8 Makanan Sehat Ini Ternyata Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / 8 Makanan Sehat Ini Ternyata Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah
makanan untuk sirkulasi darah

8 Makanan Sehat Ini Ternyata Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah dalam tubuh harus selalu mengalir dengan baik. Sirkulasi darah yang baik adalah kunci kesehatan tubuh. Makanan untuk sirkulasi darah sangat dibutuhkan oleh darah. Untuk itu anda harus perbanyak makanan yang berguna untuk sirkulasi darah.

Darah merupakan salah satu cairan tubuh yang mempunyai peran penting bagi kinerja organ-organ vital. Di dalam tubuh, darah mengalir bersama sari-sari makanan dan oksigen menuju ke semua organ tubuh, seperti jantung, ginjal, dan otak. Apabila darah mengalami kerusakan seperti terjadi pembekuan atau penggumpalan, maka fungsi organ-organ tubuh pun juga akan terganggu.

Salah satu cara untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat, seperti berolahraga secara rutin dan mengonsumsi aneka makanan tinggi gizi. Berbicara tentang makanan, ternyata ada beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Berikut 8 jenis makanan yang melancarkan sirkulasi darah:

  1. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sudah dipercaya sejak lama mempunyai kandungan berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan jahe juga sering digunakan sebagai obat alternatif alami penyembuhan beberapa penyakit. Diantara banyaknya khasiat dari jahe, salah satunya adalah membantu melancarkan sirkulasi darah.

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Bawang putih mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Di samping itu, bawang putih juga berperan dalam melancarkan sirkulasi darah, membersihkan darah, serta mencegah terbentuknya plak (lemak) pada dinding pembuluh darah.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang mempunyai rasa manis dan segar. Buah jeruk adalah salah satu buah yang banyak digemari di masyarakat. Selain rasanya enak, jeruk juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Di samping itu, jeruk juga berkhasiat mencegah pembbentukan plak pada dinding pembuluh darah, mencegah penggumpalan darah, dan memperkuat dinding pembuluh darah kapiler.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam merupakan makanan yang mengandung tinggi flavonoid. Meskipun cokelat hitam mempunyai rasa yang sedikit pahit, namun cokelat hitam berkhasiat dalam melancarkan sirkulasi darah. Di dalam cokelat hitam terkandung senyawa flavonoid yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang mempunyai segudang khasiat. Hal ini dikarenakan ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh. Kandungan asam lemak omega-3 dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dan melancarkan aliran ke seluruh tubuh.

  1. Tomat

Tomat adalah buah yang mengandung tinggi likopen dan sejumlah vitamin. Kandungan di dalam tomat tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Di samping itu, mengonsumsi buah tomat juga dapat mencegah penuaan dini.

  1. Alpukat

Banyak orang yang berpikir bahwa alpukat adalah buah yang mengandung tinggi lemak jenuh sehingga harus dihindari. Padahal dugaan tersebut tidak sepenuhnya benar. Alpukat adalah buah yang kaya kandungan lemak tak jenuh, yaitu asam lemak omega-3. Selain itu, alpukat juga mengandung tinggi serat. Kandungan di dalam alpukat tersebut dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mempercepat metabolisme.

  1. Suplemen herbal

Mengonsumsi suplemen juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Sebaiknya pilihlah jenis suplemen herbal yang aman dan sudah diresmikan oleh badan kesehatan serta pengawasan obat dan makanan.

Selain mengonsumsi beberapa makanan diatas, terdapat beberapa  hal yang dapat dilakukan untuk melancarkan sirkulasi darah, yaitu:

  • Hindari stress
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Pola makan yang sehat
  • Berolahraga secara teratur
  • Jaga berat badan agar ideal

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *