Manfaat Garam Untuk Menjaga Kesehatan Usus Besar
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Garam Untuk Menjaga Kesehatan Usus Besar
manfaat garam

Manfaat Garam Untuk Menjaga Kesehatan Usus Besar

Manfaat garam ternyata sangat besar untuk menjaga kesehatan usus besar. Usus besar bisa bersih dari penyakit hanya dengan memanfaatkan garam dapur. Kini anda tidak perlu lagi hawatir

Penyebab utama menjamurnya penyakit degeneratif adalah trend gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga, mengonsumsi makanan cepat saji dan tinggi kolesterol, merokok, serta minum minuman berakohol. Kebiasaan mengonsumsi makanan – makanan yang tidak sehat tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan penumpukan racun di dalam usus besar. Sehingga berakibat pada munculnya berbagai jenis penyakit, seperti kolistis dan kanker usus besar.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan usus besar adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan proses pembersihan usus besar. Metode pembersihan usus besar yang sering dilakukan secara medis adalah hidroterapi usus.

Hidroterapi usus merupakan metode pembersihan usus besar dengan cara mengalirkan air ke usus besar menggunakan alat berbentuk spekulum melalui rektum. Beberapa studi telah menyebutkan bahwa terapi ini dapat menimbulkan efek samping, diantaranya kram pada perut, kembung, ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh, muntah, bahkan penyakit gagal ginjal. Di samping itu, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan terapi ini juga cukup mahal.

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk proses pembersihan usus besar yaitu melalui detoksifikasi alami. Metode detoksifikasi alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan garam laut. Garam laut merupakan bahan alami yang berkhasiat efektif untuk membantu proses detoksfikasi tubuh. Garam laut tidak hanya membersihkan racun-racun di dalam usus besar, tetapi juga racun di seluruh organ pencernaan.

Manfaat Garam Untuk Menjaga Kesehatan Usus Besar

Air garam mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya mengobati penyakit tenggorokan, menyembuhkan luka di kulit, memurnikan darah, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Selain itu, air garam juga mempunyai khasiat sebagai agen pembersih usus besar.

Penggunaan Air Garam Untuk Detoksifikasi Usus Besar:

Prosedur penggunaan air garam untuk proses detoksifikasi usus besar ada 2 macam, yaitu melalui pemijatan dan pengonsumsian secara langsung.

1. Pemijatan

  • Campurkan 1 sdm garam laut ke dalam segelas air putih
  • Didihkan selama beberapa menit
  • Setelah mendidih, gunakan air garam untuk memijat perut secara lembut (cara pemijatannya dari atas ke bawah)

Pemijatan dengan air garam ini dapat merangsang pergerakan usus besar, membantu pengeluaran limbah, racun, bakteri, dan parasit lainnya dari  usus besar. Sebaiknya lakukan metode pemijatan dengan air garam ini sebanyak 5 kali dalam sebulan.

2. Pengonsumsian

  • Tambahkan ½ sdt garam laut pada 1 Liter air hangat
  • Minum secara perlahan-lahan, jangan sekaligus
  • Baringkan tubuh anda ke kanan agar air garam mencapai sisi kanan perut
  • Setelah 30 menit, anda bisa melakukan aktivitas kembali

Untuk hasil yang optimal, sebaiknya selingi terapi ini dengan melakukan olahraga yoga. Biasanya, setelah mengonsumsi 6-7 Liter air garam maka BAB yang keluar menjadi lunak dan berwarna kuning. Saat BAB sudah lancar, sebaiknya hentikan terapi dengan air garam ini. Efek samping yang mungkin terjadi adalah diare, hal ini menunjukkan bahwa proses detoksifikasi anda telah berhasil.

Hal yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi air garam secara berlebihan, sebab pengonsumsian air garam secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Untuk penderita tekanan darah rendah kronis, batu empedu, gastritis, hernia, diabetes kronis, gangguan ginjal, infeksi usus, dan wanita yang sedang menstruasi, sebaiknya menghindari terapi konsumsi air garam ini.

Demikianlah manfaat garam untuk menjaga kesehatan usus besar.

Semoga dapat bermanfaat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *