Manfaat Beristirahat Yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Dalam sebuah survei yang dilakukan Women’s Health Amerika dan acara televisi The Doctors ditemukan bahwa 63 persen wanita yang diteliti mengatakan bahwa mereka jarang memprioritaskan waktu istirahat dalam rutinitas harian. Sedangkan pada penelitian lain yang dilakukan Pew Research Center menemukan bahwa 91 persen kelompok pekerja di era millenium ini telah meremehkan konsep relaksasi. Apakah ini pertanda baik yang menunjukkan betapa produktifnya generasi masa kini? Tidak. Justru sebaliknya, ketidakmampuan untuk rileks akan berakibat tidak sehat pada tubuh.

Waspada jika Anda tak pernah menyediakan waktu untuk bersantai, karena tubuh lama-kelamaan bisa kehilangan kemampuannya untuk bersantai. Ini artinya, tubuh tidak pernah kembali kepada kondisi tenang dan jadi terprogram untuk selalu dalam kondisi stres. Akibatnya, kelenjar adrenalin bekerja 24 jam nonstop, mengeluarkan hormon stres kortisol yang bisa menyebabkan masalah pencernaan dan keletihan. Keluhan pencernaan yang timbul antara lain nafsu makan berkurang, yang akan memperparah kondisi fisik yang sedang mengalami kelelahan tersebut. Bisa juga disertai dengan mual bahkan muntah, serta nyeri di ulu hati.

Bagi sebagian orang merasa bahwa kelelahan yang dialaminya bisa diatasi dengan doping kafein, yang terdapat pada kopi atau minuman berenergi. Padahal, kafein memiliki efek samping yang perlu diwaspadai meski ia juga bisa membantu Anda tetap terjaga. Saat lembur malam, ketika asam lambung sudah otomatis meningkat, penambahan kafein atau minuman energi akan memicu gangguan lambung akibat meningkatnya jumlah asam lambung. Ditambah, kafein juga memberi efek samping pada jantung. Dalam dosis tinggi, kafein membuat jantung berdebar-debar dan tekanan darah meningkat. Tentu saja efek ini akan semakin memperparah kondisi Anda yang sebenarnya sedang kelelahan.

Jangan biarkan kesibukan memonopoli waktu dan tubuh Anda. Sebelum tubuh kehilangan kemampuannya untuk bersantai, segeralah lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Biasakan untuk memberi ‘hadiah’ waktu santai bagi diri sendiri setiap kali target pekerjaan Anda tercapai. Semangat bekerja memang bermanfaat, terutama di zaman yang serba kompetitif ini. Tapi, tak ada salahnya mengendurkan sedikit semangat Anda setelah target tercapai.
  2. Saat sedang asyik-asyiknya bekerja, Anda mungkin akan merasa sedikit enggan beranjak dari kursi kerja meski jam sudah menunjukkan pukul 11 malam. Jangan biarkan sindrom ‘tanggung’ ini menguasai Anda. Selain berisiko kekurangan waktu tidur, melakukan pekerjaan sebelum tidur justru akan membuat Anda merasa gelisah.
  3. Jika duduk diam tanpa melakukan apa-apa saja sudah membuat Anda tak sabar, berarti Anda memang belum siap untuk melakukan meditasi sebagai salah satu upaya relaksasi. Sebagai gantinya, belilah CD relaksasi untuk pikiran dan tubuh, dimana akan ada suara profesional terlatih yang memandu Anda untuk relaks. Fokuslah pada apa yang Anda dengar.
  4. Menghitung napas adalah salah satu cara mengatasi kegelisahan. Bernapas dalam-dalam juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan energi. Mulailah dengan mencoba bernapas dengan hitungan 2 – 1, hembuskan napas 2 kali lebih lama dibanding menarik napas, selama 10 – 20 menit.
  5. Terkadang, cara terbaik untuk melawan kegelisahan adalah dengan mengakui kalau Anda mengalaminya. Saat Anda mulai merasa gelisah, ambil waktu sejenak untuk mengenali apa yang sedang terjadi. Tak harus langsung bereaksi terhadap dorongan untuk bergerak, sih, yang penting sadari saja dulu bahwa Anda memang memiliki masalah dalam mengendalikan kegelisahan.

Tubuh sangat memerlukan istirahat. Manfaat istirahat dapat dirasakan bagi tubuh apabila tubuh mendapatkan porsi istirahat yang cukup untuk menjalankan metabolisme tubuh. Untuk itu perhatikan istirahat anda agar dapat merasakan manfaat istirahat.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.