Inilah Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Sebutir kecil kurma ternyata menyimpan manfaat yang sangat besar. Manfaat buah kurma seringkali tidak dipahami oleh banyak orang. Buah yang manfaatnya sering disebut-sebut di dalam Al Qur’an ini, merupakan buah populer di tanah air ketika bulan Ramadhan. Meskipun kurma mengandung gula dalam jumlah yang cukup besar, namun penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition menunjukkan bahwa kurma memiliki indeks glikemik rendah dan tidak secara signifikan meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.

Anda yang hanya mengkonsumsi kurma saat Ramadhan sebagai makanan pembuka puasa, maka Anda sebenarnya rugi. Karena faktanya, kurma memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Kurma merupakan sumber serat larut dan tidak larut. Sistem pencernaan membutuhkan pasokan yang cukup dari kedua jenis serat tersebut untuk memastikan pergerakan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat yang sehat, yaitu untuk memastikan saluran pencernaan memiliki waktu yang cukup untuk menyerap nutrisi, tetapi juga untuk memastikan makanan tidak punya waktu untuk terfermentasi. Kurma juga dapat membantu meringankan sembelit.

  • Mengatur kadar kolesterol LDL
    Serat membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat LDL yang diserap oleh saluran pencernaan. Kolesterol LDL menempel pada pembuluh darah dan berpotensi menyebabkan penyumbatan yang bertanggung jawab pada risiko penyakit jantung.
  • Mengobati mati rasa
    Neuropati perifer memiliki gejala berupa rasa sakit dan mati rasa atau kelemahan di tangan dan Neuropati perifer adalah komplikasi umum yang sering dialami oleh pasien diabetes, dan penyebabnya sebagian besar karena kerusakan saraf. Kondisi ini sangat sulit diobati, dan perawatan yang bisa dilakukan hanyalah untuk menghilangkan gejala daripada mengobati kondisi tersebut. Ekstrak buah kurma dapat melindungi tubuh dari kondisi neuropati perifer dan mengobati beberapa gejalanya.
  • Mencegah sumbatan pada arteri
    Sering dijuluki silent killer, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) adalah penyebab terbesar dari serangan jantung dan stroke. Kondisi mematikan ini terjadi sebagai akibat dari penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Dalam aterosklerosis, plak menumpuk di dinding arteri yang menyebabkan penyumbatan. Jika plak ini lepas dari arteri, penyumbatan yang terjadi dapat memotong aliran darah ke berbagai organ vital.
    Kurma mengandung antioksidan dan asam fenolik yang menawarkan efek anti-aterogenik dan mencegah penyumbatan arteri.
  • Melindungi hati
    Racun, polusi, dan bahan kimia dalam makanan dapat mempengaruhi dan bahkan merusak kesehatan dan fungsi hati. Hati bertanggung jawab untuk memproduksi sebagian besar senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan. Hati juga menyaring darah dari racun-racun. Fibrosis hati merupakan konsekuensi dari penyembuhan luka yang terjadi di hati sebagai akibat dari kerusakan hati. Ketika hati rusak, jaringan ikat yang terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan dan kelebihan kolagen dan senyawa lainnya akan mempengaruhi fungsi hati. Kurma serta ekstrak biji kurma membantu mengurangi fibrosis hati yang mungkin terjadi, dan juga dapat membantu mengatasi sirosis hati.
  • Mengurangi peradangan
    Peradangan sebenarnya proses penyembuhan. Tapi, pada peradangan kronis merupakan penyebab dari banyak penyakit gaya hidup seperti alergi, asma, radang sendi, bahkan beberapa jenis kanker. Kurma dan ekstrak biji kurma mengandung senyawa yang mengurangi produksi sitokin inflamasi yang bertanggung jawab untuk peradangan.
  • Perlindungan antioksidan
    Tak usah mahal-mahal membeli suplemen antioksidan jika sebutir kurma sudah mampu menyediakannya. Antioksidan telah terbukti memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan. Kurma mengandung sejumlah senyawa yang menyediakan tambahan perlindungan antioksidan bagi tubuh.
  • Mendukung kehamilan dan persalinan yang sehat
    Dalam sebuah penelitian pada wanita hamil, konsumsi kurma akan meningkat dilatasi serviks dan mendorong terjadinya persalinan spontan, yang berarti akan meminimalkan risiko diinduksi.
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
    Serat tidak hanya mendukung sistem pencernaan yang sehat, tetapi juga berperan dalam mendukung kesehatan jantung. Jumlah sehat serat sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol, untuk membantu mengontrol tekanan darah, dan untuk mengatur kadar glukosa darah.

Demikianlah beberapa manfaat buah kurma yang harus kita ketahui. Dengan mengetahui manfaat buah kurma maka seharusnya kita sadar bahwa buah kurma sebaiknya menjadi pilihan utama dalam kehidupan sehari-hari.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.