Manfaat Kalsium Bagi Pertumbuhan Kesehatan Anak

0
61
manfaat kalsium untuk kecerdasan anak

Manfaat kalsium sangat berguna bagi kesehatan anak. Anak membutuhkan manfaat kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tubuh dan juga otak anak. Anak yang tercukupi kalsiumnya akan tumbuh dengan optimal.

Kalsium merupakan salah satu jenis nutrisi yang selalu dibutuhkan oleh tubuh terutama tubuh anak-anak. Akan tetapi di masyarakat Indonesia umumnya masih banyak sekali anak-anak yang justru kekurangan kalsium. Bahkan suatu hasil penelitian dari British Research Nutrition menyimpulkan bahwa masyarakat Indonesia rata-rata hanya mengonsumsi kalsium sebanyak 40%. Tentu saja angka tersebut masih jauh dari standar yang dibutuhkan tubuh.

Kalsium dibutuhkan oleh anak-anak untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi agar dapat tumbuh secara maksimal dan kesehatannya pun terjaga. Oleh karena itu para orang tua perlu sadar akan pentingnya kalsium bagi anak-anak terutama yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat kalsium yang harus diketahui oleh semua orang agar pertumbuhannya selalu dalam keadaan sehat.

  • Manfaat Kalsium untuk pertumbuhan tulang

Salah satu khasiat dari kalsium yaitu untuk menunjang pertumbuhan tulang anak. Kandungan dari tulang manusia adalah 99% dari kalsium. Nah, agar tulang anak dapat tumbuh secara maksimal maka kalsium yang dibutuhkan anak pun harus selalu tercukupi. Secara umum ketika anak kekurangan kalsium maka ia akan selalu merasa lesu dan lemah, sering berkeringat, mengalami kram otot, tidurnya terganggu, nyeri pada perut, hingga terjadinya pengeroposan tulang. Kondisi seperti ini tentu akan sangat mengganggu perkembangan kesehatan anak. Untuk itu agar anak terjaga dari segala jenis penyakit maka penuhilah kebutuhan kalsiumnya sejak dini.

  • Manfaat Kalsium untuk menunjang metabolisme tubuh

Kalsium adalah salah satu mineral yang memenuhi tubuh manusia. Dan fungsi lain dari kalsium bagi tubuh ialah untuk menunjang metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Nah, agar metabolisme darah khususnya dapat terjaga maka asupan kalsium yang masuk pun harus tercukupi. Sebab 1% kalsium juga terdapat di dalam darah serta jaringan lunak. Meskipun sedikit tapi tetap saja harus terpenuhi secara maksimal.

manfaat kalsium untuk kesehatan anak

  • Manfaat Kalsium untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang

Wujud tulang pada tubuh adalah sumber cadangan kalsium tubuh. Ketika seseorang tidak tercukupi kebutuhan kalsiumnya maka tubuh akan mengambilnya dari tulang. Dan apabila kalsium tidak dipenuhi dalam waktu yang lama maka bisa ditebak akibatnya yaitu akan terjadi pengeroposan pada tulang. Maka tidak heran apabila anak-anak yang selalu terpenuhi kalsiumnya maka akan jauh dari kemungkinan tulang keropos pada masa-masa dewasanya nanti.

  • Manfaat Kalsium untuk mengoptimalkan tinggi badan

Karena kalsium menunjang pertumbuhan tulang maka mau tidak mau kebutuhan ini harus selalu terpenuhi. Sebab pertumbuhan tulang akan berpengaruh juga pada pertumbuhan fisik manusia yaitu tinggi badan. Anak yang memiliki tinggi badan normal –selain karena gen- bisa jadi dikarenakan asupan kalsiumnya yang selalu tercukupi pada masa anak-anak. Karena kalsium adalah nutrisi utama tulang maka seharusnya orang tua mulai memberikan makanan-makanan yang baik untuk menunjang pertumbuhan tulang anak-anak di masa remaja nanti.

Meskipun kalsium sangat berperan aktif pada pertumbuhan tulang namun di samping itu kalsium juga sangat dibutuhkan oleh otak anak. Sebab kalsium yang masuk ke dalam tubuh akan diserap juga oleh sel saraf anak. Ketika saraf kekurangan kalsium maka pesan akan sulit disampaikan ke otak anak. Dan saraf yang tercukupi kebutuhan kalsiumnya maka akan dengan mudah menerima informasi dari luar dan mengolahnya di otak. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium ini anda bisa memberikan asupan susu yang cukup pada anak agar kebutuhan kalsiumnya terpenuhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here