Kuasai 2 Strategi Ini Jika Ingin Sukses Dalam Berbisnis
Wednesday , July 26 2017
Home / Bisnis / Kuasai 2 Strategi Ini Jika Ingin Sukses Dalam Berbisnis

Kuasai 2 Strategi Ini Jika Ingin Sukses Dalam Berbisnis

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah menguasai strategi. Dengan strategi tersebut langkah demi langkah dalam berbisnis akan lebih terarah. Sehingga perjalanan bisnis tidak akan mudah berubah arah meskipun terjadi kegagalan di tengah perjalanan. Strategi dalam berbisnis itu ibarat rute jalan. Apabila rute perjalanan sudah ditentukan sekaligus dengan segala tindakan dan resikonya maka berbisnis akan terasa lebih mudah.

Strategi merupakan kunci sukses yang tidak dapat digantikan dengan yang lain. Sebab, kesuksesan sangat terikat dengan strategi yang akan memandu anda dalam menjalankan bisnis. Dalam berbisnis tidak ada yang namanya sukses secara instan. Semua perjalanan bisnis tentu akan mengalami suatu proses yang selalu mewarnai perjalan bisnis seseorang.

Paling tidak ada dua strategi utama yang perlu anda kuasai jika anda ingin sukses dalam berbisnis. Berikut ini adalah tipsnya:

Tentukan Keunggulan Produk

Strategi yang pertama yang perlu anda lakukan dalam berbisnis adalah menentukan keunggulan produk. Sebuah bisnis tentunya memiliki produk yang akan dijual meskipun bisnisnya berbentuk jasa maka jasa itulah produknya. Hal yang perlu diperhatikan oleh pengusaha dalam berbisnis adalah menentukan keunggulan produk yang akan dijual.

Strategi ini biasa disebut dengan istilah product leadership (keunggulan produk. Dalam menerapkan strategi ini anda dituntut untuk memperhatikan kualitas bisnis yang anda lakukan. Misalnya, dengan menciptakan produk-produk yang berkualitas unggul. Produk yang memiliki nilai lebih seringkali lebih mendapat tempat di hati pembeli. Bisnis yang selalu one step ahead daripada produk bisnis lainnya tentu akan banyak mendatangkan pelanggan dibandingkan bisnis yang produknya biasa-biasa saja. Oleh sebab itu, terkadang ide produk yang unik biasanya bernilai lebih mahal jika dibanding dengan bisnis dengan ide produk yang biasa-biasa saja.

Untuk menciptakan keunggulan suatu produk tentu diperlukan biaya yang tidak sedikit. Keunggulan suatu produk bisa dilihat dari jenis idenya sebab tidak banyak pengusaha yang memiliki kemampuan nalar bisnis di luar hal yang biasa. Untuk mendapatkan keunggulan produk anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kecuali anda memiliki ide bisnis yang benar-benar unggul sejak awal.

Di antara bisnis yang sangat memperhatikan keunggulan produk adalah pengusaha mobil BMW dan Ferrari. Dua produsen otomotif tersebut selalu menciptakan produk yang sangat legendaris bahkan sangat menawan jika dibanding dengan produk mobil lainnya.  Dari produk yang mewah tersebut tentu terlihat harga yang tidak biasa. Mereka yakin bahwa pelanggan akan rela mengeluarkan dana sebesar apapun demi membeli produk yang benar-benar unggul. Maka tidak heran penjualan kedua mobil tersebut pun terus diburu oleh pecinta mobil mewah.

Ambil Hari Para Pelanggan

Strategi sukses dalam berbisnis yang kedua adalah mengambil hati para pelanggan. Mengambil hati pelanggan ini maksudnya adalah menjalin hubungan baik dengan mereka. Sebab pelanggan adalah aset yang tidak dapat dinilai dan tidak dapat digantikan dengan apapun. Sikap ramah dan lebih mengutamakan kepuasan pelanggan seringkali akan mampu mendongkrak hasil penjualan. Apapun jenis produk yang anda jual dan bagaimana pun sistem bisnis yang anda jalin baik online maupun offline, poin terpenting yang harus segera anda lakukan sejak awal adalah menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Pada tahap awal anda tidak perlu berhitung masalah keuntungan. Fokus pada menjalin komunitas pasar akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan selalu orientasi profit pada awal bisnis.

Pelanggan yang puas tentu akan selalu kembali pada produk yang anda jual. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibanding dengan pedagang lain tetapi anda mampu mengambil hati mereka maka mereka akan lebih memilih anda daripada ke orang lain. keuntungan lain yang akan anda dapatkan dari adanya hubungan baik ini adalah mereka (pelanggan) akan merekomendasikan produk yang anda jual meskipun anda tidak memintanya. Artinya, mereka akan menjadi agen rahasia ketika hati mereka sudah terikat dengan bisnis anda.

Bisnis yang unggul tidak melulu tentang modal besar. Ide yang sederhana pun bisa menjadi bisnis besar dengan syarat anda harus menciptakan sistem yang lebih unggul daripada orang lain. Dan untuk menarik pelanggan yang banyak anda bisa menciptakan sistem online atau toko online. Toko online saat ini bukan suatu hal baru. Tapi hal ini terbukti mampu menjaring pasar lebih luas daripada berjualan offline. Dengan memiliki toko online ini maka calon pasar anda akan lebih luas dan inilah kesempatan anda mengambil hati mereka.

Selain kedua strategi sukses di atas masih sangat banyak lagi yang lain. Intinya adalah jangan bosan berkreasi dan berinovasi dalam berbisnis.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *