Khasiat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Manusia - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Khasiat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Khasiat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Ibadah puasa merupakan ibadah yang sangat berharga. Bagaimana tidak, ibadah ini ternyata membawa manfaat yang begitu luar biasa baik bagi jasmani maupun rohani. Asalkan puasa diawali dengan niatan yang ikhlas dan dijalankan dengan penuh ketaqwaan maka ibadah puasa tidak akan siapa. Bahkan puasa bisa mempengaruhi kinerja jasmani dan rohani yang menjalankannya.

Agar ibadah puasa anda lebih khusyu’ dan lebih membawa manfaat maka tidak ada salahkan jika anda membaca ulasan tentang manfaat puasa secara garis besar. Berikut ini adalah beberapa aneka manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani:

  • Puasa Mampu Menenangkan Pikiran

Berpuasa juga dapat mempengaruhi kinerja otak. Orang yang berpuasa cenderung akan lebih rileks dibandingkan pada saat tidak berpuasa. Psikologi yang tenang tentu akan dapat mencegah tubuh terserang penyakit kronis. Ketika seseorang sedang dalam keadaan rileks dan tidak stres maka adrenalin akan mampu memberikan efek yang positif bagi tubuh. Misalnya, mencegah terbentuknya kolesterol serta kontraksi empedu. Hal ini dapat meminimalisir resiko munculnya penyakit pembuluh darah, otak, serta jantung koroner.

  • Puasa mampu mencerdaskan otak

Selain menjauhkan dari penyakit, puasa juga mampu mengasah pikiran lebih cerdas lagi. Sebab, pada saat manusia berpuasa maka pikiran akan menjadi lebih tenang. Kondisi yang demikian akan mampu mengoptimalkan kerja otak untuk memacu kecerdasan. Sebuah penelitian di University of Chicago menunjukkan bahwa kewaspadaan orang yang diteliti cenderung meningkat setelah mereka berpuasa selama tujuh hari. Ini artinya, puasa yang menimbulkan rasa lapas ternyata mampu membuat orang lebih waspada dalam menentukan sesuatu.

Banyak orang percaya bahwa puasa adalah cara diet secara alami. Anggapan tersebut bisa jadi benar. Sebab, puasa selalu berkaitan dengan makanan. Sedangkan diet adalah mengurangi porsi makan. Jika saat puasa seseorang mampu mengatur porsi makan maka hal itu baik bagi kesehatan. Obesitas atau kegemukan adalah salah satu alasan yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Dan ternyata puasa adalah cara yang alami untuk mencegah terjadinya obesitas. Sebab, saat berpuasa maka usus-usus dalam tubuh akan menjadi bersih dari sisa-sisa endapan makanan yang dikonsumsi. Sisa makanan yang mengendap inilah yang nantinya akan menjadi timbunan lemak di perut. Untuk itu, karena berpuasa mampu membersihkan sistem pencernaan maka puasa adalah solusi yang tepat bagi anda yang takut akan obesitas.

  • Puasa baik bagi kesehatan pembuluh darah

Pembuluh darah merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Sebab, pembuluh darah inilah yang akan mendistribusikan darah kepada seluruh organ tubuh yang ada. Terutama sekali adalah jantung. Organ jantung sangat berkaitan dengan pembuluh darah. Dan jantung adalah organ yang paling inti dari tubuh manusia. Bahkan, penyakit yang menyerang jantung cenderung lebih ditakuti oleh mayoritas masyarakat daripada sakit pada organ lainnya.

Menurut penelitian Chronobiological, orang yang berpuasa akan membawa dampak positif bagi kerja jantung. Pada saat berpuasa jantung akan mempengaruhi peningkatan HDL dan penuruhnan LDL. Hal ini tentu sangat bagus bagi pembuluh darah dan kerja jantung.

  • Puasa mencegah penyakit mental

Otak manusia merupakan organ yang sangat vital. Dengan otak inilah manusia mampu mengontrol kinerja fisiknya. Di dalam otak sebenarnya terdapat sel yang berfungsi untuk membersihkan otak. Dengan adanya sel tersebut maka otak akan menjadi lebih maksimal dalam berpikir. Sel yang dikenal dengan istilah Neulogliar Cells tersebut akan bekerja memakan sel-sel neuron yang mati. Sehingga hal tersebut akan berdampak pada mental seseorang yang berpuasa. Dr. Ehret, seorang ilmuwan ahli kejiwaan mengatakan bahwa “beberapa hari berpuasa akan membawa dampak pada kesehatan fisik seseorang, dan juga memberikan kesehatan mental”. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimail maka puasa hendaknya dilakukan selama 1 bulan penuh.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *