Manfaat Madu Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Madu Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut
manfaat madu

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Manfaat madu sangat besar untuk kecantikan wajah dan rambut. Manfaat madu juga sangat besar untuk kesehatan tubuh secara umum.. Siapa sih yang tidak suka madu? Semua pasti suka. Rasanya yang manis alami itu membuat semua orang suka memakai madu dalam berbagai resep makanan. Madu asli, yang diambil dan diolah secara tradisional memiliki khasiat yang tinggi baik untuk kesehatan, dan kecantikan. Madu asli biasanya berwarna kuning kecoklatan, pekat, dan rasa manis yang khas.

Jangan salah, banyak madu palsu loh yang beredar diluar sana, nah ketika anda ingin menggunakan madu untuk kecantikan, perhatikan madu yang anda beli. Pilih madu yang benar-benar berkualitas, jangan beli madu yang dijual sembarangan. Madu juga bagus untuk kesehatan, dan juga bagus bagi kalian yang lagi dalam program diet loh, mengkonsumsi madu secara rutin dapat mengontrol berat badan kita loh. Dari sisi kecantikan, madu juga punya banyak manfaat untuk perawatan wajah.

Dengan cara pengaplikasian yang berbeda-beda, madu juga mempunyai khasiat yang berbeda-beda. Baik untuk kulit wajah, bibir, bahkan rambut. Mau tau gimana caranya? Simak tips-tips berikut.

  1. Manfaat Madu Untuk Mencerahkan kulit

Madu mempunyai banyak khasiat, salah satunya merupakan mencerahkan kulit. Madu asli dan madu alami mempunyai beberapa kandungan zat yang sangat membantu dalam proses mencerahkan kulit. Cara implementasinya gampang banget kok. Caranya dengan menjadikan madu sebagai scrub. Campurkan tomat yang sudah ditumbuk dengan madu, sampai menjadi pasta yang kental. Setelah itu, olehkan ke kulit yang agak hitam, seperti punggung tangan, siku, lutut, dan beberapa bagian lain dan tunggu selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Manfaat Madu Untuk Melembabkan kulit

Selain mencerahkan, madu juga bisa melembapkan kulit loh. Punya kulit wajah yang kusam dan kering itu merupakan disaster banget kan bagi kita. Nah, madu merupakan salah satu kuncinya. Oleskan saja madu asli ke wajah merata secara rutin, tunggu 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lalu foala~ kulit bakalan terasa lebih lembut. Ingat, lakukan ini secara rutin setiap hari ya!

  1. Manfaat Madu Untuk Menghilangkan bekas jerawat

Jerawatnya udah ilang, tapi bekasnya belom. Duh, nyebelin banget kan? Nah, madu ini sendiri, mempunyai kandungan zat yang bernama kolagen yang berfungsi untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Caranya sama seperti diatas, oleskan madu secara merata ke wajah, diamkan 30 menit dan bilas dengan air hangat. Wuhuu~ dapat dua manfaat sekaligus kan dalam satu kali masker?

  1. Manfaat Madu Untuk Melembabkan dan memerahkan warna bibir

Nah, ini nih. Bagi kalian yang punya bibir agak sedikit kehitaman di area pinggiran bibir, serta bibir yang pecah-pecah. Madu bisa jadi salah satu solusi untuk kalian. Sebelum tidur, oleskan madu secara merata keseluruh bagian bibir. Biarkan sampai kering lalu bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin, dan lihat hasilnya J

  1. Manfaat Madu Untuk Menjaga kelembaban rambut dan membuat rambut lebih berkilau.

Jadi scrub udah, perawatan wajah juga udah. Hmmm, apalagi ya? Yups. Rambut. Nggak Cuma buat kulit, madu juga baik untuk kecantikan rambut. Kalau kalian kehabisan conditioner atau masker rambut, pakai saja madu sebagai penggantinya. Caranya, Campurkan setengah cangkir madu dan seperempat cangkir minyak zaitun. Oleskan ke rambut dari ujung sampai ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit. Lalu bilas.

manfaat madu untuk wajah

Aneka Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Madu merupakan obat paling lezat yang ada di muka bumi. Selain rasanya yang nikmat madu juga mengandung banyak manfaat. Walau pun tergolong sebagai obat, madu juga dapat digunakan untuk mempercantik diri. sejak zaman dahulu madu telah digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Madu sangat kaya akan vitamin, mineral, potassium, dan antioksidan yang dapat menutrisi kulit. Madu juga dapat digunakan sebagai masker, pelembab, dan penyegar.

  1. Penyegar

Madu yang digunakan sebagai penyegar dapat anda buat sendiri dirumah. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok the madu dengan 1 sendok air perasan lemon, kemudian tambahkan putih telur. Campur hingga rata. Anda dapat menggunakan penyegar madu ini seminggu sekali dengan mengoleskannya pada wajah dan leher  yang telah dibersihkan sebelumnya, diamkan hingga mongering dan basuh dengan air hangat. Masker penyegar madu ini sangat cocok untuk jenis kulit normal dan kulit normal yang cendrung berminyak.

  1. Masker pembersih

Masker pembersih madu ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kulit kusam. Caranya dengan mencampur  1 sendok makan madu, 1 sendok the gliserin yang dapat anda beli di apotek, serta 1 putih telur, dan 1 sendok the tepung terigu. Anda dapat menggunakan masker alami ini sebagai penggati masker yang anda gunakan karena lebih alami dan aman. Cara menggunkannya pun mudah layaknya menggunakan masker biasa, anda hanya perlu mengoleskan secara merata pada kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya,tunggu hingga kering lalu basuh dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk. Cara mengeringkannya adalah dengan menepuk-nepuk handuk ke kulit wajah secara perlahan, bukan dengan menggosokkan handuk ke kulit wajah.

  1. Pelembab

Untuk madu yang digunakan sebagai pelembab bibir, anda hanya perlu mengoleskan madu ke bibir anda sebelum tidur dan membilasnya saat anda bangun. Pelembab bibir ini selain dapat melembabkan kulit bibir secara alami juga dapat membuat bibir menjadi merah merona yang alami dan terlihat sehat sepanjang hari. Untuk madu yang digunakan sebagai pelembab wajah, caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu.

Kemudian oleskan campuran madu dan susu ini secara merata pada wajah dan leher, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda dapat melakukan hal ini secara rutin setaip hari untuk mengatasi kulit kering. Pelembab madu selain dapat membuat kulit menjadi lembab juga dapat membuat kulit menjadi kenyal dan tampak sehat alami.

  1. Scrub

Madu juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub pengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Walau kerja madu tidak langsung terlihat, namun madu memiliki manfaat mengangkat sel kulit mati sekaligus melembabkan kulit secara bersamaan. Dengan scrub madu anda akan mendapatkan tiga keuntungan sekaligus, yakni mengankat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan menutrisi kulit dari dalam.

Untuk membuat scrub madu yang perlu dilakukan adalah mencampur 1 sendok makan madu, 1 sendok the tepung biji gandum, 1 sendok makan kaolin yang dapat anda beli di toko kimia, dan 1 jumput bubuk kayu manis, campur rata kemudian oleskan pada wajah dan leher sambil digosok dengan gerakan melingkar dan melawan gravitasi untuk membuat kulit kencang. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan denga handuk.

  1. Air mandi

Madu juga dapat anda gunakan sebagai pengganti sabun mandi cair. Caranya adalah dengan mencampur  cangkir madu,  cangkir susu bubuk, dan 4 tetes minyak zaitun dngan air mandi. Anda dapat berendam atau sekedar mengguyurkan air madu ini keseluruh tubuh. jika anda menggunakannya untuk berendam, berendamlah selama 15 menit. Air madu yang digunakan untuk mandi dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi halus dan kencang.

Sebenarnya, masih banyak loh manfaat madu untuk wajah. Tapi, beberapa poin diatas merupakan manfaat dan cara menggunakan madu yang paling lazim dan mudah untuk digunakan sehari-hari. Jangan lupa, konsisten pada perawatan untuk hasil yang maksimal ya.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *