Lakukan Tips Traveling Aman di Luar Negeri Ini Sebelum Anda Mulai Perjalanan

Posted on

Saat merencanakan liburan ke luar negeri, biasanya Anda akan sibuk mempersiapkan seluruh kebutuhan seperti transportasi, akomodasi, hingga besaran biaya selama berada di sana. Namun, ada bebrapa hal penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu memperhatikan kemanan sejak dini sebelum keberangkatan. Tentu saja Anda ingin menikmati liburan di luar negeri secara tenang dan nyaman, kan? Berikut tips traveling aman saat Anda berlibur ke luar negeri yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat.

  1. Mempersiapkan asuransi perjalanan

Kita tidak akan pernah tau kondisi kapan akan sakit atau terjadi kecelakaan. Sebaiknya Anda segera mengurus asuransi. Namun yang perlu diketahui, tidak semua asuransi pribadi dapat membiayai biaya medis selama di luar negeri. Ada baiknya Anda segera mencari berbagai informasi mengenai asuransi perjalanan yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

  1. Cari dan simpan nomor-nomor telepon darurat

Jangan lupa mencari nomor-nomor telepon darurat yang akan dibutuhkan saat genting, seperti kantor polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran, kantor kedutaan terdekat, keluarga atau rekan terdekat. Jika sudah mendapatkan nomor-nomor tersebut, Anda bisa menyimpannya di smartphone atau kertas yang bisa dimasukkan ke dalam dompet dan tas.

  1. Simpan dokumen-dokumen penting dalam bentuk soft copy

Untuk mengantisipasi hilangnya dokumen-dokumen penting seperti passport, ktp, atau dokumen lainnya, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk soft copy. Agar saat terjadi kehilangan dokumen-dokumen penting tersebut saat liburan, Anda bisa lebih cepat mengurus penggantinya. Dengan menunjukkan file soft copy dari dokumen-dokumen tersebut, proses pembuatan file pengganti bisa menjadi lebih cepat.

  1. Memisahkan uang dengan kartu kredit

Sebaiknya jangan menyimpan uang dan kartu kredit di tempat yang sama. Simpan keduanya di tempat yang berbeda. Misalnya, Anda menyimpan uang di dalam dompet, sebaiknya kartu ATM dan kredit disimpan di tempat yang lebih aman. Hal ini untuk mengantisipasi jika dompet hilang, maka masih ada cadangan lainnya yang bisa digunakan.

  1. Mempelajari budaya yang ada di negara tersebut

Setiap negara memiliki budaya maupun norma yang berbeda-beda. Misalnya saja, di negara bagian Timur Tengah tidak boleh menggunakan pakaian yang terbuka. Sedangkan Amerika Serikat memiliki budaya yang sangat menjaga privasi setiap orang. Ketahui dan pelajari budaya dan norma negara yang akan dikunjungi. Jangan sampai salah bersikap, sehingga bisa menyinggung masyarakat sekitar.

  1. Jangan menyentuh hewan sembarangan

Bagi Anda yang menyukai binatang, sebaiknya tahan dan jangan menyentuh bahkan membelai-belai hewan selama berada di negara lain. Terutama pada hewan liar. Memang hal ini terkesan sepele, namun Anda tidak mengetahui bahwa mungkin saja hewan-hewan tersebut memiliki virus yang dapat menular. Sebaiknya jangan menyentuh untuk menjaga keselamatan Anda.

  1. Menjaga kesehatan selama berada di luar negeri

Sebaiknya Anda benar-benar menjaga kesehatan selama berada di luar negeri. Apabila Anda sakit dan harus dirawat di rumah sakit saat berada di sana, pasti akan sangat merepotkan. Anda harus meminum obat yang legal di negara asal Anda. Jadi Anda tidak bisa meminum obat secara sembarangan. Anda juga harus mengunjungi rumah sakit khusus yang telah disarankan oleh negara asal Anda.

Kelima hal di atas merupakan tips traveling aman saat berada di luar negeri. Jangan sampai melupakan hal-hal yang terkadang dianggap ‘sepele’ tersebut. Sebab hal-hal sepele seperti di atas terkadang malah bisa membahayakan Anda.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.