Inilah Arti Makanan Sehat dan Bermanfaat dalam Islam
Wednesday , July 26 2017
Home / Gaya Hidup / Inilah Arti Makanan Sehat dan Bermanfaat dalam Islam
makanan sehat

Inilah Arti Makanan Sehat dan Bermanfaat dalam Islam

Arti makanan sehat dalam Islam bukan hanya terletak pada makanan tersebut. Makanan sehat ialah makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan sehat merupakan makanan yang mendatangkan kebaikan kepada orang yang memakannya.

Fenomena kesehatan yang banyak terjadi adalah banyak penyakit yang menyertai manusia dan ketika penyakit tersebut menyertai maka sudah pasti ada pantangan makanan yang harus dihindari. artinya makanan menjadi porsi utuma juga dalam pembentukan satatus kesehatan seseorang. makanan sehat tidak hanya masalah kandungan apa yang terdapat di dalam makanan yang kita konsumsi tetapi lebih luas terkait masalah hukum halal atau haramkah makanan tersebut dan adakah dampak kesehatan akan makanan tersebut terhadap tubuh kita. makanan yang sehat tentu akan membuat tubuh yang mengkomsumsinya sehat juga, artinya jika sebaliknya baik itu berdampak cepat ataupun lambat terhadap tubuh maka makanan itu tidak sehat.

Dalam Al Qur’an prinsip makanan sehat adalah tidak berlebih-lebihan. Rasulullah Muhammad SAW bersabda “Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat menfungsingkan tubuhnya. kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk pernafasan” (H.R Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Secara umum makanan sehat yang baik untuk kesehatan adalah yang memenuhi kriteria berikut ini :

  1. Halal dan diawali dengan doa pada saat memakannya
  2. Makanan tidak kadaluarsa
  3. Dalam keadaan apapun boleh dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk kesehatan yaitu madu
  4. Tidak berlebihan ketika mengkomsumsinya
  5. Komposisinya seimbang antara kebutahan karbohidrat, protein, lemak dan mineral
  6. Untuk makanan selingan hindari yang berpengawet dan banyak mengandung msg (mono sodium glutamat) bahkan makanan siap saji (junkfood)
  7. Makanan yang proses memasaknya benar. Jika sayuran, maka sebelum dimasak dicuci bersih sebelum dipotong-dipotong. Untuk daging masak hingga matang.
  8. Untuk pola makan biasakan makan 3 x sehari dengan mengawali sarapan dan mengakhiri dengan makan malam tidak lebih dari jam 7 malam.
  9. Makanan dan minuman yang tidak bersoda
  10. Pilih bahan mentah makanan yang segar dan berkualitas

Dari kriteria di atas dapat kita ketahui bahwa makanan sehat dalam Islam merupakan prioritas dalam memenuhi kebutuhan manusia. Artinya untuk urusan makanan tidak bisa mengonsumsi barang yang jelek bagi tubuh. Untuk itu sudah selayaknya kita lebih mengedepankan makanan yang baik bagi tubuh daripada makanan yang justru merusak tubuh seperti minuman keras.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *