Lakukan Hal Ini Segera Jika Anda Terkena Serangan Jantung - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Lakukan Hal Ini Segera Jika Anda Terkena Serangan Jantung

Lakukan Hal Ini Segera Jika Anda Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung bisa mulai secara perlahan yang ditandai dengan nyeri ringan atau adanya perasaan tidak nyaman di bagian jantung. Pada awal mulanya, orang tidak akan terlalu yakin apa yang salah dan biasanya menunggu lama untuk meyakinkan diri apa yang sebenarnya terjadi, dan akhirnya terjadi serangan jantung sebelum mendapatkan bantuan. Untuk itu, perlu dipahami bagaimana tanda-tanda orang yang akan mengalami serangan jantung. Serangan jantung utama atau infark miokard ditandai dengan:

  1. Biasanya dimulai dengan rasa sakit atau rasa tidak nyaman di tengah dada, dan berlangsung selama beberapa menit atau terus kembali. Rasa ketidaknyamanan tersebut seperti adanya tekanan, meremas, atau tertindih.
  2. Selain di dada, rasa sakit dan ketidaknyamanan tersebut dirasakan juga di lengan, bahu kiri, siku, rahang, atau punggung.
  3. Sulit bernafas
  4. Perasaan mual
  5. Perasaan pusing atau mau pingsan
  6. Keringat dingin
  7. Pucat
tips terhindar serangan jantung
Cara mengatasi serangan jantung

Setelah mengenali tanda-tanda demikian, maka penderita serangan jantung harus ditangani secara cepat yaitu diberi pengobatan terbaik dalam waktu satu jam setelah serangan jantung. Anda dapat juga meminta pertolongan pada orang sekitar untuk memanggil Ambulans atau berusaha menelpon dokter Anda.

Tipe serangan jantung lainnya yang lebih ringan yaitu Angina. Penyakit serangan jantung Angina yaitu ketika pembuluh darah tertutup sebagian sehingga terjadi penurunan aliran darah (tidak sampai berhenti), dan hal ini akan menyebabkan rasa nyeri pada dada. Rasa sakit atau nyeri dada ini akan berlangsung selama beberapa menit. Pemicu terjadinya Angina yaitu aktivitas fisik yang berlebihan, emosi yang kuat, stres, atau panas atau dingin yang ekstrim. Sama halnya serangan jantung utama, Angina juga dapat ditandai dengan rasa sakit yang menyebar ke lengan, punggung, rahang, leher dan perut. Orang yang memiliki Angina beresiko memiliki serangan jantung utama. Orang yang memiliki Angina harus sering memantau keadaannya. Angina semakin buruk ketika rasa nyeri dadanya:

  1. lebih sering terjadi,
  2. berlangsung lebih lama dari biasanya,
  3. diiringi dengan sesak nafas atau denyut jantung yang tidak beraturan.
  4. terjadi dalam jumlah kecil

Ketika terjadi serangan Angina, maka yang harus dilakukan yaitu menghentikan aktivitas dan beristirahat hingga rasa sakit berlalu. Jika Anda pernah berkonsultasi ke dokter dan diberi tablet, maka konsumsilah sesuai petunjuk dokter. Jika hal tersebut tidak membantu, maka Anda dapat menelpon ambulans atau dokter Anda. Lebih detilnya, tips yang harus dilakukan jika mengalami serangan jantung atau mendapati seseorang mengalami serangan jantung yaitu:

  1. Menelpon ambulans. Jangan menunggu gejala hilang baru menelpon ambulans.
  2. Duduk atau berbaring dan melonggarkan setiap pakaian ketat.
  3. Menenangkan diri dengan ambil nafas dalam-dalam. Kecemasan akan memperburuk serangan jantung.
  4. Mengambil obat anti nyeri dada seperti nitrogliserin karena obat ini dapat membuka pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu bekerja keras. Jika ada obat dari dokter, maka segeralah minum obat tersebut.
  5. Jika penderita tidak memiliki obat dokter, maka aspirin juga dapat dikonsumsi. Aspirin dapat mengurangi kemungkinan terjadi pembekuan darah.
  6. Bagi orang yang menemukan penderita serangan jantung, pertolongan dapat dilakukan juga dengan melakukan CPR dengan cara menekan dada penderita sebanyak 100x per menit. Selain itu, bisa juga memberi nafas buatan kepada penderita serangan jantung yang tidak sadarkan diri.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *