87 / 100 SEO Score

Makanan sehat untuk ibu hamil harus menjadi perhatian utama bagi para pasangan suami istri. Sebab, setiap pasangan suami istri pasti mengharapkan memiliki keturunan dari pernikahan mereka.

Terutama para perempuan, tentunya sangat mendambakan momen terindah dalam hidup yaitu hamil. Perempuan yang hamil pasti merasa bahagia apabila telah dinyatakan oleh dokter sedang mengandung.

Meskipun sedang berbahagia para perempuan yang hamil harus tetap memperhatikan betul kesehatan serta asupan gizinya untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Cara menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Para ibu hamil harus mengetahui makanan sehat beserta nutrisi yang ia konsumsi. Sebab makanan yang masuk ke dalam tubuh bukan hanya untuk diri sendiri melainkan makanan tersebut juga menjadi asupan bagi janin yang ada dalam kandungan. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan nutrisi yang tercukupi dapat membantu janin dalam kandungan tumbuh dengan sehat.

Nutrisi yang baik bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi aneka makanan sehat yang ada di sekitar. Banyak sekali jenis makanan sehat yang memiliki rasa cukup lezat dan bisa anda dapatkan dengan harga yang relatif murah.

Makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi

Makanan yang menyehatkan bagi ibu hamil harus memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna. Makanan tersebut sangat mudah didapatkan di toko-toko. Di antara makanan tersebut adalah makanan yang mengandung karbohidrat seperti: nasi, roti, oatmeal, kentang.

Selain itu, makanan yang menyehatkan juga mengandung protein seperti daging sapi, tempe, tahu, ayam. Disamping itu, susu, yogurt, keju dan buah-buahan juga sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

Ibu hamil juga harus selalu memperhatikan kebutuhan makanan sehat. Wanita yang sedang hamil sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dalam porsi sedikit tetapi sering agar rasa mual berkurang.

Waktu makan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil adalah lima kali dalam sehari dan diselingi dengan makan camilan ringan. Dan makanan yang dikonsumsi dalam sehari tersebut sebaiknya mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna.

Ibu hamil juga sangat membutuhkan banyak cairan. Untuk itu sebaiknya anda memperbanyak porsi minum air setiap hari. Untuk mencukupi kebutuhan cairan sebaiknya ibu hamil minum air kurang lebih 8 gelas dalam sehari. Selain air putih, cairan juga bisa didapatkan dari minuman jus dan susu.

Berikut ini adalah 14 jenis makanan sehat untuk ibu hamil:

1.Sayur Bayam

Makanan sehat sayur bayam

Sayur bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sayur bayam merupakan sumber kalsium, folat dan zat besi. Kandungan folat sangat penting bagi kesehatan janin. Sebab folat mampu mengurangi risiko cacat pada bayi dalam kandungan. Agar kandungan nutrisi pada sayur bayam tidak hilang saat dimasak anda dapat mengonsumsinya dengan cara direbus atau dibuat jus sayur bayam.

2.Ubi-ubian

Makanan sehat ubi-ubian

Ubi-ubian merupakan jenis makanan sehat yang baik untuk ibu hamil. Ubi-ubian sangat kaya akan vitamin A yang mampu menjadi suplemen bagi sel-sel sehat pada bayi. Ubi adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat kaya akan vitamin.

Makanan ubi-ubian juga mengandung serat dan potasium yang berperan sebagai ASI Booster. Untuk itu, perbanyak konsumsi ubi-ubian pada saat hamil muda agar saat mengandung hingga melahirkan anda dan bayi selalu sehat.

3.Kacang-kacangan

Makanan sehat kacang-kacangan

Makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya ialah makanan jenis kacang-kacangan. Jenis makanan ini mampu membantu menjaga kekebalan tubuh ibu saat hamil muda.

Sebab, asam folat, kalsium, seng dan vitamin B yang terkandung dalam kacang-kacangan dapat membantu proses pengembangan saraf bayi.

Bahkan, kacang polong mampu menjaga supaya berat badan bayi tidak lemah pada saat persalinan. Ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan seperti konstipasi (sulit buang air besar) atau wasir sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan.

4.Buah-buahan

Makanan sehat buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan sehat yang sangat baik untuk ibu hamil apabila dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang begitu segar, buah-buahan seperti pisang memiliki kandungan serat dan potasium yang dapat membantu fungsi sel dan pencernaan, serta menjaga tekanan darah.

Buah jeruk juga sangat baik bagi ibu hamil karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena mampu melawan infeksi pada ibu dan bayi.

Semua buah yang mengandung vitamin C adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi secara rutin.

5.Ikan

Makanan sehat ikan salmon

Ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Diantara jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah ikan tuna dan ikan salmon. Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 (alias DHA dan EPA) yang sangat tinggi.

Omega-3 yang terkandung pada ikan dapat membantu perkembangan otak bayi dalam meningkatkan motorik serta mengurangi risiko reurologis pasca kelahiran nanti. Ikan memang tidak diragukan lagi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

Agar kandungan dalam makanan sehat ini tidak hilang anda bisa memasaknya dengan cara memanggang atau mengukus ikan tersebut hingga matang kemudian mengonsumsinya dalam keadaan hangat.

6.Telur

Makanan sehat telur

Telur memiliki kandungan kolin yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Saat hamil anda sangat disarankan mengonsumsi telur dalam keadaan matang. Sebab nutrisi yang terkandung pada telur sangat bermanfaat bagi janin.

Ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, khususnya pada saat memasuki trimester kedua dan ketiga. Telur mengandung zat kolin yang mampu mengurangi risiko cacat pada bayi. Akan tetapi, mengonsumsi telur dalam keadaan mentah sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

7.Susu

Makanan sehat berbahan susu

Susu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Anda bisa mengonsumsi aneka makanan sehat berbahan susu seperti keju dan yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan hasil olahan susu yang tidak baik juga bagi ibu hamil. Maka, anda harus tetapi berhati-hati dalam memilih makanan berbahan susu.

8.Sereal

Sereal adalah makanan yang menyehatkan saat diet

Sereal merupakan salah satu menu makanan sehat yang sangat baik bagi ibu hamil. Sereal sangat kaya akan vitamin dan zat besi dan baik bagi tubuh. Akan tetapi, anda perlu memperhatikan kadar lemak, gula, dan garam agar tidak berlebihan saat mengonsumsi sereal. Sebab kelebihan kadar lemak, gula, dan garam justru akan berbahaya bagi kesehatan pada masa kehamilan. Sebaiknya, anda mengonsumsi sereal yang tidak mengandung pemanis saat hamil.

9.Daging tanpa lemak

Konsumsi daging agar tubuh selalu sehat dan segar

Daging sangat kaya kandungan zat besi yang baik bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi daging maka zat besi dalam tubuh anda akan meningkat. Sehingga anda akan terhindar dari penyakit seperti anemia dan juga pendarahan setelah masa melahirkan.

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan protein bagi tumbuh kembang bayi. Daging sangat kaya akan protein yang mengandung vitamin B6 dan vitamin B12 yang berfungsi menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah. Untuk itu, perbanyak konsumsi daging agar tubuh anda semakin kuat terhadap serangan penyakit.

10.Kentang

Kentang sangat cocok untuk makanan saat diet

Kentang merupakan makanan jenis umbi-umbian yang kaya akan beta karoten, vitamin B6, kalium, zat besi, dan vitamin C. Beta karoten sangat bermanfaat bagi bayi sebab mampu mengubah antioksidan menjadi vitamin A. Vitamin A tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan tulang, kulit, dan mata bayi.

11.Gandum

Gandum dapat menyehatkan tubuh saat diet

Gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil. Gandum mengandung serat, selenium, dan vitamin E yang sangat bagus untuk ibu hamil dan perkembangan bayi di dalam perut. Apabila anda tidak suka dengan gandum, anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi nasi merah.

12.Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang sangat baik bagi tubuh sehat

Oatmeal sangat kaya akan protein, vitamin B6, dan serat. Oatmeal sangat baik jika dikonsumsi saat pagi hari. Oatmeal mampu menghilangkan rasa mual dan lelah saat aktifitas seharian. Kandungan nutrisi pada oatmeal sangat baik untuk perkembangan bayi.

13.Brokoli

Sayur brokoli sangat baik sebagai menu pola makanan sehat

Makanan sehat untuk ibu hamil dari jenis sayuran adalah brokoli. Sayur brokoli banyak mengandung nutrisi seperti asam folat, zat besi, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil dan bayi yang di dalam kandungan. Zat besi yang terkandung pada sayur brokoli mampu mencegah anemia pada ibu hamil. Sedangkan asam folat pada brokoli juga bermanfaat untuk melindungi bayi dari penyakit tulang belakang serta cacat tabung syaraf.

14.Pisang

Pisang adalah buah yang menyehatkan bagi tubuh

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Buah pisang juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah pisang sangat kaya akan vitamin B6. Nutrisi tersebut bermanfaat bagi perkembangan syaraf dan pembentukan sel darah merah pada ibu hamil. Nutrisi yang terkandung pada buah pisang mampu mengurangi resiko kaki bengkak pada ibu hamil yang seringkali terjadi pada trimester ketiga.

Nutrisi pada makanan sehat yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil

Menu makan yang sehat untuk ibu hamil dan menyusui

Makanan yang sehat akan memberikan asupan nutrisi yang menyehatkan ibu hamil serta bayi yang sedang dikandungnya. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mengetahui jenis makanan sehat untuk ibu hamil beserta nutrisi yang dikandung di dalam makanan tersebut.

Berikut ini adalah 7 jenis nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil yang bisa didapatkan dari makanan sehat.

1.Vitamin

Ibu hamil sangat membutuhkan vitamin yang banyak. Diantara vitamin yang bermanfaat bagi ibu hamil yaitu vitamin A, B6, B12, C, & D.  Vitamin tersebut dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan bayi. Vitamin mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin juga mampu menyehatkan pencernaan serta membantu pertumbuhan bayi.

2.Asam Folat

Nutrisi asam folat atau Folic Acid sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Nutrisi yang satu ini sangat baik bagi perkembangan otak bayi. Sebab, asam folat mampu membantu memperbaiki struktur saraf pada bayi. Asam folat juga mampu menyeimbangkan jumlah sel darah merah dan putih pada bayi. Ibu hamil sangat dianjurkan agar mengonsumsi makanan  yang mengandung asam folat kurang lebih 0,4 miligram. Asam folat bisa diperoleh dari makanan sehat dari jenis kacang-kacangan.

3.Kalsium

Salah satu zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Zat kalsium sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Sebab kalsium akan membuat tulang bayi menjadi kuat. Disamping itu, kalsium juga mampu membentuk sel-sel organ pada tubuh bayi dan ibunya menjadi lebih kuat. Nutrisi yang satu ini banyak terkandung pada susu. Untuk itu, para ibu hamil dianjurkan agar selalu mengonsumsi minimal 1000 mg kalsium setiap hari.

4.Mineral

Mineral atau zat besi dan yodium juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebab, pada tubuh ibu dan bayi terdapat organ kelenjar tiroid yang sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh. Agar kelenjar tiroid ini tetap terjaga dengan sehat makan ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung yodium dan zat besi yang cukup.

Mineral mampu membantu pertumbuhan otak bayi dan mencegah agar ibu dan bayi tidak mengalami anemia. Mineral juga sangat bermanfaat untuk memaksimalkan produksi ASI saat menyusui. Mineral ini sangat banyak terkandung pada makanan sehat jenis sayur-sayuran.

5.Serat dan Karbohidrat

Ibu hamil juga sangat dianjurkan agar memperbanyak asupan serat dan karbohidrat. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi yang dikandung agar kebutuhan akan energi dalam tubuh selalu tercukupi. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung serat dan karbohidrat seperti oatmeal dan kentang.

6.Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuh bisa disebut dengan lemak sehat. Para ibu hamil wajib memperbanyak asupan lemak sehat agar cadangan energi pada bayi tercukupi. Lemak sehat juga sangat baik perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi. Meskipun demikian, asupan lemak tak jenuh ini masih perlu dibatasi agar tidak mengakibatkan obesitas pada ibu dan bayi yang dikandung.

Makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Makanan kurang sehat bagi tubuh

Selama hamil sebaiknya anda sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Makanan yang harus dihindari ibu hamil diantaranya makanan yang mengandung alkohol, kafein, mayonaise, daging hotdog, hamburger, produk susu yang tidak di-pasteurisasi, dan seafood yang mengandung merkuri tinggi.

Beberapa jenis ikan tidak baik jika dikonsumsi ibu hamil. Diantaranya jenis ikan king makarel dan striped bass. Jenis ikan ini mengandung merkuri yang bisa sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil beserta nutrisinya yang wajib diketahui oleh para wanita yang sedang mengandung. Mari kita jaga pola makan sehat kita agar tubuh semakin sehat dan jauh dari segala penyakit.

Simak rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil dari Tasya Kamila berikut ini:

Semoga bermanfaat.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *