Alasan Larangan Minum Sambil Berdiri Dalam Islam - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / Alasan Larangan Minum Sambil Berdiri Dalam Islam

Alasan Larangan Minum Sambil Berdiri Dalam Islam

Minum sambil berdiri dilarang dalam Islam. Hikmahnya adalah agar tubuh menjadi sehat. Minum sambil berdiri bisa mendatangkan penyakit. Di mal atau pusat perbelanjaan, Anda pasti sering menemui orang yang membeli kopi atau minuman apapun, kemudian meminumnya sambil jalan. Entah karena alasan buru-buru, atau memang sudah jadi kebiasaan, mengingat semakin banyak gerai minuman dengan space sempit yang tak lagi menyediakan tempat duduk memadai bagi para pembelinya. Semua pembelian harus take away, alias dibawa.

Sekilas sepertinya tidak ada yang salah dengan cara minum seperti itu. Malah menyenangkan, karena praktis dan hemat waktu. Padahal, tahukah Anda kebiasaan ini justru berakibat tak baik bagi kesehatan. Seharusnya, air yang Anda minum, sebelum diserap masuk ke dalam tubuh, disaring terlebih dulu oleh sfringer, organ tubuh maskuler (berotot) yang dapat membuka dan menutup (menyebabkan air kemih dapat lewat).

Air yang diminum tersebut kemudian akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Nah, filter penyaring ini berada dalam posisi tertutup saat kita berdiri, sehingga air tak bisa masuk ke dalam ginjal untuk disaring. Nah, karena air langsung menuju ke kandung kemih tanpa disaring lagi oleh ginjal, akhirnya terjadi pengendapan pada saluran ureter. Sisa-sisa limbah yang mengendap di ureter ini kemudian dapat menyebabkan kristal di ginjal. Selain penyerapan cairan oleh tubuh menjadi tidak optimal, kesehatan ginjal Anda pun menjadi taruhannya.

Jika Anda mencermati, larangan minum sambil berdiri sudah ada sejak dulu. Orang tua zaman dahulu mungkin beralasan bahwa hal tersebut tidak sopan. Tapi, lebih dalam dari itu, bahkan agama Islam pun telah melarangnya dalam hadits riwayat Muslim yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: “Jangan kalian minum sambil berdiri, apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan,” lantas seorang sahabat yang bernama Qotadah bertanya, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab, “Itu lebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan Tirmidzi).

minum sambil berdiri dilarang

 

Ya, ternyata bukan hanya minum sambil berdiri yang sebaiknya tidak dilakukan, tapi juga makan sambil berdiri. Kenapa? Hal ini akan menyebabkan terjadinya refluks asam lambung, di mana asam lambung akan naik ke esofagus atau kerongkongan dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Selama ini, refluks asam lambung dianggap hanya terjadi pada orang-orang dengan penyakit maag. Memang, sih, salah satu gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit maag adalah refluks asam lambung. Tapi ternyata, Anda yang tak punya riwayat sakit maag pun bisa mengalaminya jika terbiasa makan sambil berdiri.

Pada saat berdiri, setiap  organ keseimbangan dalam saraf saraf sedang bekerja keras untuk mempertahankan semua otot tubuh agar tetap tegak. Hal ini menyebabkan tubuh Anda berada dalam kondisi tegang. Bayangkan jika Anda makan dan minum dalam kondisi tegang atau buru-buru, Anda tak bisa menikmati makanan atau minuman yang Anda santap. Anda pun berisiko tersedak. Dan kabar baiknya, pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan ternyata akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lambat. Ini artinya, Anda terhindar dari risiko kegemukan akibat kebanyakan makan.

Lalu, bagaimana jika makan dan minum sambil berdiri dilakukan karena keterpaksaan? Ya, sesekali Anda memang tak bisa berkelit dari kemungkinan untuk makan dan minum sambil berdiri, misal saat menghadiri standing party, atau ketika Anda memang terburu-buru harus pergi ke suatu tempat dan tidak punya waktu lagi untuk makan/minum selain di perjalanan. Rasulullah SAW pun pernah sekali minum sambil berdiri, tapi itu disebabkan oleh sesuatu yang menghalangi beliau untuk duduk, seperti penuh sesaknya manusia. Dan ini bukan merupakan kebiasaan beliau. Jadi, tidak apa-apa jika dilakukan dalam kondisi darurat, asalkan tidak menjadi kebiasaan.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *