88 / 100 SEO Score

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh manusia tidak dapat diragukan lagi. Hampir semua bangsa telah mengenal dan telah mengonsumsi bawang putih. Bawang putih termasuk dari golongan umbi-umbian yang meiliki aroma khas yang menyengat.

Bawang putih telah lama menjadi makanan sehat bagi bangsa-bangsa Arab sejak ribuan tahun sebelum masehi. Budaya mengonsumsi pil bawang putih telah berkembang pesat di kalangan bangsa keturunan Arab.

Dalam buku Assyrian Herbal” yang ditulis oleh Dr. Thomson menulis bahwa bangsa Assyria sering menggunakan bawang putih sebagai bahan ramuan kesehatan untuk melegakan pernapasan. Disamping itu, bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati caringan, keracunan, dan diare.

Terapi bawang putih mentah untuk pria

Bawang putih memang terbukti memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh pria dan wanita. Hal ini telah lama diketahui oleh masyarakat zaman Babilonia dan Yunani. Bawang putih seringkali digunakan sebagai obat perangsang untuk memperlancar air kencing dan menyembuhkan penyakit sembelit.

Dalam sejarah Mesir kuno, bawang putih juga digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembangunan piramida. Bawang putih juga dijadikan bahan makanan para pekerja  yang membangun piramida. Mereka meyakini bahwa mengonsumsi bawang putih dalam jumlah besar mampu menyembuhkan penyakit serta memberikan daya tahan tubuh.

Bawang putih juga dijadikan bahan utama dalam pengobatan tradisional Cina. Mereka percaya bawang putih memiliki kandungan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Serta Mencegah Penyakit

Manfaat bawang putih tunggal untuk ibu hamil

Meskipun bawang putih memiliki kandungan yang menyembuhkan berbagai penyakit, masih banyak orang yang tidak suka mengonsumsi bawang putih. Sebab, mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak dapat menimbulkan bau mulut dan bau badan yang menyengat.

Mengapa demikian?

Bau badan yang ditimbulkan setelah mengonsumsi bawang putih dikarenakan zat dalam bawang putih terserap lewat aliran darah kemudian dikeluarkan dalam bentuk keringat melalui lapisan kulit.

Sementara bau mulut disebabkan sisa bawang putih yang terdapat di sela-sela gigi yang tertinggal. Nah, untuk menghilangkan bau mulut akibat bawang putih sebenarnya bisa diatasi dengan mengonsumsi buah limau. Kandungan dalam buah limau mampu menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi bawang putih.

Kandungan kimia bawang putih yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Manfaat bawang putih untuk kesehatan pria dan wanita

Bawang putih memiliki kandungan kimia yang bermanfaat bagi tubuh. Setiap bawang putih sebanyak 100 g mengandung zat sebagai berikut:

  1. Kalori sebanyak 95,0 – 122 kal.
  2. Protein sebanyak 4,5 – 7 g.
  3. Sulfur sebanyak 60 – 120 mg.
  4. Kalsium sebanyak 26 – 42 mg.
  5. Air sebanyak 66,2 – 71,0 g.

Selain kandungan di atas, bawang putih juga mengandung minyak atsiri yang mudah menguap di udara. Minya atsiri memiliki manfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Sedangkan zat alisin adalah zat yang berperan memberikan aroma khas pada bawang putih.

Zat allisin yang masuk ke dalam tubuh akan merusak protein kuman penyakit sehingga kuman penyakit tersebut mati. Alisin adalah zat aktif yang memiliki daya antibiotika yang cukup ampuh. Bahkan, banyak orang yang mengira bahwa kemampuan alisin lebih kuat 15 kali lipat daripada zat penisilin.

Dalam tradisi pengobatan herbal ala Mesir, bawang putih seringkali dicampur dnegan bawang bombay, bawang daun, melon, timun, dan lain sebagainya. Mereka percaya bahwa melon berfungsi sebagai pembersih darah, sedangkan bawang bombay mengandung anti-kuman yang sangat baik.

Menurut perkembangan farmakologi modern bahwa campuran bawang putih dan bawang bombay mampu berkhasiat sebagai sumber asam amino bersulfur yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia.

Asam amino yang bersulfur memiliki efektivitas tinggi yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Produksi sel darah putih yang meningkat inilah yang mengakibatkan terjaganya stamina tubuh sehingga dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang mampu menyembuhkan penyakit:

1. Manfaat bawang putih kesehatan serta mengobati nyeri

Bawang putih tunggal untuk meredakan nyeri

Bawang putih mentah memiliki manfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada tubuh yang terluka. Agar manfaatnya terasa bawang putih diramu dalam bentuk infusion. Caranya, bawang putih yang segar harus dijerang menggunakan air yang mendidih di dalam periuk tanah. Kemudian ramuan bawang putih itu digunakan untuk mengompres bagian tubuh atau kulit yang terluka.

2. Manfaat bawang putih untuk mengobati sakit perut

menyembuhkan sakit perut

Bawang putih juga berkhasiat untuk mengatasi sakit perut. Cara membuat ramuannya adalah air hasil rebusan bawang putih mentah yang dicampur dengan Myrh diencerkan terlebih dahulu dengan sejumlah air kemudian diminum.

3. Manfaat bawang putih untuk kesehatan sebagai obat sakit kepala

mengobati sakit kepala

Sakit kepala ternyata bisa diobati dengan bawang putih mentah. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah. Jika anda sedang sakit kepala anda bisa merendam bawang putih dengan air secukupnya atau dengan merebus bawang putih tersebut kemudian hasil rendaman atau rebusan tersebut langsung anda minum. Kandungan bawang putih sangat ampuh dalam menyembuhkan sakit kepala.

Manfaat Bawang Putih Dan Madu Untuk Perawatan Kulit dan Kecantikan Wajah

Manfaat bawang putih dan madu untuk kecantikan wanita

Bawang putih memiliki kandungan yang luar biasa banyak. Diantara kandungan bawang putih yang bermanfaat untuk kecantikan wajah dan perawatan kulit yaitu Vitamin A, B,C , Fosfor, Zat Besi, Kalsium, Minya atsiri, dan Belerang.

Bawang putih mampu mengatasi jerawat secara alami. Sebab bawang putih mengandung anti bakteri yang mampu mencegah peradangan dan mengandung allylsulfide atau antiseptik alami dalam mempercepat penyembuhan, mengurangi timbulnya bekas jerawat pada kulit, serta mampu mengeringkan jerawat.

Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan wanita:

1. Menyamarkan kerutan pada wajah

Menyamarkan kerutan pada wajah

Kerutan pada wajah seringkali terjadi pada usia kapan saja. Tanpa harus menunggu tua, wanita muda pun bisa mengalami kerutan pada wajah. Bawang putih tunggal bisa menjadi solusinya.

Bawang putih tunggal sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh luar dan dalam. Pori-pori kulit anda dapat mengecil, dan kulit anda pun akan kencang, halus, serta bebas dari jerawat. Caranya pun terbilang mudah. Jadikan bawang putih sebagai masker sebelum tidur. Dan lakukan secara rutin maka kerutan pada wajah akan hilang.

2. Menghilangkan jerawat

Bawang putih untuk menyembuhkan jerawat

Jerawat dapat muncul pada wajah dikarenakan beberapa sebab. Diantaranya adalah karena adanya bakteri dan kotoran pada kulit wajah. Bawang putih tunggal memiliki kandungan senyawa aktif yang bernama Allicin yang memiliki sifat antibakteri.

Zat allicin mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakannya anda bisa jadikan jus bawang putih yang dihaluskan dengan ditambahkan air dan jangan terlalu encer. Campuran bawang putih yang kental tersebut didiamkan beberapa menit kemudian dioleskan menggunakan air bersih.

Tips menyehatkan kulit wajah dari jerawat

3. Mencegah penuaan dini

mencegah penuaan dini

Bawang putih bermanfaat mencegah terjadinya penuaan dini. Senyawa aktif yang bersifat antioksidan pada bawang putih mampu meregenerasi sel kulit. Anda dapat menggunakan bawang putih secara rutin agar radikal bebas akibat paparan matahari tidak merusak sel kulit.

Cara menggunakan bawang putih agar terhindar dari penuaan dini pun cukup mudah. Cukup menjadikan bawang putih tunggal sebagai masker. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu atau susu jika anda ingin mengonsumsinya secara langsung.

4. Memperkecil pori-pori kulit wajah

Memperkecil pori-pori wajah

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangat beragam. Bawang putih memiliki senyawa anti bakteri yang mampu memperkecil pori-pori kulit wajah. Cara menggunakannya pun sangat sedernaha. Anda cukup oleskan menghaluskan bawang putih mentah secukupnya lalu menggunakannya sebagai masker yang dioleskan pada wajah. Lakukan secara rutin maka pori wajah akan mengecil dan kulit akan terlihat lebih halus dan tidak mudah berjerawat.

5. Mengobati peradangan pada kulit

Mengobati peradangan kulit

Kandungan Alicin pada bawang putih memiliki sifat inflamasi dan mampu membantu meredakan peradangan. Apabila anda menggunakan bawang putih mentah di tubuh bagian luar maka kandungan bawang putih mampu mengatasi dampak peradangan kulit. Misalnya, bercak kemerahan, bekas gata, dan ruam akibat benturan.

Untuk mengobati peradangan pada kulit anda cukup memotong satu siung bawang bawang putih yang memiliki ukuran cukup besar kemudian mengusapkannya pada kulit yang mengalami peradangan.

Manfaat bawang putih mentah untuk kulit wanita

***

Untuk menambah wawasan tentang manfaat bawang putih, sebaiknya anda meluangkan waktu sebentar untuk menyaksikan penjelasan mengenai manfaat bawang putih tunggal yang konon dipercaya sebagai obat 1001 penyakit. Berikut penjelasannya:

***

Itulah beberapa informasi tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh dan kecantikan serta mencegah penyakit. Mari budayakan hidup sehat agar kualitas hidup kita lebih baik dari hari ke hari.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *