akan meninggal dalam waktu cepat. Organ vital tersebut sangat bergantung pada oksigen yang melewati pembuluh arteri coroner. Penyempitan pembuluh arteri dapat terjadi seiring bertambahnya usia.

Jika penyempitan pembuluh darah coroner melebihi Batasan maka oksigen dan aliran darah dapat terhalang. Sebagai akibatnya, jantung akan kekurangan oksigen dan mengalami pelemahan.

Di negara Jerman, para pegiat pengobatan konvensional secara rutin memberikan resep suplemen bawang putih guna mengobati terjadinya penyempitan pada pembuluh arteri. Adapun di Inggris, suplemen tersebut dipercaya mampu memberikan manfaat langsung bagi kesehatan jantung.

Secara umum, bawang putih memiliki khasiat menyehatkan jantung sebagai berikut:

Prof. Edzard Ernst, seorang professor ilmu kedokteran alternatif di Universitas Exeter menyimpulkan bahwa seseorang harus mengonsumsi obat-obatan yang sangat banyak hanya untuk merasakan khasiat bawang putih. Bawang putih tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh karena tidak menimbulkan efek samping apapun.

2. Khasiat bawang putih untuk penyakit kanker

Cara Makan Bawang Putih Mentah

Menurut penelitian yang dilakukan Cina pada tahun 1986 terbukti bahwa masyarakat yang mengonsumsi bawang putih secara intensif mampu memperkecil kemungkinan seseorang menderita penyakit kanker. Perbandingannya adalah 3 : 100 ribu orang.

Kandungan bawang putih terbukti mampu melemahkan sel tumor. Von Euler dan Lindman membuktikan bahwa zat aliin mampu menghambat pertumbuhan sel tumor. Zat sulfur yang sangat tinggi pada tanaman bawang putih mampu memberikan pengaruh pada mekanisme detoksifikasi dengan mendukung kinerja ezin glutation peroksidase.

Peneliti di Pennsylvania membuktikan bahwa bawang putih mampu membunuh virus, bakteri, dan jamur serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mampu mengatasi penyakit kanker.

3. Khasiat bawang putih untuk mengobati jerawat

Jerawat seringkali dialami para remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Pada saat seseorang mengalami perubahan hormon. Bertambahnya hormon tersebut akan berakhir ketika seseorang mencapai masa aqil baligh.

Untuk membersihkan jerawat seringkali dokter merekomendasikan pasien untuk menggunakan cairan pembersih seperti antibiotic untuk menghilangkan jerawat. Jika tidak berhasil maka dokter akan diberikan perawatan jangka panjang menggunakan obat antibiotic.

Sebenarnya, jerawat pada wajah bias dihilangkan secara alami menggunakan bawang putih. Anda bisa membuat ramuan masker menggunakan bawang putih. Kemudian masker bawang putih tersebut anda oleskan pada muka setiap sebelum tidur.

Akan lebih baik lagi apabila masker bawang putih tersebut anda campur dengan madu. Cairan bawang putih dan madu sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Penutup

Itulah penjelasan khasiat bawang putih untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Agar hidup anda lebih sehat upayakan anda selalu menambahkan bawang putih setiap masak. Karena kandungan bawang putih mampu menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Dan jika anda ingin melakukan perawatan luar maka anda bias menggunakan bawang putih sebagai masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *