Thursday , June 22 2017
Home / Tips Kesehatan / Kesehatan Jantung / Manfaat Madu Bagi Kesehatan Wajah dan Tubuh

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Wajah dan Tubuh

Khasiat madu untuk kesehatan telah disebutkan di dalam Al Qur’an.  Kini, manfaat madu telah dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Melalui Al Qur’an surat An Nahl 68 – 69, Allah SWT menjelaskan kepada kita tentang lebah dan madu seperti berikut: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah:

“Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”.

Dari dua ayat di atas, jelas bahwa madu telah disediakan oleh Allah SWT melalui perantara lebah sebagai obat bagi manusia. Dan seiring dengan perkembangan zaman, telah dibuktikan bahwa madu memang benar-benar terbukti memiliki khasiat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat madu adalah sebagai pemanis alami yang menyehatkan. Dalam satu sendok makan madu mentah, hanya terkandung 64 kalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan bebas sodium. Selain itu, madu memiliki komposisi 80 persen karbohidrat, 18 persen air, dan 2 persen vitamin, mineral, dan asam amino.

Manfaat madu juga dapat dirasakan bagi kecantikan wajah. Jika anda ingin mendapatkan wajah cantik berseri dan awet muda maka perbanyaklah konsumsi madu. Madu mengandung vitamin yang tidak dimiliki oleh sumber makanan lain. Tidak heran jika madu dari dulu hingga kini selalu memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebelum memutuskan untuk memanfaatkan madu sebagai penjaga kesehatan keluarga, perlu Anda ingat bahwa madu sebaiknya tidak diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun. Madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan botulisme pada bayi dengan gejala berupa kelemahan otot dan masalah pernapasan. Setelah usia 12 bulan, barulah Anda boleh memberikan madu pada anak Anda, karena umumnya sistem pencernaannya sudah lebih matang dan siap untuk menangani spora.

manfaat madu untuk wajah

Secara garis besar, inilah beberapa manfaat madu untuk kesehatan yang bisa Anda coba:

  1. Membantu mengatasi alergi

Dr. Matthew Brennecke, ahli naturopati bersertifikat di Amerika, menyebutkan bahwa madu bisa diibaratkan vaksin alami. Madu berisi sejumlah kecil serbuk sari, yang jika terkena tubuh dalam jumlah kecil, dapat memicu respon imun yang menghasilkan antibodi terhadap serbuk sari tersebut. Setelah paparan berulang, tubuh Anda akan membangun antibodi sehingga serbuk sari tak lagi menjadi alergen. Kadar histamin yang diproduksi tubuh menurun, yang menunjukkan bahwa respon alergi menjadi lebih rendah.

  1. Sebagai minuman energi alami

Madu adalah sumber energi alami yang hanya mengandung 17 gram karbohidrat per sendok makan. Kandungan gula alaminya ─fruktosa dan glukosa─ langsung memasuki aliran darah dan dapat memberikan energi dalam waktu singkat.

  1. Meningkatkan memori otak

Kandungan antioksidan pada madu dapat membantu mencegah kerusakan dan kehilangan sel pada otak. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2011 menunjukkan bahwa konsumsi satu sendok madu setiap hari dapat meningkatkan memori pada wanita menopause, sehingga diduga bahwa madu dapat menjadi terapi alternatif pada masalah penurunan intelektual yang berhubungan dengan hormon. Diduga, hal ini berkaitan dengan kemampuan madu untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Seperti yang diketahui, otak membutuhkan kalsium untuk memproses pikiran dan membuat keputusan.

  1. Membantu meredakan batuk

Batuk yang tak kunjung henti bisa diatasi dengan dua sendok teh madu, demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam jurnal Pediatrics. Anak-anak usia 1 sampai 5 tahun yang mengalami batuk di malam hari karena pilek, dilaporkan menjadi lebih jarang batuk ketika diberi dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur.

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Mirip dengan gula, madu dapat menyebabkan kenaikan insulin dan melepaskan serotonin, hormon yang menimbulkan perasaan bahagia dan nyaman. Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur lama dan kualitas tidur. Tak heran jika orang yang rutin mengonsumsi madu menjadi lebih mudah tidur nyenyak di malam hari.

  1. Menyembuhkan luka

Madu merupakan antibiotik alami yang dapat bekerja baik di dalam maupun di luar tubuh. Di luar tubuh, madu dapat digunakan sebagai pengobatan untuk luka, termasuk luka bakar. Madu bersifat desinfektan pada luka terhadap jenis bakteri yang tahan methicillin, yaitu Staphylococcus aureus.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan wajah dan tubuh kita. Mari membudayakan diri mengonsumsi madu agar tubuh kita semakin sehat alami.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *