transfusi darah
transfusi darah

Manfaat dan Bahaya Transfusi Darah Ini Harus Anda Ketahui

Posted on

Transfusi darah merupakan suatu proses menyalurkan darah dari tabung darah ke dalam tubuh. Transfusi darah biasanya dilakukan pada saat kita sakit atau kekurangan darah. Tindakan ini dilakukan agar tubuh tidak kekurangan darah dan lemah tak berdaya. Sebab tubuh yang sehat sejatinya membutuhkan asupan darah yang cukup. Untuk itu anda perlu menjaga kesehatan agar tidak sampai melakukan transfusi . Meskipun langkah transfusi diyakini sangat bermanfaat, namun ternyata hal itu juga mengandung risiko negatif bagi tubuh.

Secara umum donor darah di Indonesia dikelola serta diawasi secara langsung oleh PMI atau Palang Merah Indonesia. Organisasi resmi yang ditunjuk oleh pemerintah ini bertugas untuk mengumpulkan darah sebanyak mungkin dari masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Selain mengumpulkan, PMI juga bekerja keras untuk mendistribusikan darah tersebut ke rumah sakit yang ada di dekat wilayah PMI dan juga kepada siapa saja yang sedang membutuhkan.

Kegiatan donor darah sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup dengan 1 hingga 2 jam saja maka proses transfusi darah akan selesai. Namun waktu lama dan cepatnya transfusi darah sangat tergantung pada kuantitas darah yang diambil. Proses transfusi darah tidak dapat dilakukan dengan semena-mena. Sebab sebelum anda mendonorkan darah maka golongan darah dari pendonor serta rhesus (Rh) harus disesuaikan dengan penerima darah terlebih dulu. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi transfer penyakit yang tidak diinginkan.

Manfaat dari Transfusi Darah

Transfusi darah dapat menolong nyawa orang lain. Inilah manfaat sekaligus fakta nyata yang tidak dapat dipungkiri lagi. Sebab orang yang kekurangan darah kemungkinan besar nyawanya tidak tertolong lagi. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat memanfaatkan donor darah:

  • Wanita hamil yang melahirkan dan kekurangan darah. Kondisi seperti ini dapat dibantu dengan proses donor darah. Sebab tidak jarang wanita yang melahirkan justru mengalami pendarahan berat. Kondisi ini dapat mengakibatkan kekurangan sel darah merah dan dapat mengakibatkan kematian.
  • Transfusi darah juga sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang menjalani operasi. Orang yang dioperasi bisa jadi akan kehilangan darah yang luar biasa banyak. Untuk itu mereka sangat membutuhkan transfusi darah.
  • Orang yang mengalami infeksi serta luka bakar juga sangat membutuhkan donor darah
  • Orang yang menderita kanker
  • Orang yang mengalami gagal hati yang sangat parah
  • Orang yang mengalami kelainan darah serta pengidap thalasemia.

Bahaya Transfusi Darah

Di samping donor darah membawa berjuta manfaat baik bagi pribadi maupun orang lain namun ketika dilakukan di luar prosedur yang berlaku di dunia medis justru dapat berakibat fatal. Berikut ini adalah beberapa risiko dari transfusi darah.

  • Orang yang sedang melakukan transfusi darah biasanya akan mengalami demam. Sebenarnya demam ini bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Ini merupakan reaksi dari darah yang masuk. Akan tetapi kondisi ini perlu dikontrol langsung oleh dokter agar tidak terlanjur lebih parah.
  • Ketika anda melakukan transfusi darah ada kemungkinan anda akan mengalami alergi. Alergi merupakan reaksi tubuh terhadap zat atau protein yang baru diterima oleh tubuh.
  • Apabila pendonor darah mengidap penyakit infeksi dan lolos dari pengecekan tentu ini sangat berbahaya. Sebab penyakit infeksi tersebut akan menular melalui darah yang ditransfer ke dalam tubuh anda.
  • Orang yang salah dalam melakukan transfusi darah memiliki kemungkinan mengalami cedera paru. Paru-paru yang termasuki darah kotor akan mengalami peradangan sehingga mengakibatkan paru-paru kekurangan oksigen. Kondisi ini akan mengakibatkan pada kematian.

Selain risiko di atas masih banyak lagi risiko yang dihadapi oleh orang yang mendapati tranfusi darah. Bisa jadi kelebihan zat besi dan kelebihan cairan dan lain sebagainya. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam melakukan donor darah.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.