87 / 100 SEO Score

Makanan sehat untuk diet sangat beragam dan sangat bergantung pada jenis serta mengelolanya. Menu makanan sehat belum tentu sesuai untuk program diet apabila cara mengelolanya kurang benar. Bagi anda yang sedang melakukan program diet sebaiknya mengetahui informasi makanan sehat yang baik untuk anda konsumsi selama diet.

Kesadaran terhadap pentingnya menjaga berat badan ideal dalam dirasakan dengan program diet. Diet adalah mengontrol pola makan sehat serta asupan nutrisi ke dalam tubuh. Adapun diet seimbang adalah menyeimbangkan komposisi makanan sesuai Pedoman Gizi Seimbang yaitu karbohidrat 50-60%, protein 10-20%, lemak 20-30%. Dan salah satu kunci sukses diet adalah memenuhi kebutuhan nutrisi berdasarkan kebutuhan kalori harian.

Piramida makanan 4 sehat 5 sempurna

Orang dewasa memiliki kebutuhan kalori harian kurang lebih 2000 kalori. Dengan mengontrol komposisi nutrisi serta kalori dapat membantu anda menjalankan pola hidup sehat hingga memiliki berat tubuh yang ideal.

Pada dasarnya, nilai gizi setiap orang berbeda-beda tergantung berat badan, tinggi bada, dan jenis kelamin. Untuk mengetahui informasi nilai gizi yang anda butuhkan sebaiknya anda konsultasi kepada ahli gizi dan nutrisi agar hasilnya akurat.

Dalam buku “Menu Diet Sehat & Lezat” yang disusun oleh Nadya Roviano menyarankan kebutuhan kalori bagi program diet pria per hari adalah 2000-1800 kalori sedangkan untuk diet wanita adalah 1800-1500 kalori setiap hari.

Tips Mengonsumsi Makanan Sehat Untuk Diet Tanpa Harus Berolahraga

Bagan diet sehat dengan menjaga pola makan

Setiap orang pasti menginginkan memiliki tubuh yang ideal, terutama para wanita. Berat badan yang ideal akan membuat penampilan makin menawan. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh anda menjadi indah diantaranya adalah berolahraga.

Dengan berolahraga lemak dan karbohidrat yang dikonsumsi akan diubah menjadi energi melalui proses pembakaran kalori. Sehingga, lemak yang dapat membuat tubuh gemuk tidak akan menumpuk di dalam tubuh.

Akan tetapi, bagi sebagian orang, aktifitas olahraga merupakan kegiatan yang sangat membosankan. Sehingga banyak orang yang mengalami obesitas atau kegemukan. Nah, sebenarnya anda yang malas berolahraga pun masih bisa melakukan diet dengan sehat yaitu dengan cara mengonsumsi makanan sehat untuk diet secara baik dan benar.

Berikut ini adalah 7 tips mengonsumsi makanan sehat untuk diet yang dapat kalian lakukan:

1. Mengurangi Makanan & Minuman Manis

Cara mengurangi makanan mengandung gula

Makanan dan minuman yang terlalu manis dapat membuat obesitas. Jika anda banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis maka akan memberikan efek peningkatan berat badan serta kadar gula dalam darah. Kandungan glukosa dan kalori dalam makanan dan minuman manis dapat membuat anda kegemukan dan anda pun gagal diet.

2. Konsumsi makanan sehat untuk diet yang kaya akan serat

Makanan sehat yang kaya akan serat

Makanan yang kaya akan serat merupakan jenis makanan sehat untuk diet yang sangat dianjurkan. Diantara makanan sehat kaya serta adalah sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanan sehat yang mengandung serat akan membuat anda kenyang lebih lama. Kandungan makanan tersebut mampu mencegah terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. Sehingga makanan yang kaya serat sangat ampuh membantu anda diet sehat secara alami.

3. Mengubah pola makan sehat sehari-hari

Pola makan yang sehat saat diet

Diet yang sehat bisa anda lakukan dengan cara megnubah pola makan sehari-hari. Jika dalam sehari anda mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak maka sebaiknya anda kurangi.

Pola makan sehat yang baik untuk diet adalah mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang sedikit tetapi dikonsumsi saat anda merasa lapar. Jika sudah merasa kenyang maka sebaiknya anda berhenti makan terlebih dahulu dan melakukan aktifitas lainnya.

4. Melakukan istirahat yang cukup agar tidak stres

Perbanyak istirahat agar tidak stres saat melakukan diet

Stres bisa menjadi salah satu penyebab obesitas. Sebab, ketika stres anda akan memakan segala yang anda inginkan tanpa terkontrol. Hormon kortisol dapat merusak organ tubuh serta mengganggu sistem kerja tubuh. Untuk itu, hindari stres dengan cara mengontrol semua aktifitas anda agar diet anda berjalan lancar.

Disamping itu, ketika anda banyak begadang atau kurang istirahat maka hormon yang memicu rasa lapar juga akan terganggu. Hormon yang dapat meningkatkan rasa lapar adalah hormon leptin dan hormon ghrelin. Akibatnya, nafsu makan anda akan meningkat dan dapat mengganggu program diet anda.

5. Memperbanyak minum air putih

Air putih sangat membantu saat diet

Tips diet sehat paling sederhana yaitu memperbanyak minum air putih. Dengan meminum air putih secara cukup dapat membuang racun di dalam tubuh. Selain itu air putih juga dapat membuang lemak yang berlebihan.

Selain itu, air putih yang cukup juga dapat memperlancar pencernaan serta meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Cara meminum air yang baik adalah disiplin dalam minum air sebelum makan. Dengan minum air sebelum makan maka nafsu makan anda akan berkurang. Sehingga diet anda bisa berjalan dengan lancar dan tubuh anda pun semakin sehat.

6. Kurangi makanan berlemak jenuh dan junk food

Kurangi junk food dan makanan berlemak saat diet sehat

Junk food tergolong makanan yang memiliki kandungan serat rendah tetapi memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh sangat tinggi. Jika anda sedang melakukan diet sebaiknya anda hindari makanan junk food. Lemak jenuh yang terlalu tinggi akan meningkatkan berat badan dan tidak baik untuk kesehatan jantung.

7. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Meningkatkan metabolisme tubuh saat diet sehat

Metabolisme adalah proses perubahan zat makanan yang telah dikonsumsi menjadi energi yang bermanfaat bagi tubuh. Proses metabolisme dapat membantu proses diet agar cepat kurus.

Banyak orang yang gagal melakukan diet dikarenakan memiliki metabolisme yang sangat lambat. Padahal, proses metabolisme yang lambat tidak baik bagi tubuh dan tentu bisa menghambat proses diet sehat anda.

Agar metabolisme tubuh anda meningkat anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Dengan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh maka anda tidak akan terkena obesitas. Dan supaya diet anda tetap sehat, sebaiknya anda menghindari diet yang terlalu ketat. Diet sehat dengan cara yang normal juga mampu menurunkan berat badan.

Cara Mendapatkan Tubuh Ideal Dengan Makanan Sehat Untuk Diet

Diet untuk menurunkan berat badan ideal

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal sebenarnya sangat mudah. Sebelumnya, anda harus memahami dahulu berat badan yang ideal tubuh anda. Berikut ini adalah rumus menghitung berat tubuh ideal:

Tinggi Badan (TB) cm – 100 – 10% (TB – 100)

Jika berat tubuh anda melebihi standar ideal maka anda harus membtasi jumlah kalori. Tujuannya ialah menurunkan berat badan secara alami. Cara membatasi kalori tersebut pun sangat mudah.

Anda cukup mengurangi konsumsi gorengan dan menggantikannya dengan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Sebaiknya anda juga mulai menghentikan kebiasaan ngemil. Cara yang paling sederhana mendapatkan tubuh ideal adalah membatasi jumlah makanan yang anda konsumsi dan mengimbanginya dengan olahraga.

Berikut ini bahan menu makanan sehat untuk diet agar tubuh anda ideal:

1. Karbohidrat Kompleks

Manfaat karbohidrat kompleks saat diet

Bahan makanan sehat harus mengandung karbohidrat kompleks. Makanan yang memiliki gizi ini adalah jenis padi-padian. Padi-padian sangat kaya serat larut dan tidak larut. Serat ini mampu mencega terjadinya konstipasi atau sembelit dan mengikat kolesterol yang berbahaya kemudian membuang kolesterol tersebut.

Tubuh akan mengikat zat tepung yang terkandung dalam padi-padian secara perlahan untuk menjaga keseimbangan terhadap kadar gula darah. Bahan makanan terbuat dari padi-padian adalah sumber protein, karbohidrat kompleks, vitamin, rendah lemak, serat, mineral.

Diantara makanan sehat untuk diet yang mengandung karbohidrat kompleks adalah roti gandum, beras merah, barley, millet, oat, buckwheat, couscous, dan quinoa. Makanan-makanan ini banyak dikonsumsi di berbagai negara.

Diantara manfaat utamanya adalah mengaasi gangguan pencernaan, mengurangi risiko kanker lambung dan usus.

2. Polong-Polongan

Manfaat polong-polongan untuk tubuh sehat

Makanan polong-polongan sangat kaya protein rendah emak, serat, dan vitamin. Polong-polongan yang baik untuk diet adalah jenis polong-polongan yang kering sebab saat proses memasak seringkali akan ditambahkan garam dan gula. Misalnya, kacang hijau, kacang polong kering, Chickpea.

Cara memasak polong-polongan juga harus benar. Untuk memasak polong-polongan adalah rendam kurang lebih 8 jam sebelum dimasak. Saat malam hari anda bisa merendamnya kemudian esok paginya baru anda masak. Rebus kurang lebih 10 menit hingga mendidih, lalu direbus kembali menggunakan api kecil sampai kacang tersebut matang.

Cara mengonsumsi polong-polongan sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Sebab mengonsumsi polong-polongan dalam kondisi mentah atau setengah matang bisa mengakibatkan alergi. Bagi anda yang memiliki asam urat tinggi sebaiknya mengonsumsi polong-polongan dalam jumlah yang kecil yaitu kurang dari 25 gram dan sangat tidak dianjurkan mengonsumsinya setiap hari.

3. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Manfaat buah dan sayur untuk menjaga tubuh sehat

Buah dan sayur memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Disamping itu, buah dan sayur juga sangat kaya akan asam amino, vitamin, fitonutrien, antioksiden, dan mineral. Buah-buahan dan sayur-sayuran juga mengandung serat dan kalium yang cukup tinggi namun bahan sisa dan kalorinya rendah.

Untuk hasil yang maksimal sebaiknya anda mengonsumsi makanan sehat untuk diet ini dalam keadaan segar dan tidak mengandung pengawet (pestisida). Sebab buah dan sayur yang tidak segar akan berkurang gizinya.

Bagi anda yang sedang diet sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur dalam keadaan mentah. Sebab sayur dan buah yang mentah bisa membersihkan usus dengan lebih efektif dan efesien.

Diantara buah segar yang bisa anda konsumsi sehari-hari saat diet adalah semangka, duku, jambu air, rambutan, apel, salak, mangga, belimbing, sirsak, nanas, kiwi, pir, melon, dan stroberi.

Sedangkan sayuran yang sehat untuk diet adalah kol merah, wortel, selada, daun kemangi, paprika, kol putih, selada air, taoge, dan daun bawang.

4. Ayam dan Ikan  Laut

Makfaat ikan laut bagi tubuh

Ayam dan ikan laut memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh. Diantara ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama diet adalah ikan tuna, bandeng, kembung, kakap, layur, tenggiri, bawal. Tetapi, ikan yang mengandung merkuri justru dapat merusak tubuh anda. Untuk itu selalu berhati-hati dalam memilih ikan laut.

Sebaiknya anda pun menghindari ikan kalengan sebab ikan kalengan mengandung pengawet, minyak jenuh, dan sodium yang tinggi. Sebaiknya anda mengonsumsi ikan yang segar agar tubuh lebih sehat.

Adapun untuk ayam yang dianjurkan adalah ayam kampung karena memiliki kadar lemak yang rendah dibanding ayam negeri. Ayam kampung juga bebas hormon sehingga baik untuk anda konsumsi. Untuk mengonsumsi ayam sebaiknya anda membuang kulit ayam sebelum mengolahnya. Bagian ayam yang paling baik untuk dimakan adalah bagian dada ayam karena mengandung kadar lemak yang rendah.

Silahkan simak tips berikut ini tentang cara menyiapkan porsi pola makan sehat agar diet anda selalu sehat.

* * *

Itulah makanan sehat untuk diet yang bisa anda konsumsi selama anda menjalankan program diet. Jika anda menginginkan berat badan yang ideal dan sehat maka lakukan tips di atas secara disiplin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *