Langkah Strategis Mengatur Keuangan Keluarga Setelah Menikah

Posted on

Menikah merupakan pintu utama untuk membangun bahtera rumah tangga. Karena keindahan suatu pernikahan maka tidak heran apabila banyak sekali pasangan pria atau wanita mengidam-idamkan untuk segera menikah. Mereka ingin segera menjalin kehidupan bersama sang kekasih tercinta.

Akan tetapi banyak sekali pasangan pengantin muda yang justru terlena dengan kesenangan dan keindahan cinta sesama pasangan. Mereka lupa bahwa berkeluarga bukan semata-mata untuk bercinta. Lebih dari itu, berkeluarga juga memerlukan upaya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Pasangan suami istri harus cerdas dalam mengatur keuangan keluarga. Sebab jika keuangan tidak diatur secara cerdas justru akan menjadi bara api bertengkaran antara suami istri. Pengelolaan keuangan pada saat masih single atau bujangan dan setelah menikah tentu sangatlah berbeda. Saat bujang anda tidak perlu hawatir untuk menghidupi orang lain. Sementara ketika berkeluarga anda harus menafkahi pasangaan anda demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ada banyak kas keuangan yang harus disiapkan bagi pasangan yang baru menikah. Di antaranya adalah pengelolaan rekening tabungan bersama, asuransi, investasi, pendidikan anak dan lain sebagainya. Masalah keuangan memang seringkali menarik emosional pasangan. Tidak heran jika banyak sekali pasangan keluarga yang cerai dikarenakan uang. Sebaliknya, keberhasilan berkeluarga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dalam mengatur keuangan keluarga.

Dan berikut ini adalah beberapa langkah strategis yang mampu anda perhatikan dalam mengatur keuangan keluarga.

  • Mulai menabung sejak dini

Ketika anda mengawali pernikahan mungkin tabungan anda sudah habis untuk keperluan ini dan itu. Untuk itu, perlu kesadaran yang besar untuk segera memulai kembali menabung bersama pasangan anda. Jika anda sudah memiliki pekerjaan tetap maka itu sudah cukup menjadi modal awal dalam rencana menabung. Cukup sisihkan penghasilan anda selama 6 bulan sebagai persiapan dana darurat. Selain itu anda juga bisa merencanakan tabungan untuk investasi masa depan. Di samping itu anda juga perlu memikirkan perencanaan dana pensiun.

Sebisa mungkin, untuk tahap awal berkeluarga baik juga apabila rekening tidak dipisah. Artinya, anda harus bahu-membahu mengumpulkan uang secara bersamaan. Hal ini sangat baik untuk tahun-tahun pertama berkeluarga agar anda bisa merencanakan keuangan keluarga secara maksimal sehingga nantinya bisa mengisi tabungan keluarga.

  • Sebisa mungkin hindari hutang

Untuk tahap awal berkeluarga memang sulit untuk terhindar dari hutang. Meskipun demikian anda harus cerdas dalam menyikapi hutang. Jika memang terpaksa harus berhutang usahakan meminjam kepada keluarga, teman dekat, atau orang terdekat anda. Hal ini untuk meminimalisir resiko ketika nanti anda tidak mampu mengembalikan tepat waktu. Dan jika memang anda harus berhutang sebaiknya selalu dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan dan akan lebih baik jika hutang pun ditanggung bersama. Agar hutang tidak menumpuk anda harus benar-benar irit dalam mengkonsumsi suatu kebutuhan.

  • Buatlah prioritas pembelian

Salah satu aktifitas keluarga adalah belanja. Dan agar belanja anda bisa lebih hemat sebaiknya buatlah daftar prioritas belanja. Barang-barang yang primer sebaiknya anda data sebaik mungkin kemudian membelinya secara bertahap. Agar keuangan anda terkontrol sebaiknya tidak belanja sekali waktu dan langsung habis uangnya. Cicil kebutuhan keluarga dengan melengkapinya secara berkala. Hal ini akan meringankan beban keluarga dan anda pun masih bisa menabung.

  • Mulailah berinvestasi

Salah satu cara untuk hidup nyaman di masa depan adalah dengan investasi. Anda bisa memulai dengan investasi emas. Investasi emas ini tergolong mudah dan murah untuk dimulai. Anda bisa membeli emas mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram tergantung kemampuan. Intinya, jangan sampai uang penghasilan anda habis untuk konsumtif dan kebutuhan sehari-hari. Utamakan investasi agar anda bisa lebih nyaman menikmati kehidupan nantinya.

Selain langkah di atas tentu masih banyak lagi langkah strategis dalam mengatur keuangan. Silahkan anda bicarakan dengan pasangan anda untuk langkah terbaiknya. Buat kesapakatan terbaik agar hidup anda lebih baik dari segi finansial.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.