Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Paru-Paru Yang Berbahaya
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Paru-Paru Yang Berbahaya
bahaya penyakit ginjal

Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Paru-Paru Yang Berbahaya

Macam-Macam Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peranan penting bagi tubuh. Fungsi ginjal adalah menyaring dan mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh. Apabila ginjal mengalami gangguan, maka limbah dari zat-zat metabolisme akan menumpuk dan memicu berbagai macam penyakit.

Beberapa macam penyakit pada ginjal, diantaranya yaitu:

  1. Diabetes mellitus

Diabetes mellitus atau dikenal sebagai kencing manis, merupakan penyakit tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes mellitus disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi insulin. Dimana insulin ini merupakan hormon yang berguna untuk mengubah glukosa menjadi glikogen.

Apabila produksi insulin rendah, maka glukosa pun tidak dapat diubah menjadi glikogen, sehingga akan terjadi penumpukan glukosa di dalam darah. Tingginya glukosa dalam darah dapat menurunkan kinerja sel-sel pada otot dan hati, serta menurunkan system kekebalan tubuh. Penyakit diabetes dapat dicegah dengan rutin berolahraga dan mengurangi asupan makanan tinggi gula.

  1. Batu ginjal

Batu ginjaladalah penyakit yang disebabkan oleh penimbunan garam kalsium ataupun asam urat di dalam saluran ginjal, rongga ginjal, dan kandung kemih. Untuk mencegah penyakit batu ginjal, sebaiknya perbanyaklah konsumsi air putih dan kurangi asupan garam.

  1. Gagal ginjal

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang berbahaya, dimana fungsi ginjal mengalami gangguan parah. Beberapa penyebab penyakit gagal ginjal, diantaranya yaitu:

  • Pengonsumsia obat-obatan secara berlebihan, seperti obat etilen glikol, aseton, dan karbontetraklorida sehingga menyebabkan kerusakan pada tubulus di ginjal
  • Mengidap penyakit diabetes yang dapat merusak medulla
  • Bersentuhan dengan senyawa logam berat yang berbahaya, seperti timah, merkuri, dan uranium
  • Tingginya kandungan garam kalsium di dalam ginjal

Untuk mencegah penyakit gagal ginjal, lakukan pola hidup yang sehat, kurangi konsumsi makanan berbahan kimia, dan tingkatkan asupan nutrisi tubuh.

penyakit yang menyerang ginjal

  1. Albuminuria

Albuminuria adalah kondisi dimana terdapat kandungan protein albumin di dalam urin yang disebabkan oleh kerusakan pada glomerulus. Kerusakan ini dapat dipicu karena bakteri, iritasi akibat logam berat, dan adanya luka pada glomerulus. Cara pengobatannya adalah melalui pencangkokan ginjal.

  1. Glomerulonephiritis

Glomerulonephiritis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcal, yang dapat menyerang bagian tubuh lainnya dan tenggorokan. Biasanya bakteri menginfeksi saat sistem kebebalan tubuh menurun.

Beberapa gejala yang dialami penderita Glomerulonephiritis berupa adanya darah dalam urin, kandungan protein di dalam urin, serta pembengkakan pada jaringan tubuh lainnya. Untuk mencegah penyakit ini, perbanyaklah konsumsi air putih.

  1. Uremia

Uremia adalah kondisi adanya timbunan urea di dalam darah, sehingga mengakibatkan tubuh menjadi keracunan. Biasanya penyakit ini diderita oleh orang mengalami gagal ginjal karena urea tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh.

Penyebab dari uremia yaitu mengonsumsi obat-obatan (seperti kortikosteroid), gangguan pada saluran kemih, mengonsumsi protein berlebihan, dan mengidap tekanan darah tinggi. Cara penyembuhan uremia adalah melalui dialysis.

  1. Pyelonephiritis

Pyelonephritis merupakan peradangan pada organ ginjal dan pelvis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit Pyelonephritis dapat memicu terjadinya gagal ginjal. Beberapa gejala yang sering dialami penderitanya berupa sakit saat buang air kecil, denyut jantung lebih cepat, dan demam. Pengobatannya melalui pemberian antibiotik.

  1. Hematuria

Penyakit Hematuria merupakan keadaan dimana urin mengandung sel darah merah. Penyakit ini disebabkan oleh adanya peradangan akibat gesekan dari batu ginjal. Di samping itu, hematuria juga disebabkan oleh adanya tumor pada saluran kemih. Penderita hematuria akan mengeluarkan urin bercampur darah saat buang air kecil.

bahaya penyakit paru-paru

Macam-macam Penyakit Paru-paru

Pada umumnya, penyakit paru-paru ditandai dengan sesak nafas, sakit dada, dan batuk-batuk. Penanganan penyakit paru-paru ini harus segera dilakukan sedini mungkin sebelum semakin parah. Apabila penyakit paru-paru telah memasuki level yang parah, maka tak menutup kemungkinan penderita menjadi kehilangan nyawanya.

Berikut macam-macam penyakit paru-paru:

  1. Asma

Asma adalah penyakit sesak nafas yang disebabkan adanya penyempitan pada pembuluh tenggorokan. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit asma, yaitu:

  • Faktor keturunan
  • Alergi debu, suhu, dan kelembaban

Gejala yang sering terjadi pada penderita penyakit asma adalah sesak nafas dengan dada terasa berat. Sebaiknya penderita asma menghindari debu, suhu ekstrim, dan makanan yang menimbulkan alergi.

Pada umumnya penderita penyakit asma menggunakan obat pelega (bronchodilator) dengan cara dihirup. Pengobatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan terapi untuk mengatur nafas agar lebih rileks.

bahaya tuberkulosis

  1. TBC (tuberkolusis)

TBC merupakan penyakit paru-paru yang ditandai dengan batuk dalam kurun waktu yang lama. Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri mycobacterium tubercolosis dan merupakan jenis penyakit menular. Penularan penyakit TBC melalui udara pada saat penderita batuk dan percikan ludah.

Gejala:

  • Penyakit TBC ditandai dengan batuk dalam kurun waktu lebih dari 3 minggu
  • Batuk berdarah
  • Demam
  • Berkeringat pada saat malam hari
  • Nafsu makan berkurang
  • Berat badan turun drastic

Umumnya penyakit TBC diobati dengan jenis obat-obatan antibiotik. Pengobatan dilakukan dalam jangka waktu yang lama, yaitu sekitar 6-9 bulan. Apabila penyakit ini mencapai level parah, biasanya penderita TBC dikarantina dalam ruangan khusus.

  1. Emfisema

Emfisema adalah jenis penyakit paru-paru yang ditandai dengan hilangnya elastisitas alveolus (gelembung-gelembung di dalam paru-paru). Penyebab dari penyakit ini adalah asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin.

Pada penderita emfisema, karbondioksida yang masuk ke tubuh akan terperangkap di dalam paru-paru, sehingga volume paru-paru menjadi membesar dibandingkan orang normal.

Gejala:

  • Sesak nafas, biasanya diobatai dengan obat pelega
  • Nafsu makan berkurang
  • Berat badan turun drastic
  1. Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit paru-paru yang ditandai dengan adanya peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara ke paru-paru). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi kuman, virus, atau bakteri yang berasal dari polutan udara, asap rokok, dan debu.

Gejala:

  • Apabila disebabkan oleh infeksi kuman, maka penderita mengalami batuk, demam, dan mengeluarkan dahak berwarna kuning
  • Apabila infeksi bersifat kronik, maka penderita mengalami batuk berdahak dan sesak nafas dalam kurun waktu yang lama

Pengobatan penyakit bronkits ada 2 macam. Apabila disebabkan oleh virus, maka disarankan mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi gejala. Sedangkan jika disebabkan oleh bakteri dan kuman, maka pengobatannya dengan mengonsumsi antibiotik.

  1. Pneumonia

Pneumonia adalah jenis infeksi paru-paru yang terjadi pada jaringan parenkim. Penyakit pneumonia disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae.dan bakteri streptokokus (Streptococcus).

Gejala:

  • Batu dengan mengeluarkan dahak kental dan berwarna kuning
  • Sesak nafas
  • Sakit dada
  • Demam

Pengobatan penyakit pneumonia adalah dengan mengonsumsi obat-obatan antibiotik.

  1. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah jenis penyakit yang paling mematikan dibandingkan jenis kanker lainnya. Penyakit ini ditandai dengan terbentuknya sel-sel abnormal (sel tumor atau kanker) di dalam paru-paru.

Penyebab utama penyakit kaker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Asap rokok mengandung ribuan zat beracun yang menyebabkan mutasi pada sel-sel di dalam saluran pernafasan, sehingga memicu timbulnya kanker. Faktor lain yang menyebabkan kanker paru-paru adalah radiasi radioaktif, keturunan, bahan kimia bberacun, dan keadaan stres.

Gejala:

  • Sakit dada
  • Mudah merasa lelah
  • Batuk berdarah
  • Sesak nafas
  • Berat badan menurun drastis

Penyebab utama penyakit paru-paru adalah merokok. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan hindari asap rokok. Biasanya, menjadi perokok pasif lebih berisiko terserang penyakit paru-paru dibandingkan perokok aktif.


About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

manfaat obat herbal

Manfaat Obat Herbal Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat obat herbal memang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia. Obat tradisional/herbal menjadi tren baru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *