Saturday , June 24 2017
Home / Tips Kesehatan / Kesehatan Kulit / Inilah 6 Bahan Makanan Untuk Penderita Nyeri Otot
bahaya nyeri otot

Inilah 6 Bahan Makanan Untuk Penderita Nyeri Otot

Seringkali kita mengalami nyeri otot setelah melakukan aktivitas yang berlebihan tanpa henti. Selain itu, nyeri otot juga dapat kambuh akibat duduk terlalu lama dan kurangnya relaksasi otot. Meskipun rasa nyeri ini dapat hilang dengan sendirinya, namun tak jarang nyeri otot menimbulkan rasa yang menyakitkan.

Sebagian besar orang mengatasi rasa nyeri otot dengan mengonsumsi obat-obatan penghilang nyeri. Padahal obat-obatan tersebut dapat memberikan efek samping yang membahayakan bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama, seperti kerusakan ginjal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mencoba pengobatan alami untuk mengatasi nyeri otot.

obat nyeri otot leher

Pengobatan alami untuk mengatasi nyeri otot dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan bagi penderita nyeri otot:

  1. Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pasta gigi. Ya, cengkeh mempunyai khasiat meredakan rasa nyeri pada gigi. Apabila anda menderita gangguan nyeri gigi, maka oleskan minyak cengkeh di daerah rasa sakit tersebut.

  1. Ceri

Ceri adalah buah yang sering digunakan sebagai hiasan pada aneka kue, seperti kue ulang tahun. Ternyata, buah yang berwarna merah ini mempunyai khasiat dalam memperbaiki kerusakan otot. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi semangkuk buah ceri atau segelas jus ceri sehari dapat membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kuat.

  1. Bawang putih

Bawang putih telah dikenal sejak zaman kuno sebagai obat penghilang rasa sakit. Rempah-rempah yang mengandung tinggi antioksidan ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri di otot dan sendi.

Cara penggunaannya, haluskan ½ siung bawang putih, lalu tambahkan 3 sdt minyak zaitun. Oleskan ramuan ini pada ruam kulit yang mengalami rasa  nyeri. Yang perlu diperhatikan, bawang putih mempunyai rasa pedas , sehingga dapat menimbulkan efek panas dan kulit memerah. Jika anda merasakan tidak cocok dengan pengobatan ini, maka segera hentikan.

  1. Anggur

Anggur adalah salah satu buah yang mengandung tinggi nutrisi untuk melancarkan sirkulasi darah ke bagian punggung. Mengonsumsi secangkir anggur setiap hari dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung.

  1. Gandum

Gandum mengandung sejumlah mineral, seperti magnesium dan zinc yang mampu mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Seorang wanita yang mengalami kram perut saat menstruasi disarankan mengonsumsi makanan yang berbahan gandum.

  1. Jahe

Sebuah penelitian memaparkan bahwa jahe berkhasiat mengurangi pembengkakan dan kekakuan pada otot. Anda dapat menggunakan jahe untuk menyembuhkan nyeri pada otot dan sendi.

Selain makanan yang dianjurkan, ada juga beberapa makanan yang harus dibatasi oleh penderita nyeri otot.

Berikut beberapa makanan yang harus dibatasi oleh penderita nyeri otot:

  1. Makanan yang mengandung zat aditif, seperti nitrat dan MSG (monosodium glutamate).
  2. Makanan yang mengandung zat pemanis, seperti aspartame, sakarin, splenda, dan stevia.
  3. Minuman berkafein, seperti kopi, teh, cokelat, dan cola-cola.
  4. Kabrohidrat sederhana, seperti gula, roti putih, dan kue-kue manis.
  5. Ragi, produk fermentasi diduga dapat meningkatkan efek nyeri pada otot dan sendi. Hal ini diakibatkan adanya perkembangan jamur di dalam makanan tersebut.
  6. Cabai, paprika, kentang, tomat, dan terong
  7. Beberapa orang mengalami peningkatan gejala nyeri setelah mengonsumsi produk olahan susu

Demikianlah beberapa makanan yang seharusnya dibatasi oleh penderita nyeri otot.

Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *