Saturday , June 24 2017
Home / Tips Kesehatan / Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan. Zaitun, baik buah maupun minyaknya sama-sama populer dalam dunia kesehatan. Tak heran, karena sesungguhnya Allah SWT dan Rasulullah SAW telah menyebutkan berkali-kali dalam kitab dan hadits ihwal zaitun ini. Buah zaitun muda dapat dimakan langsung ataupun diawetkan, biasanya sering ditemukan pada salad dan beberapa jenis masakan Mediterania, seperti pasta, pizza, dan masih banyak lagi. Sedangkan buah zaitun yang sudah tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Minyak zaitun inilah yang sangat populer penggunaannya, mulai untuk tujuan kesehatan hingga kecantikan.

Minyak zaitun merupakan idola para pecinta hidup sehat. Minyak ini dianggap ‘bintang’ di antara berbagai jenis minyak nabati lainnya. Penggunaannya tak sekedar sebagai dressing pada salad sayuran, tetapi juga merambah sebagai minyak untuk menggoreng makanan karena dianggap lebih menyehatkan dibanding minyak sawit yang umum digunakan. Konon, makanan yang digoreng dengan minyak zaitun tidak memiliki efek buruk pada jantung yang mengakibatkan kematian dini. Anggapan ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dipimpin oleh Profesor Pilar Guallar-Castillon dari Universitas Otonom Madrid, yang mensurvei metode memasak sebanyak 40.757 orang dewasa, berusia 29 hingga 69 tahun. Kesimpulannya, di negara Mediterania, dimana minyak zaitun dan bunga matahari paling sering digunakan untuk menggoreng makanan, ternyata makanan gorengan tersebut tidak beresiko terhadap penyakit jantung koroner atau kematian.

Selain baik untuk jantung, minyak zaitun juga dapat mencegah pengerasan dan penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan oleh oksidasi zat kolesterol berbahaya. Hal ini karena minyak zaitun mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dan juga mengandung metil urat yang mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah. Kandungan metil urat terbaik bisa didapat dari minyak zaitun perasan pertama (virgin olive oil).

Minyak zaitun sangat didewakan oleh kaum wanita. Alasan utama adalah karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kecantikan. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mempercantik tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Untuk rambut, minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya uban, mengatasi rambut kering dan bercabang, serta menyuburkan rambut. Untuk wajah, minyak zaitun bisa digunakan sebagai pembersih make up, pelembab, bahkan obat jerawat. Begitu juga untuk permukaan kulit lainnya, minyak zaitun adalah pelembab paling ampuh yang dapat mengatasi masalah kulit kering, bahkan keriput.

Alasan berikutnya mengapa minyak zaitun dicintai oleh wanita adalah khasiatnya dalam mencegah risiko kanker payudara. Majalah Archives of Internal Medicine mempublikasikan penelitian yang dilakukan terhadap 2.564 wanita penderita kanker payudara untuk membuktikan bahwa ada korelasi kontradiktif antara risiko terjadinya kanker dengan konsumsi minyak zaitun. Dikatakan bahwa mereka yang banyak mengonsumsi minyak zaitun, maka risiko terhadap kankernya pun menurun. Konsumsi satu sendok makan minyak zaitun setiap hari bisa menurunkan risiko terserang kanker payudara hingga 45%.

Ingin mendapatkan manfaat maksimal dari zaitun? Mudah saja sebenarnya. Contek saja cara makan dan memasak orang-orang Mediterania yang banyak menggunakan zaitun. Meski memiliki rasa kecut dan terkadang pahit, buah zaitun bisa Anda masukkan ke dalam salad atau sebagai taburan di atas sandwich bekal sarapan pagi Anda. Kemudian pastikan juga selalu tersedia virgin olive oil di dapur dan laci kosmetik Anda. Minyak zaitun bisa menggantikan pelembab atau krim malam Anda, sekaligus menggantikan cocolan mayones yang tinggi kalori dan lemak pada snack atau masakan Anda. Keuntungan lainnya, kualitas minyak zaitun tidak mudah berubah dan tahan lama karena tidak mudah berubah menjadi tengik yang disebabkan oleh terjadinya oksidasi.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *