Makanan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Reproduksi Wanita

0
19

Artikel kesehatan – Reproduksi merupakan hal yang sangat vital dalam tubuh manusia. Agar sistem reproduksi selalu terjaga kesehatannya maka kita perlu menjaga kualitas gaya hidup yang sehat. Pola hidup sehat dapat diketahui dari kebiasaan makanan yang dikonsumsi serta kegiatan yang dilakukan dalam setiap hari. Misalnya mengonsumsi makanan yang bergizi serta melakukan olahraga yang teratur merupakan contoh gaya hidup sehat yang dapat memperbaiki kesehatan reproduksi wanita.

Gaya hidup yang kurang sehat akan menimbulkan gangguan atau komplikasi pada sistem reproduksi yang nantinya justru akan merusak organ reproduksi pada wanita maupun pria. Di samping itu gaya hidup yang kurang sehat juga dapat mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan hormon, kesulitan memiliki keturunan, faktor keturunan, dan gangguan kesehatan umum lainnya. Apabila kesehatan reproduksi sudah terganggu maka akan memerlukan pengobatan yang sangat mahal.

Sumber segala penyakit adalah pada makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Budaya mengonsumsi makanan yang sehat memang belum menjadi tradisi di masyarakat umum. Oleh karena hal inilah banyak sekali masyarakat yang menderita penyakit reproduksi. Agar kesehatan reproduksi anda selalu terjaga maka sebaiknya mulai perhatikan kualitas makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus anda kontrol agar kesehatan reproduksi anda selalu terjaga.

Makanan yang banyak mengandung pestisida

Makanan yang berbahaya bagi reproduksi wanita lainnya ialah makanan yang banyak mengandung pestisida. Lingkungan yang tercemar dengan kandungan pestisida berlebih dapat mempengaruhi kualitas reproduksi. Pestisida yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Agar zat pestisida tidak masuk ke dalam tubuh dan mengganggu sistem reproduksi anda maka sebaiknya selalu mengontrol makanan yang anda konsumsi setiap hari. Anda bisa melakukannya dengan cara yang sederhana yaitu membersihkan setiap makanan, buah, sayur dan lain sebagainya sebelum anda mengonsumsinya. Apabila makanan anda baik untuk direbus maka sebaiknya anda merebus makanan tersebut dengan maksimal. Untuk menghindari air yang terkontaminasi pestisida anda pun bisa mengontrolnya dengan cara mendidihkan air hingga dalam kondisi panas yang tinggi sebelum mengonsumsinya.

Alkohol

Ahli kesehatan sepakat bahwa alkohol tidak baik untuk kesehatan reproduksi wanita. Bahkan alkohol cenderung merusak sistem reproduksi wanita. Alkohol dapat mengakibatkan hilangnya peluang kehamilan hingga 50% pada wanita normal. Bahkan alkohol sebenarnya bukan hanya tidak baik untuk wanita. Alkohol juga mampu mengganggu kesuburan pria. Sebab kandungan dalam alkohol mampu merusak kualitas sperma. Di samping itu, alkohol juga tidak baik bagi ibu hamil sebab dapat mengganggu kesehatan janin. Dalam banyak kasus, ibu hamil yang mengonsumsi alkohol seringkali melahirkan secara prematur bahkan cacat akibat alkohol.

Gula

Makanan yang akrab dengan kehidupan manusia lainnya yaitu gula. Gula sangat terkenal sebagai penyebab obesitas tinggi. Bahkan gula yang dikonsumsi secara berlebih juga dapat mengganggu sistem reproduksi wanita. Makanan yang mengandung gula berlebih dapat mempengaruhi energi dan gula darah. Agar kesehatan reproduksi pada wanita selalu terjaga sebaiknya mulai mengurangi atau bahkan meninggalkan makanan sejenis junk food atau makanan yang mengandung gula berlebihan. Selain itu pemanis buatan juga sangat tidak baik untuk kesehatan reproduksi pada wanita.

Kafein

Kafein merupakan zat yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia khususnya pada wanita. Kafein yang terkandung pada makanan dapat menurunkan kesuburan pada wanita. Akan tetapi kafein yang dikonsumsi dalam jumlah yang wajar tentu tidak begitu bermasalah. Yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi wanita ialah kafein yang berlebihan. Kafein juga mampu meningkatkan kecemasan pada tubuh yang pada akhirnya akan mempengaruhi proses berpikir. Oleh sebab itu agar kesehatan reproduksi selalu terjaga sebaiknya anda mulai membatasi dalam mengonsumsi teh berkafein, coklat, soda, dan kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here