Manfaat Pesan Siaran (Broadcast) di BlackBerry Messenger untuk Bisnis
Thursday , July 20 2017
Home / Bisnis / Manfaat Pesan Siaran (Broadcast) di BlackBerry Messenger untuk Bisnis

Manfaat Pesan Siaran (Broadcast) di BlackBerry Messenger untuk Bisnis

Salah satu fitur dalam media sosial BlackBerry Messenger yang mendukung upaya pengenalan, promosi, hingga pengiklanan produk dan jasa yang ditawarkan para pebisnis online adalah pesan siaran atau yang lazim disebut broadcast dan disingkat BC. Dengan menggunakan fitur ini, seorang pengguna dapat mengirim pesan siaran kepada semua atau sebagian kontak yang dimiliki (berdasarkan kategori) dengan hanya melakukan berapa klik. Karena sifatnya yang efektif, mudah dan cepat, banyak pebisnis online yang gemar mengirim pesan broadcast berisi promosi produk dan jasa yang dimilikinya.

Sebagai pebisnis online, Anda tentu tertarik menggunakan cara ini sebab Anda tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk mengirim pesan ke semua kontak yang Anda miliki. Namun demikian, jika Anda tidak berhati-hati dan menjaga apa yang lumrah disebut dengan etika marketing, broadcast bukan tak mungkin dapat menjatuhkan reputasi bisnis maupun nama Anda. Untuk itu, Anda harus memerhatikan beberapa tips berikut agar pesan siaran yang Anda edarkan dapat ‘berguna’ bagi bisnis Anda dan bukan justru menghancurkannya perlahan;

  • Menyapa dengan Sopan

Jangan lupa membuka broadcast dengan sapaan sopan, ramah, akrab namun tidak terkesan dibuat-buat. Anda misalnya bisa memanfaatkan momen dengan mengucap salam selamat pagi, selamat siang, halo teman-teman, bagaimana liburannya?  Ingat bahwa di luar status Anda sebagai pebisnis online, Anda juga merupakan teman, kenalan atau bahkan saudara dan keluarga dari kontak yang Anda miliki di akun media sosial BlackBerry Messenger. Karena itu, kendatipun tujuan Anda mengirim pesan siaran adalah untuk mempromosikan barang atau produk, Anda harus ‘mengambil hati’ kontak Anda sehingga mereka tidak akan merasa terganggu dengan pesan Anda. Ini utamanya berlaku bagi kontak yang sedang tidak berkepentingan dan atau tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. 

  • Memberi Informasi Padat dan Jelas

Sebelum mengirim broadcast, pastikan Anda membaca lagi pesan yang Anda ketik. Jika Anda meng-copy paste-nya dari sebuah sumber, pastikan Anda membacanya terlebih dahulu. Selain karena tidak ada jaminan bahwa sumber yang Anda kutip menyajikan pesan yang singkat dan padat serta jelas, kontak yang menerima pesan siaran Anda tentu tidak mau siapa yang menulis pesan tersebut pertama kali. Mereka sekadar tahu bahwa pesan tersebut adalah dari Anda. Perhatikan juga ejaan, semua detail penulisan, besar-kecilnya huruf dan lain sebagainya. Yang tak kalah penting, Anda juga harus memastikan bahwa konten pesan yang akan Anda kirimkan benar-benar padat, jelas dan tidak ambigu.

  • Mengatur Jadwal Pengiriman Pesan Siaran

Meskipun Anda mungkin sering tergoda untuk mengirim broadcast sesering mungkin, tahanlah keinginan tersebut karena hal yang demikian akan sangat mengganggu kontak Anda. Jika sebuah pesan masih bisa Anda forward ke satu, dua atau beberapa kontak, pilihlah fitur pesan pribadi sebab pihak yang berkepentingan akan merasa sangat terganggu dengan ritme yang terlalu rutin semacam itu. Gunakan fitur ini hanya jika Anda baru menggelar periode promo, memperkenalkan produk baru, akan mengganti PIN BBM dan kepentingan-kepetingan ‘darurat’ lainnya.  Langkah yang demikian juga akan sangat membantu Anda menjaga reputasi sebagai seorang pebisnis yang profesional dan benar-benar memerhatikan kenyamanan pembeli/pelanggan atau pasar potensial.

  • Memohon Maaf atas Ketidaknyamanan

Etika lain dalam mengirim broadcast adalah memohon maaf atas ketidaknyamana menerima pesan siaran yang barangkali belum dibutuhkan. Langkah ini sangatlah efektif untuk meninggalkan kesan yang baik di depan orang lain sehingga mereka akan ‘tergoda’ untuk bertransaksi dengan Anda.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *