Inilah Khasiat Teh Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Posted on

Minuman teh tentu bukan suatu hal yang asing bagi orang Indonesia. minuman teh biasanya seringkali dinikmati saat pagi dan sore hari. Banyak orang yang suka mengonsumsinya tapi sedikit orang yang tahu akan khasiatnya. Teh di Indonesia khususnya memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah teh hitam. Teh secara mendasar tidak berakibat buruk bagi tubuh. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan tetap saja akan berdampak kurang baik bagi tubuh.

Teh hitam merupakan teh yang berjenis Camellia Sinensis. Untuk mendapatkan teh hitam  maka  daun teh yang telah dipetik harus dibiarkan hingga berubah warna menjadi cokelat. Perubahan tersebut dapat terjadi karena adanya proses oksidasi yang sempurna. Dengan proses inilah rasa serta warna yang khas yaitu hitam didapatkan dengan baik. Proses ini berbeda dengan proses teh hijau yang mana teh hijau menganjurkan daun teh yang telah dipetik segera dikeringkan dan dikukus atau steam secara langsung setelah daun teh dipetik.

Khasiat Teh Hitam

Meskipun khasiat teh hitam yang secara spesifik belum terbukti secara medis akan tetapi banyak pakar kesehatan yang meyakini bahwa teh hitam memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat tersimpan dari teh hitam.

  • Teh hitam berkhasiat untuk meringankan risiko tekanan darah rendah
  • Teh hitam mampu meningkatkan kemampuan otak ketika belajar untuk mengingat suatu informasi
  • Teh hitam bermanfaat mencegah terbentuknya batu ginjal
  • Teh hitam bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung serta penyempitan pembuluh darah dan juga serangan jantung
  • Teh hitam mampu mencegah terjadinya penyakit parkinson
  • Teh hitam mampu memperkecil risiko terbentuknya kanker ovarium
  • Dan lain sebagainya

Pakar kesehatan mempercayai khasiat teh hitam untuk kesehatan dengan berbagai alasan. Alasan paling mendasar adalah sebab teh hitam mengandung polifenol. Zat polifenol sangat bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu membantu kekebalan sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, teh hitam juga mengandung katekin (catehchin) yang dapat membantu untuk mengatasi risiko kanker. Meskipun penelitian sedang berlanjut namun telah banyak yang merasakan khasiat dari teh hitam secara langsung.

Berapa dosis yang dianjurkan?

Untuk merasakan khasiat yang optimal, teh hitam harus dikonsumsi dengan dosis yang cukup atau tidak berlebihan. Sebab, di dalam teh hitam terkandung unsur kafein yang mana apabila dikonsumsi secara berlebihan akan dapat berakibat buruk bagi tubuh. Ukuran 230 ml teh atau setara dengan satu cangkir normal dapat mengandung kurang lebih 14 hingga 70 mg kafein. Untuk itu sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi teh hitam lebih dari 4 hingga 5 cangkir per harinya.

Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa anda kelebihan kafein di antaranya adalah merasa gelisah, sakit kepala, mual dan muntah, bernafas cepat, sulit untuk tidur, jantung berdetak tidak teratur dan lain sebagainya. Apabila anda mengalami hal ini maka hentikan konsumsi teh hitam dan segera konsultasi ke dokter.

Cara Menyajikan teh hitam yang tepat

Agar teh hitam mampu memberikan manfaat bagi tubuh maka sebaiknya anda pun tahu cara menyajikannya secara tepat. Untuk menyajikan teh hitam anda memerlukan kurang lebih 2,25 gram atau kurang lebih satu sendok teh. Kemudian campurkan teh tadi dengan air 180 ml. Akan lebih baik lagi apabila teh hitam direbus dengan air yang mendidih selama 4-5 menit.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.