Lakukan Tips Berikut ini Agar Anda Aman dalam Berbisnis Online

0
26

Di era internet ini, banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk melakukan bisnis online termasuk masyarakat Indonesia. Pelaku bisnis online ini terdiri dari  merekayang sudah berpengalaman maupun yang baru terjun di bidang bisnis online. Sehingga, penipuan-penipuan yang terjadi di internet pun tidak dapat dihindarkan. Mereka yang mempunyai pengalaman pahit dalam berbisnis online harus dijadikan sebagai pelajaran bersama. Berikut ini beberapa tips aman berbisnis online:

  1. Bersikaplah skeptik

Yang dimaksud dari bersikap skeptik di sini adalah jangan mudah percaya dengan kata-kata di suatu website yang baru Anda temui. Apabila Anda menemui webiste yang menjanjikan iming-iming kaya mendadak, Anda harus bersikap hati-hati. Karena pada dasarnya, bisnis online tetaplah bisnis. Bisnis bukanlah suatu hal yang pasti, baik itu bisnis offline maupun bisnis online. Sebaliknya, jika website tersebut menyuruh Anda agar membangun aset terlebih dahulu dengan cara bekerja keras, mengeluarkan pikiran dan tenaga, maka Anda bisa mempercayainya.

Perhatikan juga pendiri dari website tersebut, apa latar belakangnya dan bagaimana orang memandangnya. Biasanya jika website tertentu terbukti menipu, banyak netizen yang berbagi pengalaman penipuan tersebut melalui blog, media sosial, atau website kepada para netizen lain. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk mengeluarkan uang Anda, coba cari dulu di search engine mengenai testimonial-testimonial netizen yang telah membeli/menggunakan jasa di website tersebut.

Namun Anda juga harus waspada terhadap testimonial-testimonial yang di pasang dalam website tersebut. Pastikan orang yang menulis testimonial tersebut merupakan real person bukan sekedar testimonial buatan. Lihat apakah ada alamat dan data yang jelas dari orang yang memberikan testimonial tersebut atau tidak.

 

  1. Pelajarilah segala jenis bisnis online

Sebelum Anda terjun ke dalam bisnis online, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu macam-macam bisnis online. Sehingga Anda jadi tidak mudah tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pihak-pihak tersebut biasanya memanfaatkan orang-orang yang awam akan bisnis di online. Banyak-banyaklah membaca tips-tips berbisnis online dan kisah-kisah sukses mereka yang berhasil dalam menjalankan bisnis online. Pelajari bagaimana mereka meraih kesuksesan tersebut.

  1. Fokuslah pada satu bisnis terlebih dahulu

Setelah Anda mencari informasi tentang jenis-jenis bisnis online, mungkin Anda akan bingung memilih mana yang cocok untuk Anda. Apapun pilihan Anda, sebaiknya Anda fokus dulu dalam satu macam jenis bisnis online. Jika ada orang lain yang menawarkan bisnis online yang lebih menguntungkan. Jangan langsung percaya. Sekali lagi, cek dan telusuri terlebih dahulu mengenai seluk-beluk bisnis online yang ditawarkan tersebut. Apabila Anda sudah yakin akan bisnis online yang akan Anda bangun, sebaiknya Anda tetap pada keyakinan Anda tersebut. Jangan berpaling pada bisnis-bisnis online lainnya, sekalipun bisnis tersebut tampak menggiurkan. Jika Anda berganti-ganti dalam berbisnis online, maka Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Sebaliknya, Anda akan mengalami kerugian atas biaya-biaya yang telah Anda keluarkan.

  1. Temukan mentor atau pembimbing yang tepat

Sebelum Anda mengeluarkan uang untuk membeli asset Anda seperti domain, hosting, dan sebagainya, sebaiknya Anda cari dulu mentor yang bisa membimbing Anda dalam menjalankan bisnis online yang benar. Mentor bisa didapatkan melalui online maupun di lingkungan sekitar Anda. Banyak komunitas-komunitas pebisnis online seperti komunitas SEO, komunitas marketing online, komunitas marketing online, dan sebangainya. Dengan menemukan mentor yang tepat, Anda bisa meminimalisir kerugian yang Anda buat. Selain praktek, tentu nasehat dan bimbingan mentor sangat berguna. Anda jadi lebih efektif dalam take action.

Semoga dengan menerapkan 4 langkah aman bisnis online di atas, cepat atau lambat Anda pasti akan mendapatkan hasilnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here