manfaat air putih bagi kesehatan
manfaat air putih bagi kesehatan

Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Articles.id – Jangan tunggu haus untuk minum segelas air putih. Konsumsi air yang cukup penting untuk kesehatan tubuh menyeluruh. Lebih dari setengah tubuh Anda terdiri atas air. Jika berat Anda adalah 50 kg, berarti sekitar 35 kg-nya berasal dari cairan. Dan tahukah Anda bahwa setiap satu sel tubuh Anda pada dasarnya adalah sebuah kantung cairan yang basah dan dikelilingi oleh banyak cairan? Tanpa cairan, sel-sel tubuh akan mati. Inilah alasan mengapa orang bisa bertahan hidup lebih lama tanpa makanan, namun tak bisa tanpa air.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa air adalah zat yang paling vital untuk tubuh Anda. Cukup minum air tak hanya menghilangkan dahaga, tapi juga menjaga sistem pencernaan, saluran pernapasan, ginjal, dan kerja hampir semua organ besar termasuk otak. Jadi, penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan rasa haus. Beberapa orang kerap mengasosiasikan rasa haus ketika Anda baru saja mengonsumsi makanan asin, atau ketika Anda merasa kelelahan, atau rasa seret di tenggorokan setelah makan. Faktanya, haus adalah tanda peringatan dehidrasi. Rasa haus biasanya muncul saat Anda kehilangan 2 persen saja dari berat air dalam tubuh Anda.

Saat haus, Anda bisa rentan terhadap kram otot dan sakit kepala. Kemampuan atletik Anda bisa jadi mulai melemah. Singkatnya, segala sesuatu mulai terasa berat. Dan, hati-hati, kurang minum yang terjadi dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan masalah, seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, serta memperlambat proses persalinan pada ibu hamil. Kekurangan cairan juga dapat memengaruhi otal. Penelitian menyebutkan bahkan dehidrasi ringan yang tidak membuat Anda haus, ternyata dapat mengganggu kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan meningkatkan stres dan kecemasan.

Dengan segala efek dahsyat yang ditimbulkannya, maka tak ada alasan untuk tidak minum air putih dalam jumlah cukup. Tapi, seberapa cukup? Anjuran yang sering kita dengar adalah minum air putih 8 gelas sehari. Benarkah? Semua tergantung pada kondisi biologis dan gaya hidup seseorang. Secara umum, Institute of Medicine merekomendasikan wanita untuk mendapatkan paling sedikit 2,7 liter air setiap harinya, termasuk air yang didapat dari makanan. Dan ini tidak terbatas pada makanan yang berkuah saja. Daging yang dimasak sekalipun mengandung air, sehingga rata-rata Anda telah memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan air dari makanan.

Bagaimana dengan aturan minum? Yang paling baik, minumlah air secara bertahap atau dicicil sepanjang hari. Minum sekaligus air dalam jumlah banyak hanya akan membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi.

Jika Anda ragu apakah kebutuhan minum air putih Anda sudah tercukupi atau belum, cari tahulah dengan cara melihat urin Anda. Jika urin Anda berwarna kuning pucat, maka itu artinya Anda baik-baik saja. Tapi jika urin terlihat lebih gelap, berarti Anda membutuhkan lebih banyak air. Sebaliknya, jika urin terlihat sangat terang dan bening seperti kristal, maka itu adalah petunjuk bahwa Anda sudah berusaha keras untuk minum banyak cairan. Apakah ini pertanda bagus? Ternyata tidak juga. Sama seperti halnya kekurangan minum yang bisa menimbulkan bahaya, kelebihan minum pun ternyata tak baik untuk Anda. Kelebihan air berarti sel-sel tubuh Anda tak dapat berfungsi dengan baik dan ginjal Anda tak dapat bekerja cukup cepat untuk menghilangkan sisa-sisa zat metabolisme.

Tapi tak usah khawatir, keracunan air ini jarang terjadi, kok. Dan biasanya hanya terjadi pada pelari ultramarathon yang menempuh jarak di atas 42 km, serta mereka yang minum berlebihan saat berolahraga berjam-jam sekaligus.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.