Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung dan Seluruh Tubuh

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung dan Seluruh Tubuh

Articles.id – Olahraga atau latihan fisik dapat membantu tubuh agar terhindar dari hal-hal yang mengakibatkan terjadinya serangan penyakit jantung. Tubuh yang jarang dibuat olahraga akan lebih rentan terhadap stres yang pada akhirnya akan berakibat pada serangan jantung. Olahraga pada hakekatnya mampu mengurangi hormon yang menyebabkan terjadinya stres. Dengan olahraga maka tubuh kita akan selalu dalam keadaan normal serta dapat memperkuat jaringan tubuh.

Olahraga juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Sebab ketika berolahraga maka tubuh akan merasa rileks dan damai. Selain itu orang yang sering olahraga akan lebih cenderung merasa tenang dan cenderung lebih mampu fokus dalam mengatasi suatu masalah.

Olahraga memiliki manfaat yang begitu besar bagi sistem kerja jantung serta pembuluh darah. Dalam sebuah penelitian, The American Heart Association menyimpulkan bahwa kurangnya aktifitas olahraga serta gaya hidup yang lebih banyak aktifitas duduk adalah salah satu penyebab utama terjadinya serangan penyakit jantung. Organ jantung manusia membutuhkan olahraga sebagaimana organ luar lainnya. Tubuh yang jarang digunakan untuk olahraga akan menjadikan jantung lemah dan mudah terserang penyakit.

Aktifitas olahraga akan memacu detak jantung. Hal ini berguna untuk memperkuat fisik organ jantung serta membuatnya mampu bekerja lebih baik dan efisien dalam kondisi normal. Ketika tubuh jarang digunakan untuk berolahraga maka jantung akan terbiasa dalam keadaan lemah atau tenang. Kondisi seperti ini justru akan membuat jantung berdenyut lebih kencang atau lebih mudah lelah dan was-was.

Jantung yang kuat akan mampu memompa cairan darah daripada jantung yang tidak pernah dibuat olahraga. Di samping itu jumlah pembuluh darah halus atau kapiler juga akan ikut bertambah. Semakin besar volume darah yang dipompa maka akan semakin banyak pula darah yang berputar kembali ke jantung sehingga jantung akan bekerja dengan baik dan sehat.

Olahraga juga berguna untuk menurunkan tekanan darah yang mampu mendesak dinding pembuluh darah. Sehingga darah akan mengalir dengan baik dan dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh arteri atau nadi. Menurut Dr Kenneth Cooper, seorang ahli jantung mengatakan bahwa olahraga aerobik juga mampu meningkatkan kekuatan organ jantung dari terjadinya serangan jantung.

Dengan memperbanyak gerakan tubuh dengan berolahraga secara rutin juga mampu meningkatkan kinerja paru-paru sehingga udara yang masuk akan lebih banyak dan normal. Jantung yang sehat akan mampu memompa darah lebih banyak daripada jantung yang tidak sehat. Artinya semakin banyak jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh maka oksigen yang dibawa oleh darah pun akan semakin meningkat. Udara yang terbawa oleh darah akan terangkut melalui pembuluh udara paru-paru kemudian akan disebarkan ke seluruh sel tubuh.

Dalam keadaan normal yang demikian maka stamina serta daya tahan tubuh akan semakin meningkat. Tubuh pun tidak akan mudah merasa cepat lelah setelah mengerjakan tugas sehari-hari. Orang yang berolahraga secara rutin akan memiliki kemungkinan terserang penyakit jantung lebih kecil. Selain itu ia juga akan terhindar dari penyakit yang menyerang pernapasan seperti paru-paru basah, pilek, dan lain sebagainya.

Dengan berolahraga secara rutin tubuh akan memproduksi jumlah endorfin lebih banyak. Endorfin merupakan zat yang dihasilkan oleh otak yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke sistem saraf. Endorfin mampu bekerja seperti obat penghilang rasa sakit. Apabila tubuh digunakan berolahraga secara rutin dan baik maka zat endorfin akan diproduksi secara maksimal. Selain berguna menghilangkan rasa sakit, endorfin juga mampu mengurangi selera makan, memberikan efek tenang dan gembira.

Olahraga juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh secara keseluruhan. Dengan olahraga maka kita akan terhindar dari penuaan dini, kulit akan selalu dalam keadaan segar, dan tubuh pun akan ideal. Orang yang biasa berolahraga memiliki tingkat ketenangan mental yang lebih baik serta tidak mudah terserang depresi.

Aktifitas olahraga juga sangat penting bagi para perempuan. Olahraga mampu menggerakkan kalsium ke dalam tulang sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Bagi kebanyakan perempuan, kalsium yang hilang dari tulang akan berdampak kepada hal yang serius, khususnya setelah menopause.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan olahraga. Olahraga tidak terbatas pada usia muda maupun tua. Inti dari olahraga adalah menggerakkan tubuh secara rutin. Jadi selama tubuh dibuat bergerak maka tubuh, khususnya jantung akan lebih sehat. Bahkan, orang yang pernah terserang penyakit jantung pun akan diinta untuk melakukan olahraga ringan untuk memulihkan tubuh ke dalam kondisi lebih baik. Intinya adalah jangan menganggap remeh olahraga. Sebab olahraga mampu menentukan kesehatan jantung dan tubuh anda secara utuh.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *