Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

0
74

Direktori Artikel Kesehatan – Madu sangat dikenal di dunia kesehatan. Sebab dalam madu terkandung banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh. Sebelum dunia kedokteran modern berkembang, madu telah dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu makanan yang memiliki khasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dunia medis modern pun telah menjelaskan bahwa madu sangat berkhasiat dan mujarab. Oleh sebab itu, banyak sekali dokter yang menganjurkan untuk mengonsumsi madu dalam jumlah yang cukup agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik, terutama kesehatan jantung.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh madu:

Madu sebagai pengganti gula

Madu memiliki rasa yang manis sehingga madu dapat dijadikan bahan tambahan pengganti gula. Bahkan madu diyakini lebih menyehatkan dibandingkan dengan gula. Anda bisa mencampur madu dengan susu agar memberikan rasa manis yang maksimal. Untuk itu anda bisa mulai mengurangi asupan gula dan menggantinya dengan madu agar kekebalan dan kesehatan tubuh anda selalu terjaga dengan baik.

Madu sangat mudah dicerna tubuh

Keunggulan madu lainnya adalah mudah dicerna oleh tubuh. Meskipun madu mengandung asam yang cukup tinggi, akan tetapi madu merupakan makanan yang mudah dicerna oleh perut bahkan perut yang paling sensitif sekali pun. Sebab kandungan molekul gula pada madu mampu berubah menjadi gula dalam bentuk lain yaitu glukosa.

Madu sebagai sumber mineral dan vitamin

Madu juga memiliki keunggulan lain yang mana madu mengandung berbagai vitamin serta mineral. Jenis vitamin dan mineral yang terkandung pada madu sangat bergantung pada jenis bunga yang dimakan oleh lebah. Secara umum madu memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin C yang sangat membantu metabolisme tubuh.

Madu sebagai sumber antioksidan

Madu juga mengandung zat nutraceuticals. Zat tersebut sangat efektif dalam upaya menghilangkan radikal bebas yang terdapat pada tubuh manusia sehingga mampu meminimalisir pengaruh buruk dari radikal bebas. Antioksidan yang terkandung pada madu juga mampu memberikan manfaat berupa kecantikan serta kesehatan kulit. Lebih dari itu, zat antioksidan atau pinocembrin juga sangat mudah ditemukan pada madu. Sehingga tubuh yang mengonsumsi madu dalam jumlah cukup akan menjadikan tubuh lebih sehat dan akan terhindar dari segala jenis penyakit. Bahkan madu mampu membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Madu mampu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh

Kelebihan madu lainnya ialah madu mengandung kadar protein yang relatif kecil yaitu kurang lebih 2,6 %. Akan tetapi madu mengandung asam amino yang sangat beragam. Baik itu asam amino non esensial maupun asam amino esensial. Kandungan asam amino inilah yang mampu memenuhi kebutuhan protein pada balita. Artinya madu sangat baik dikonsumsi oleh semua usia.

Madu mengandung zat antibiotik

Menurut penelitian yang dilakukan Peter C. Molan dari Departement of Biological Sciences membuktikan bahwa madu mengandung antibiotik yang mampu melawan serangan berbagai jenis patogen yang menjadi penyebab penyakit. Beberapa jenis penyakit yang mampu disembuhkan dengan cara mengonsumsi madu di antaranya ialah demam, batuk, penyakit jantung, gangguan hati, paru-paru, penyakit mata, penyakit saraf, penyakit telinga, infeksi pernafasan dan berbagai jenis penyakit berat lainnya. Madu juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh dengan cara memproduksi enzim hidrogen peroksida sehingga madu dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk meminimalisir penyakit menyerang ke tubuh manusia.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa madu memiliki khasiat yang sangat beragam bagi kesehatan tubuh. Untuk itu sebaiknya anda selalu menyediakan madu dalam hidangan sehari-hari agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here