Khasiat Susu Murni Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

Inilah makanan pertama setiap makhluk mamalia yang baru lahir, tak terkecuali manusia. Bayi, di enam bulan pertama kehidupannya, bertumbuh dan berkembang hanya dengan mengandalkan Air Susu Ibu (ASI), tanpa makanan pendamping lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena super lengkapnya kandungan gizi di dalam ASI. Lalu, bagaimana dengan susu dari hewan lain yang dikonsumsi oleh manusia?

Dalam surah Al-Mukminun ayat 21, Allah SWT menegaskan tentang manfaat susu yang berasal dari dalam perut binatang, serta sifatnya yang bersih di antara kotoran dan darah. Susu, dari manapun asalnya, sama-sama memiliki komposisi gizi alami yang menakjubkan, sehingga tak ada keburukan jika seorang anak manusia mengonsumsi susu dari hewan mamalia, karena Allah telah menegaskan kebaikannya di dalam ayat-Nya.

Susu hewan yang terbaik adalah susu yang baru diperah dan berasal dari hewan ternak yang muda, sehat, dan dipelihara atau dirawat dengan baik. Susu segar ini sudah bisa dikonsumsi setelah anak berusia 1 tahun keatas. Kenapa? Karena susu segar memiliki kadar natrium dan protein yang lebih tinggi dibanding ASI, sehingga dalam pengonsumsiannya diperlukan fungsi ginjal yang telah sempurna, yaitu pada anak di atas usia 1 tahun. Sempurna yang dimaksud di sini adalah ginjal sudah dapat membuang sisa metabolisme berupa kelebihan protein dan natrium di dalam tubuh.

Kenapa susu baik dikonsumsi, terutama oleh anak-anak? Hal ini tak lepas dari kandungan kalsium di dalam susu yang cukup tinggi, dan sangat mudah diserap oleh tubuh manusia. Selain asupan kalsium yang diperlukan bagi tulang, anak juga mendapatkan zat besi, protein, mineral, dan vitamin dari susu untuk mendukung kesehatan tubuhnya. Susu juga kaya akan laktosa sebagai salah satu sumber energi yang diperlukan untuk perkembangan otak di 2 tahun pertama kehidupan anak. Dan, berdasarkan sebuah hasil riset, anak yang mengonsumsi susu mempunyai postur tubuh lebih tinggi dibanding anak yang tidak mengonsumsi susu. Hal ini terkait dengan kandungan kalsium, vitamin D, dan IGF-1 (Insulin Growth Factor – 1) pada susu

Susu segar sebelum dikonsumsi oleh manusia harus melalui proses teknologi pasteurisasi (produknya disebut susu pasteurisasi) atau sterilisasi (produknya disebut susu steril). Pada teknologi pasteurisasi, susu diberi perlakuan panas sekitar 72 – 75 0C selama 15 detik, yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. Sedangkan susu steril adalah produk susu cair yang dipanaskan pada suhu tidak kurang dari 100 0C selama waktu yang cukup untuk mencapai keadaan steril komersial, dan biasanya dikemas secara kedap (hermetis). Susu yang telah disterilkan dapat disimpan di suhu ruang dan mempunyai umur simpan cukup lama (sekitar 9 bulan sampai 1 tahun).

Kemudian, bagaimana memilih susu segar terbaik untuk anak? Selain air, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D. Meski begitu, nilai atau kadar masing-masing zat gizi ini bisa bervariasi, tergantung pada jenis pengolahan yang dilakukan dan apakah dilakukan fortifikasi (penambahan zat gizi) pada susu tersebut. Pada susu segar, misalnya, kandungan zat besi dalam susu segar cukup rendah atau hampir tidak ada, sehingga anak mungkin tidak bisa mengandalkan kecukupan zat besi dari konsumsi susu saja, melainkan harus memenuhinya dari sumber makanan lainnya. Susu segar juga harus mempunyai kandungan lemak minimal 3% dan kandungan padatan bukan lemak (protein, karbohidrat, vitamin larut air, dan mineral) sebanyak minimal 8%.

Yang perlu diingat adalah bahwa susu bukanlah makanan utama, sehingga tetap ada batasan dalam mengonsumsinya. Untuk anak-anak, jumlah yang direkomendasikan adalah sekitar 400 – 600 ml per hari, dengan batas maksimal 720 ml per hari. Lebih dari itu, susu justru bisa memberi dampak tak baik, seperti kegemukan, karena tingginya kalori di dalam susu segar.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.