Manfaat dan Tips Menggunakan Internet secara Sehat

0
54

Internet telah merambah segala kalangan dewasa ini, hal yang ditawarkan internet yakni berupa “kesetaraan” berhasil membuat penggunanya membludak dari berbagai kalangan dan usia. Siapapun bisa menggunakan internet memang terkesan kalimat yang menguntungkan, internet menghadirkan segala sesuatu yang kita ingin ketahui tanpa lekang oleh waktu.

Kita bisa saja memperoleh informasi tentang kejadian bahkan ilmu yang tidak dipelajari di sekolah formal. Internet menjadi sesuatu yang boleh dikatakan bergeser fungsinya menjadi salah satu kebutuhan primer. Beberapa orang mengakui bahwa tidak ‘berselancar’ di dunia maya beberapa waktu saja dapat membuat seseorang merasa sangat ketinggalan informasi.

Pergerakan teknologi yang sangat cepat ini, layaknya dua sisi mata uang, juga memiliki potensi untuk memicu hal-hal negatif. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa terms “Siapapun bisa menggunakan Internet”—ini bisa menjadi blunder bagi kita. Makin meratanya pengguna internet ini bisa banyak merambah kalangan pelajar, dari segala tingkat, bahkan pelajar SD sudah menggunakan internet, namun sayangnya hal ini membuat pergerseran informasi terkait internet, lebih dari 75 % pelajar pengguna internet hanya menggunakannya untuk situs jejaring media social dan game online.

Ini merupakan hal yang mengancam kerusakan moral para pelajar. Selain itu akses informasi yang tidak terbatas ini memicu para pelajar untuk mencari hal-hal yang membuat mereka penasaran seperti informasi tabu yang tidak pernah dibahas secara gamblang.

Pornografi dan phising juga marak terjadi, oleh Karena itu, terdapat sebuah inisiasi yang dilansir oleh ICT watch yakni dengan menggunakan internet aman dan sehat. Inisiasi ini berupa program kampanye tentang penggunaan internet secara sehat, dalam artian menggunakan internet secara positif. Internet sehat ini telah dicetuskan sejak 2002 dan mendapat respon positif dari seluruh stakeholder termasuk pemerintah, kalangan pengembang, pelajar dan masyarakat umum.

Gerakan Internet sehat ini dipicu oleh kekhawatiran dan keprihatinan keadaan generasi dengan adanya internet. Kehadiran internet yang seharusnya menjadi hal yang menguntungkan karena tidak ada lagi batasan dan menawarkan kesetaraan dalam semua hal, tidak dibarengi dengan kesadaran hal-hal negatif yang dapat dipicu dari internet.

Untuk itu melalui gerakan ini dibahas isu-isu mengenai dampak internet baik dari segi positif maupun negatif dan mengajak seluruh kalangan terkait untuk peduli dan menyadari bahaya yang sedang mengancam. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendukung gerakan internet sehat antara lain:

  1. Peka dan hindari aktivitas atau forum yang menjurus pada aktifitas kejahatan di Internet
  2. Postinglah sesuatu yang bermanfaat dan pastikan kamu dapat mempertanggungjawabkan apa yang kamu posting
  3. Berikan Sosialisasi kepada anak sejak dini soal positif negatif dan hal yang mungkin terjadi saat penggunaan internet
  4. Pasanglah aplikasi parental control untuk orang tua yang mengizinkan anaknya menggunakan internet
  5. Sebisa mungkin kurangi ketergantungan terhadap internet dan nikmati waktu yang ada dengan aktivitas-aktivitas nyata yang memicu interaksi dengan orang-orang

Demikian merupakan hal-hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membantu gerakan internet sehat, sadari dan pahami bahaya internet yang mengancam dan pergunakan internet secara bijak merupakan solusi yang simple dari segala bentuk hal-hal negatif yang diusung oleh internet.

Namun, terlepas dari hal tersebut, janganlah kita berpikir skeptic bahwa internet hanya akan membawa dampak negatif. Internet sebagaimana kita ketahui akan sangat bermanfaat jika digunakan secara tepat. Terlebih lagi internet memudahkan akses kita dalam melakukan segala hal, yang dewasa ini seluruhnya telah terintegrasi. Maka, jadilah hebat dengan menggunakan internet secara sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here